Home / Kegiatan

Saturday, 10 July 2021 - 12:46 WIB

KOSTI Sidoarjo Populerkan Sepeda Penny Farthing

Bupati Sidoarjo Mudhlor Ali melepas peserta Parade Sepeda Penny Firthing

Bupati Sidoarjo Mudhlor Ali melepas peserta Parade Sepeda Penny Firthing

Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Kabupaten Sidoarjo menggelar Parade Penny Farthing dan Onthelista KOSTI Sidoarjo untuk memperingati International Word Bicycle Day, Minggu, 13 Juni 2021. Parade sepeda high wheel ini tampak unik karena diikuti anggota KOSTI berkostum pewayangan hingga action figure seperti Hanoman, Petruk, Srikandi, Zorro, tentara jepang, Suku Indian dan lainnya. Peserta tampil dengan kostum menarik karena pada parade ini panitia mengadakan lomba kostum unik dan pemberian penghargaan kepada onthelis terkecil, dan pengonthel penny farthing termuda.

Peserta parade penny farthing

Kegiatan ini mendapat perhatian dari Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor. Gus Muhdlor menyambut positif kegiatan yang digagas KOSTI Kab. Sidoarjo.

“Era pandemi ini kita tidak butuh yang muluk-muluk, butuh harus makan ini, harus spageti atau apa, saya yakin kuncinya dua dan ini sudah diwakili oleh Kosti, apa itu? Yakni hidupnya bahagia dengan tersenyum dan yang kedua adalah olahraga,” kata Gus Muhdlor sebelum melepas rombongan parade sepeda.

Bupati berharap melalui komunitas KOSTI masyarakat Sidoarjo bisa tetap berolahraga dan tersenyum.

Bupati Sidoarjo, pengurus KORMI, KOSTI, bersama peserta parade sepeda berkostum unik

Sambutan yang sama diberikan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kab. Sidoarjo. Sekretaris Umum KORMI Kab. Sidoarjo, Suwignyo, menuturkan KORMI menyambut baik ide KOSTI Sidoarjo mengadakan ngonthel bareng dalam rangka Hari Sepeda Dunia.

“Karena satu-satunya klub olahraga binaan KORMI yang mengadakan semacam ini (parade penny farthing) adalah KOSTI dalam rangka mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga.  Oleh karena itu kegiatan perlu kita dukung agar acara ini bisa sukses dan lancar,” kata Suwignyo yang didampingi Wakil Sekretaris II KORMI Sidoarjo Ikeda Hendra Kusuma.

Sekretaris Umum KORMI Kab. Sidoarjo menyerahkan piala pemenang lomba kostum unik

Sementara itu, Ketua KOSTI Sidoarjo Beny Anwar yang ditemui disela acara mengatakan membuat kegiatan ini karena ingin mempopulerkan sepeda penny farthing. “Saya pernah utarakan ke KORMI bahwa penny farthing ini harus bisa sama tingginya dengan sepeda tua karena cikal bakal sepeda ini dari penny farthing,” ujar Beny.

Ketua KOSTI Kab. Sidoarjo Beny Anwar menyampaikan kata sambutan

Usaha Beny mempopulerkan sepeda penny farthing dimulai dengan membagikan agenda parade penny farthing digrup percakapan. Gayung bersambut, acara ini mendapat dukungan dari KOSTI Pusat dan daerah dengan hadirnya Ketua Umum Kosti Pusat, Purnomo Sugeng Rahardjo, KOSTI Klaten, KOSTI Lumajang, KOSTI Lombok Barat. Parade yang semula menghadirkan 20 sepeda penny farthing bertambah menjadi 44 sepeda.

Baca juga  Refreshing, BPKJS Sidoarjo Wisata Olahraga Ke Lumajang

Parade sepeda yang dimulai dari titik start di gazebo Alun-alun Sidoarjo dan berakhir di GOR Sidoarjo mencuri perhatian masyarakat. Tak sedikit pengguna jalan raya yang melintas dirute parade sepeda mengabadikan kegiatan KOSTI dengan kamera ponselnya.

Peserta ngonthel sepeda penny farthing di jalan KH. Mukmin Sidoarjo

Melihat suksesnya acara ini, Beny berharap Hari Sepeda Dunia di Sidoarjo secara rutin diagendakan Bupati Sidoarjo agar kegiatannya lebih semarak. (aws/rr)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Silaturahmi, KORMI Kab. Sidoarjo Terima Kunjungan KORMI Kota Malang

Kegiatan

Persiapan Panitia Ngontel Bareng dan Gebyar Senam, Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo

Kegiatan

DPW ILDI Kab. Sidoarjo Ungkapkan Rasa Syukur pada Peringatan HUT Ke-1

Kegiatan

DPC Perwatusi Sidoarjo Latih Nakes Senam Pencegahan Osteoporosis

Kegiatan

Mencari Kesehatan Jasmani dan Rohani IPSS Gowes Religi ke Makam Dewi Sekardadu

Kegiatan

BPKJ Kab. Sidoarjo Bakal Menjadi YJI Cabang Sidoarjo

Kegiatan

Peringati Hari Ibu, KOM Desa Siwalanpanji Gelar Lomba Poco-Poco Antar RW

Kegiatan

KORMI Kab. Sidoarjo Ikutsertakan Pengurus dan Komunitas Pada Program BPJS Ketenagakerjaan