Home / Kegiatan

Sunday, 26 February 2023 - 23:51 WIB

Berolahraga dan Menghidupkan Ekonomi Masyarakat di Kampung Olahraga Masyarakat Desa Siwalanpanji, Buduran

Warga di Kampung Olahraga Masyarakat (KOM) KORMI Kab. Sidoarjo Desa Siwalanpanji memenuhi Bundaran Natura Residences Jalan Siwalanpanji, Desa Siwalanpanji, Kec. Buduran, Sidoarjo, Minggu (26/2/20233). Lebih dari 200 orang hadir untuk berolahraga bersama.

Warga tampak bergembira, begitu juga pengurus KORMI Kab. Sidoarjo, pengurus KOM Desa Siwalanpanji, perwakilan Camat Buduran, Kepala Desa Siwalanpanji, TP PKK, dll. Semuanya datang untuk bersenam bersama. Diawali dengan Senam Ayo Bergerak Indonesia (SABI), dilanjutkan dengan senam aerobik, senam poco-poco. Pada kegiatan ini ditampilkan kebolehan 15 orang ibu-ibu membawakan Senam Udeng (Udang dan Bandeng). Grup Senam Udeng ini maju sambil mengenakan kostum kreasi unik berbahan tas plastik.

Senam bersama dipandu instruktur Desi Herlina dan Rini Chisilia

Selain berolahraga, di area kegiatan KOM juga digelar bazar UMKM yang menjual aneka makanan dan minuman hingga kerajinan tangan. Pelaku UMKM ini berasal dari perwakilan tiap RT yang ada di Desa Siwalanpanji. Wakil Ketua II KORMI Kab. Sidoarjo Untung Suhardjo, S.E., menyebut inilah tujuan keberadaan KORMI. “Tidak hanya berolahraga saja tetapi menghidupkan ekonomi masyarakat. Ini bukti nyata KORMI ini ada untuk masyarakat,” tutur Untung.

Antusias warga yang kompak berolahraga membuat Untung mengacungkan jempol. Dia berujar, jika seluruh warga di KOM semangat berolahraga seperti di Desa Siwalanpanji, KORMI Sidoarjo akan membuat lomba antar KOM se-Kab. Sidoarjo. Ditambahkannya, KORMI mengajak anak-anak hingga orangtua, baik pria maupun wanita gemar berolahraga. Untung melihat bapak-bapak lebih sedikit yang ikut berolahraga dibanding para ibu. Diapun meminta para ibu mengajak bapak/suaminya untuk berolahraga.

Senam bersama

Ketua KOM Desa Siwalanpanji Titik Karyati menjelaskan kegiatan olahraga dan bazar UMKM di KOM yang dihadiri warga dari 7 RW, 33 RT ini rutin dilaksanakan Hari Minggu terakhir setiap bulan. Kegiatan ini sudah berjalan dua kali dan berlangsung sukses.

Dia berharap dengan hadirnya KOM bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan kesehatan. “Pertama meningkatkan UMKM, yang kedua untuk kesehatan seluruh warga Desa Siwalanpanji. Ada kesehatannya di sini. Jadi nggak hanya senam, dan UMKM, ada pengecekan kesehatan gula darah, asam urat dan kolesterol, jadi lengkap,” kata Titik.

Kepala Desa Siwalanpanji Ahmad Choiron (kaos oranye) mendampingi Kasi Kejahteraan Sosial Kec. Buduran Widodo Edi Trijatno dan pengurus KORMI Kab. Sidoarjo meninjau stan UMKM

Sementara itu, Kepala Desa Siwalanpanji Ahmad Choiron, S.E., yang hadir menyemangati warganya mengatakan antusias warga setiap kegiatan KOM selalu ramai. “Kita mencoba membangkitkan kreativitas dan semangat masyarakat dari berbagai lini,” kata Choiron.

Dengan kekompakan warga untuk berolahraga, Choiron bersyukur kegiatan bisa berjalan dengan baik.

Sambutan positif juga disampaikan Camat Buduran yang diwakilkan oleh Kasi Kejahteraan Sosial Kecamatan Buduran Drs. Widodo Edi Trijatno. “Dengan adanya semangat senam bersama di Desa Siwalanpanji membuka rencana kami untuk membentuk kampung olahraga di desa-desa lain di Kecamatan Buduran,” kata Widodo.

Senang. Nani langsung memeluk Untung Suhardjo setelah mendapatkan uang tunai sebagai hadiah atas keaktifannya berolahraga

Dipengujung kegiatan, panitia membagi-bagikan doorprize. Beruntung salah satu wanita berusia 66 tahun memperoleh hadiah uang tunai dari pengurus KORMI Kab. Sidoarjo. Dia dinilai aktif berolahraga meski usianya sudah senja. (aws/rr)

Berfoto bersama pengurus KORMI Kab. Sidoarjo dan KOM Desa Siwalanpanji

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Inovasi Kampung Olahraga Masyarakat Berdampak Positif, Hayono Isman: KORMI Sidoarjo Terbaik Se-Indonesia

Kegiatan

Bersiap, KORMI Kab. Sidoarjo Akan Menjadi Prototipe Sport Tourism di Jatim

Kegiatan

Peringatan Hari Osteoporosis Sedunia DPC Perwatusi Sidoarjo Beri Edukasi Kesehatan Tulang

Kegiatan

KORMI Kab. Sidoarjo Memeriahkan Launching Nama Baru RSUD Sidoarjo

Kegiatan

DPC Perwatusi Sidoarjo Lakukan Diseminasi Informasi Pencegahan Osteoporosis di HUT Ke-2

Kegiatan

Perwakilan Yayasan Gerontologi “Abiyoso” Kab. Sidoarjo Membina Lansia Menjadi Makin Berkualitas

Kegiatan

Pengurus Kampung Olahraga Rekreasi Kunjungi Kelurahan Tambak Kemerakan, Lihat Langsung Kegiatan Olahraga Rekreasi Masyarakat

Kegiatan

Sukses! Raihan Medali Emas KORMI Kab. Sidoarjo Di FORNAS VI Lampaui Target yang Dipasang