Home / Kegiatan

Tuesday, 19 April 2022 - 19:32 WIB

Asosiasi Yoga Sidoarjo Berikan Sumbangan untuk Lansia di UPT PSTW Pasuruan

Meraih keberkahan di Bulan Suci Ramadan dilakukan Asosiasi Yoga Sidoarjo (AYS) melalui kegiatan sosial. Minggu (17/4) sore, 12 orang pengurus dan anggota AYS mengunjungi Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Pasuruan Dinas Sosial (Dinsos) Jatim. Kedatangan rombongan ini untuk memberikan sumbangan kepada para lansia kurang mampu.

Umi Salmami, Ketua AYS, mengatakan bantuan yang diserahkan tersebut merupakan hasil donasi pengurus dan anggota AYS. Uang donasi yang terkumpul sekitar 7 juta rupiah sebagian diserahkan dalam bentuk barang, seperti beras, perlengkapan mandi, popok dewasa, roti bertekstur lembut untuk lansia, dll. Sebagian donasi lainnya, diserahkan berupa uang tunai.

Umi Salmami, Ketua AYS, menyerahkan paket bantuan kepada pengurus UPT PSTW. (foto : dok. AYS)

Pada kunjungan tersebut, Umi bersama rekan-rekannya terharu melihat para lansia yang menghuni kamar di blok-blok UPT PTSW. Mereka saling berinteraksi serta menyaksikan aktivitas lansia di lingkungan UPT PSTW.

“Jujur saya salut dengan bapak ibu lansia karena usia mereka 70-80 tahun mereka bisa mondar-mandir, bisa mengambil makanan sendiri di dapur, bawa ransum, tangan yang satu bawa teh hangat. Ada yang harus pakai tongkat karena jalan dengan tongkat. Saya merasa haru. Ada yang usia 90 tahun, tidak dikunjungi keluarganya,” ujar Umi.

Umi mengatakan, berdasarkan informasi dari petugas di UPT PSTW para lansia sangat senang apabila dikunjungi. Tentu saja, rasa senang itu muncul seiring dengan kedatangan pengurus AYS. Senyum sumringah para lansia ini tidak bisa disembunyikan dari wajahnya.

Kesan baik dan menyenangkan ingin diulang oleh cabang organisasi olahraga masyarakat binaan KORMI Kab. Sidoarjo ini selepas Bulan Ramadan. Umi mengatakan memiliki rencana datang kembali dan mengajak para lansia untuk bergembira, senam ringan dan bernyanyi bersama.

Pengurus dan anggota AYS (berkemeja putih) berfoto bersama ibu-ibu lansia. (Foto : dok. AYS)

Lebih lanjut Umi menjelaskan mengenai kegiatan AYS hari itu. Kegiatan ini merupakan program kerja AYS tahun 2022 di bidang sosial.

“Program kami tahun kemarin (bakti sosial) ke Gunung Semeru, untuk tahun ini kita fokuskan ke satu tempat ini (UPT PSTW). Kami di bidang sosial tujuannya kami diantaranya memberikan sumbangan sukarela, dari kita, untuk kita. Dari mereka (anggota), kita tampung, kita berikan ke tempat lain. Kita ingin berbagi untuk orang lain. Bermanfaat untuk orang lain,” ujar Umi.

Umi berharap dari waktu ke waktu apabila diberi kesehatan ingin memberikan yang lebih besar lagi. Tidak hanya memberi di satu tempat saja tapi bisa lebih dari satu tempat. (rr)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Rapat Koordinasi Bersama Pengurus dan KOM, Bahas Kegiatan Bulan Desember Mendatang

Kegiatan

Pemilihan Ketua Umum IPSS Putu Sudika Gantikan Karnowo

Kegiatan

Memasyarakatkan FORMI Melalui Lomba Paduan Suara

Kegiatan

Ketua KORMI Nasional Hayono Isman Semangati Laskar Jenggolo

Kegiatan

HUT Ke-15 KOSTI, Ontelis Semangat Ngonthel Bareng

Kegiatan

YJI Cab. Sidoarjo Halalbihalal Dan Berbagi Ilmu Kesehatan Pada Peringatan Hari Hipertensi Sedunia

Kegiatan

Hayono Isman : FORMI Sidoarjo Kemajuannya Setiap Tahun Semakin Baik
Lomba memanah Star Java Series 3 diikuti 280 peserta dari klub panahan se-Jawa Timur.

Kegiatan

Perpatri Sidoarjo Menjaring Atlet Melalui Star Java Series 3