Home / Kegiatan

Sunday, 10 December 2023 - 22:10 WIB

Peringati Hari Ibu, KOM Desa Siwalanpanji Gelar Lomba Poco-Poco Antar RW

Peserta lomba senam poco-poco perorangan berlomba dibabak penyisihan, Minggu (10/12/2023) pagi.

Peserta lomba senam poco-poco perorangan berlomba dibabak penyisihan, Minggu (10/12/2023) pagi.

Semangat berolahraga masyarakat di Kampung Olahraga Masyarakat (KOM) Desa Siwalanpanji tidak ada padamnya. Pada Peringatan Hari Ibu Ke-95 Tahun 2023 di Kampung Olahraga Masyarakat Desa Siwalanpanji, Kecamatan Buduran digelar Lomba Senam Poco-Poco antar RW beregu dan perorangan, Minggu (10/12/2023) di Bundaran Natura Residences Jalan Siwalanpanji. Tujuh RW yang ada di Desa Siwalanpanji antusias mengirimkan tim, bahkan ada yang mengirimkan 2 tim sekaligus. Sebanyak 11 tim dan 98 peserta perorangan ikut berlomba.

Peserta tampak cantik mengenakan kebaya, aneka asesoris, dan full makeup. Peserta lomba yang didominasi ibu-ibu PKK ini tampil enerjik menggerakkan badannya diiringi lagu wajib Poco-Poco dan lagu pilihan Rungkad atau Cikini Gondangdia.

Ketua Kampung Olahraga Masyarakat Desa Siwalanpanji Titik Karyati menjelaskan lomba ini spesial karena biasanya setiap bulan sekali diadakan senam bersama seluruh warga desa, tapi hari ini khusus untuk memperingati Hari Ibu. Titik melihat ibu-ibu yang mengikuti lomba sangat bersemangat dan kreatif.

“Semua RT, RW itu mengeluarkan peserta, ikut melaksanakan kegiatan ini, memang antusias sekali mengikuti acara ini,” kata Titik yang juga Ketua TP PKK Desa Siwalanpanji.

Selain menggiatkan masyarakat berolahraga senam, Titik menjelaskan KOM desanya ini juga mengembangkan olahraga tradisional. Dia mencontohkan permainan lompat karet, engklek, dan hula hoop. Di area olahraga terlihat batu paving dicat pola engklek agar bisa digunakan bermain.

“Anak-anak bisa menikmati permainan, jadi nggak hanya orang tuanya yang senam, anak anak bisa berolahraga, bermain, dan ini untuk melestarikan olahraga tradisional,” kata Titik.

“Kedepan akan disiapkan meja tenis dan akan dibuatkan meja di sini, supaya bapak-bapak bisa olahraga,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Siwalanpanji yang juga Penasehat Kampung Olahraga Masyarakat Desa Siwalanpanji, Achmad Choiron, bersyukur masyarakat Siwalanpanji selalu mendukung program-program desa maupun pemerintah.

Juara Lomba Poco-Poco Antar RW berfoto bersama ketua KOM Siwalanpanji, kepala desa Siwalanpanji.

“Kita melihat semangat ibu-ibu ini cukup kuat dalam rangka Kampung Olahraga Masyarakat ini, dari situ ingin semangat itu kita support dalam arti kita hadir secara pribadi ditengah mereka dan support pendanaan karena kegiatan tidak berhasil tanpa dana,” kata Choiron yang ingin KOM Desa Siwalanpanji bisa eksis, berkembang dan membawa manfaat untuk masyarakat.

Ia mengatakan ingin menggali potensi kegiatan positif dimasyarakat, dalam hal ini ingin menciptakan Kampung Olahraga Masyarakat Siwalanpanji berbeda dengan KOM yang lain. KOM Siwalanpanji membangkitkan olahraga tradisional dan UMKM yang berkelanjutan, dipadukan dengan kegiatan senam.

Di KOM ini keikutsertaan komunitas senam ibu-ibu di lingkungan sekitar, anggota koperasi wanita, komunitas gowes ibu-ibu, dll olahraganya berjalan aktif. Rutinitas senam tersebar di lingkungan RT, RW, dan balai desa. Choiron juga mendorong bapak-bapak atau para suami ikut berolahraga meski itu tantangan yang tidak mudah.

Disela wawancaranya, Choiron membagikan rencana kegiatan Hari Jadi KOM Siwalanpanji pada bulan Januari tahun depan yangnakab dibuat lebih spesial. Tentunya juga mengajak masyarakat berolahraga tradisional.

Pemenang Lomba Poco Poco kategori perorangan.

Choiron berharap dengan adanya kegiatan olahraga ia ingin masyarakat Siwalanpanji senantiasa sehat dan memberikan motivasi ibu-ibu melalui kegiatan dalam rangka menjadikan kader-kader desa yang hebat.

“Karena mereka rata-rata kader di lingkungan RT dan kader desa. Saya berharap masyarakat semua bugar, sehat melalui kegiatan ini, UMKMnya juga. Kita ingin memberikan support desa kepada kader membawa Siwalanpanji lebih baik lagi,” tutup Choiron.

Acara Hari Ibu yang diawali dengan senam bersama ini berjalan lancar. Hingga diakhir acara, juri mengumumkan juara terbaik. Ada 7 tim terbaik menerima tropy dan uang pembinaan, juara lomba kategori perorangan, dan juara terheboh. Kekompakan warga Siwalanpanji tidak cuma di arena senam, tapi juga dibazar UMKM. Para penjualnya kompak mengenakan kebaya dan berpenampilan menarik melayani pembeli. Selain itu juga ada cek kesehatan gratis dari NU Care LazisNU PRNU Siwalanpanji. (Rere Nia, foto: Achmad)

 

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Kab. Sidoarjo

Kegiatan

Rayakan HUT Ke-8, Delta Runners Makin Semangat Berolahraga Lari

Kegiatan

KORMI Ajak IPSS Memajukan Olahraga di Sidoarjo

Kegiatan

Repoeblik Onthel Sidoardjo Ngonthel Sembari Kenalkan Komunitas Sepeda Tua

Kegiatan

Sayuti Rofiyanto Kembali Terpilih Sebagai Ketua PORPI DPC Sidoarjo

Kegiatan

Pembinaan Kampung Olahraga Masyarakat Se-Kab. Sidoarjo, Hadi Sutjipto Ajak Bergerak Bersama Masyarakat untuk Berolahraga
Lomba memanah Star Java Series 3 diikuti 280 peserta dari klub panahan se-Jawa Timur.

Kegiatan

Perpatri Sidoarjo Menjaring Atlet Melalui Star Java Series 3

Kegiatan

Komunitas Bellydance dan Zumba Sidoarjo Usung Budaya Jawa Bali Pada Perayaan Ulang Tahunnya