Home / Kegiatan

Saturday, 26 June 2021 - 16:11 WIB

BMX School Sidoarjo, Serunya Melatih Trik BMX pada Anak Usia Dini

Adi Rosadi melatih siswa BMX School Agastya Abhimanyu Santoso

Adi Rosadi melatih siswa BMX School Agastya Abhimanyu Santoso

“Ih, masih kecil sudah bisa main sepeda BMX.” Seperti itulah komentar gemas pejalan kaki yang melintas di depan Kantor Bupati Sidoarjo ketika melihat seorang bocah mencoba berdiri hanya dengan roda depan sepeda BMX mini miliknya. Meski tampak belum berhasil namun anak berusia 4,5 tahun bernama Agastya Abhimanyu Santoso ini mencoba mengulang trik BMX itu berkali-kali.

Bocah dengan sapaan Abhim itu tidak belajar sendiri. Dia mencoba trik BMX dibantu dengan seorang pelatih dari klub BMX Sidoarjo. Pelatih BMX dengan sangat kuat dan hati-hati memegangi sepeda BMX mini yang digunakan Abhim. Selang beberapa menit menahan keseimbangan di atas roda, Abhim mulai tampak capek dan sedikit takut. Sang pelatih pun memintanya turun dari sepeda dan menyudahi sesi latihan.

Trik BMX flatland untuk anak-anak usia dini seperti yang dilakukan Abhim merupakan bagian dari pelajaran yang diberikan di BMX School Sidoarjo. Anak-anak tidak hanya dilatih keseimbangan tapi berbagai trik menantang lainnya. Selain trik pada jenis BMX flatland, sekolah yang berdiri pada 3 September 2020 ini juga mengajarkan trik pada jenis BMX street.

Anggota BMX Sidoarjo berkumpul di depan Kantor Bupati Sidoarjo untuk latihan (foto sebelum masa pandemi covid19)

Ketua komunitas BMX Sidoarjo Adi Rosadi menjelaskan sekolah yang diprakarsai BMX Sidoarjo ini bukan aktivitas baru. Sebab, sekolah ini sudah ada 2 tahun yang lalu namun harus berhenti lantaran kesibukan anggota BMX Sidoarjo.

“Salah satu dari anggota minta izin pada saya supaya sekolah BMX digerakkan kembali dan saya menyetujuinya karena ini bagus dan memang dari dulu kita sudah mengadakan ini, cuma waktu itu yang melatih pada sibuk kerja termasuk saya juga. Kalau saya bisa mengajar itupun seminggu sekali kalau hari Minggu,” kata Adi.

Baca juga  HUT Ke-15 KOSTI, Ontelis Semangat Ngonthel Bareng

Dalam menjalankan sekolahnya, anggota BMX yang berpengalaman dan mahir secara terjadwal dan bergantian mengajar peserta didik. Ian dan Reza menjadi pelatih BMX Street, sedangkan Sandi, Atok, Denny dan Adi melatih BMX Flatland. Jadwal sekolah tersedia pada hari Selasa dan Kamis pukul 15.00-17.00 WIB berlokasi di lapangan tenis Taman Pinang Sidoarjo, dan hari Minggu pukul 06.00 – 08.00 WIB di depan Kantor Bupati Sidoarjo.

Adi mengatakan masa pelatihan dasar BMX sekitar 3 kali pertemuan. Setiap pertemuan berlangsung 2-3 jam. Pada masa ini peserta didik kategori BMX flatland diajarkan mengatur keseimbangan dan BMX street diajarkan trik dasar bunnyhop.

Adi yang aktif sebagai juri kejuaraan BMX tingkat nasional dan internasional ini menambahkan manfaatnya belajar BMX tidak hanya melatih konsentrasi dan mengarahkan anak pada hobi yang positif. Tapi juga bisa mendukung prestasi anak di sekolah.

“Sekarang atlet BMX bisa berprestasi. Komunitas BMX terus berhubungan baik dengan FORMI dan KONI di daerah untuk men-support khususnya bagi kaum milenial dan anak-anak usia dini. Jenjang pendidikan mereka terjamin sampai kuliah. Dari prestasi BMX mereka akan dibantu rekomendasi masuk sekolah dan universitas melalui jalur prestasi,” pungkas Adi.

Jika tertarik untuk bergabung di sekolah BMX orang tua atau calon siswa bisa menghubungi Adi Rosadi (081555645845), Reza (085230004507), Ian (089624455361). Untuk biaya BMX school dikenakan Rp 50.000 per pertemuan. (rr)

Keterangan foto utama : Adi Rosadi melatih siswa BMX School Agastya Abhimanyu Santoso

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Ketua KORMI Nasional Hayono Isman Semangati Laskar Jenggolo

Kegiatan

Rapat Koordinasi Bersama Pengurus dan KOM, Bahas Kegiatan Bulan Desember Mendatang

Kegiatan

IPSS Gowes DDKD Dan Anjangsana Eratkan Hubungan Antar Anggota

Kegiatan

Zumba Community Beri Ruang Aktualisasi Melalui Zumba Party

Kegiatan

Rakor Menuju FORNAS VIII, KORMI Sidoarjo Lakukan Evaluasi dan Bahas Persiapan

Kegiatan

Car Free Day Dibuka Street Drum Sidoarjo Kembali Tampil di Jalan Ahmad Yani

Kegiatan

KORMI Kab. Sidoarjo Serahkan SKT Kepada 19 Cabor

Kegiatan

APPSI Berbagi Kebahagiaan Dan Doa Bersama Anak-Anak Yatim