Home / Kegiatan

Monday, 14 August 2023 - 10:49 WIB

Hidupkan Semangat Berolahraga, Desa Larangan Dikukuhkan Sebagai Kampung Olahraga Masyarakat

Pengkuhan pengurus KOM Desa Larangan

Pengkuhan pengurus KOM Desa Larangan

KORMI Kab. Sidoarjo mengajak masyarakat agar gemar berolahraga. Upaya ini dilakukan dengan dibentuknya Kampung Olahraga Masyarakat (KOM). Dengan adanya KOM, masyarakat ditingkat RT/RW, desa hingga kecamatan bisa rutin berolahraga rutin.

Desa Larangan, Kecamatan Candi telah dikukuhkan sebagai salah satu Kampung Olahraga Masyarakat di Kab. Sidoarjo, Minggu (13/8/2023) pagi. Pengurus KOM Desa Larangan yang diketuai Purwo Agustiningsih dikukuhkan Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M. Pengukuhan dilakukan di Balai Desa Larangan, disaksikan Kepala Desa Larangan Agus Siswanto, S.P., Sekretaris Kecamatan Candi, pengurus KORMI Kab. Sidoarjo dan masyarakat Desa Candi.

Purwo Agustiningsih (dua kanan) Ketua Kampung Olahraga Masyarakat Desa Larangan Kecamatan Candi menerima SK Kepengurusan KOM dari Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo MG. Hadi Sutjipto (kiri)
Purwo Agustiningsih (dua kanan) Ketua Kampung Olahraga Masyarakat Desa Larangan Kecamatan Candi menerima SK Kepengurusan KOM dari Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo MG. Hadi Sutjipto (kiri)

Pada kesempatan itu, Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo MG. Hadi Sutjipto menyosialisasikan keberadaan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI). Dia menyampaikan bahwa olahraga masyarakat memiliki dasar hukum yang tertuang dalam Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2022. Olahraga masyarakat membudayakan aktivitas fisik, dan membangun hubungan sosial. Olahraganya dijalankan dengan gembira untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Selain itu, keberadaan olahraga masyarakat tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). KORMI mengajak seluruh insan meningkatkan budaya olahraga dan mencapai cita-cita Indonesia Bugar 2045.

Foto bersama pengurus KOM Desa Larangan dan KORMI Kab. Sidoarjo (baju biru)

“Masyarakat Indonesia tahun 2045 bersamaan dengan 100 tahun usia emas Republik Indonesia, Hari Kemerdekaan Indonesia, masyarakat Indonesia diharapkan 70 persen sudah sehat dan bugar. Kita semua membantu pemerintah menggerakkan masyarakat untuk menyehatkan, membugarkan masyarakat. Akhirnya KORMI berupaya bagaimana bisa membangkitkan itu, maka kita bentuk kampung olahraga masyarakat,” ujar Pak Tjip, sapaan Hadi Sutjipto.

Wakil Bupati Sidoarjo periode 2010-2015 ini mengajak agar masyarakat Desa Larangan aktif berolahraga. Dia meminta agar kegiatan berolahraga tidak hanya didominasi kaum ibu, namun juga mengikutsertakan bapak-bapak dan keluarganya.

Kegiatan pengukuhan KOM Desa Larangan dihadiri kepala desa, perwakilan camat dan tokoh masyarakat

Sementara itu, Kepala Desa Larangan Agus Siswanto mengajak masyarakatnya makin senang bergerak dan berolahraga. Melalui Kampung Olahraga Masyarakat KORMI Kab. Sidoarjo bisa melecut semangat warga Desa Larangan untuk rutin berolahraga.

Sebelumnya, pada kegiatan pengukuhan ini, masyarakat Desa Larangan mengikuti olahraga bersama, dilanjutkan dengan hiburan berupa tampilan senam kreasi dari ibu-ibu Desa Larangan. (Rere Nia/foto: Achmad)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Pengurus, Klub/Komunitas dan Atlet Binaan KORMI Kab. Sidoarjo Ikuti Vaksinasi Covid19

Kegiatan

Peringati Hari Ibu, KOM Desa Siwalanpanji Gelar Lomba Poco-Poco Antar RW

Kegiatan

YAI Cab. Sidoarjo Kukuhkan Klub Asma Taman Jenggala, Maria Ulfah Dipercaya Menjadi Ketua Pengurus

Kegiatan

KORMI Kab. Sidoarjo Ikutsertakan Pengurus dan Komunitas Pada Program BPJS Ketenagakerjaan

Kegiatan

Car Free Day Dibuka Street Drum Sidoarjo Kembali Tampil di Jalan Ahmad Yani

Kegiatan

Tumbuhkan Rasa Kebangsaan, KORMI Kec. Krian Sidoarjo Peringati Hari Lahir Pancasila

Kegiatan

Sehatkan Jiwa dan Raga, Komunitas Nimas Putri Sabdojati Senam di Alam Terbuka

Kegiatan

Sepeda Lipat Sidoarjo Gowes Bareng Meriahkan Hari Kasih Sayang