Home / Kegiatan

Sunday, 27 November 2022 - 10:29 WIB

Latihan Teknik Kebugaran Indonesia Resmi Bergabung Menjadi Anggota Binaan KORMI Kab. Sidoarjo

Latihan Teknik Kebugaran Indonesia (LTKI) Kab. Sidoarjo resmi bergabung menjadi binaan KORMI Kab. Sidoarjo setelah pengurusnya dikukuhkan oleh Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., Sabtu (26/11/2022). LTKI kini bergabung bersama 43 cabang organisasi olahraga masyarakat (cabor)/komunitas yang telah berhimpun di KORMI Kab. Sidoarjo.

Dalam gerbong kepengurusan, M. Nurhadi dikukuhkan sebagai Ketua Umum LTKI Kab. Sidoarjo, Sutikno sebagai ketua 1, H. Misbachul Munir sebagai ketua 2, dan jajaran pengurus lainnya. Pengukuhan yang dilaksanakan di teras utama Stadion Gelora Delta Sidoarjo ini dihadiri perwakilan 15 sasana dari 80 sasana LTKI, pengurus KORMI Kab. Sidoarjo, beserta pengurus cabor.

Penyerahan bendera pataka dari Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., kepada Ketua Umum LTKI Kab. Sidoarjo Nurhadi

Hadi Sutjipto atau yang akrab disapa Tjipto mengatakan kehadiran LTKI dapat membantu pemerintah daerah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Di Sidoarjo rata-rata angka harapan hidup masyarakatnya 74 tahun. Angka ini diharapkan bisa semakin meningkat seiring dengan masyarakatnya yang gemar berolahraga.

“Kami mengapresiasi yang dilakukan pengurus dengan gigih, dengan semangat mengadakan latihan dan dibentuk secara resmi olahraganya,” kata Tjipto yang berharap komunitas LTKI Kab. Sidoarjo berkembang dengan baik.

Terkait dengan pelaksanaan FORDA dan FORNAS tahun 2023, Tjipto mengajak LTKI ikut bertanding melalui Asosiasi Dong Yue Taiji Quan Indonesia (ADYTI) karena cabor ini  memiliki jurus yang sama, kepengurusannya hingga tingkat nasional dan memiliki pembina yang sama.

Pemotongan tumpeng pengukuhan LTKI

Selain itu, Tjipto mengingatkan agar LTKI menjaga kesehatan dan kebugaran dimasa merebaknya kasus covid varian baru, menjaga kekompakan dan kebersamaan. Dia juga meminta agar anggota LTKI mendukung dan membantu para pengurus.

KORMI bersama LTKI akan terus berkomunikasi. KORMI akan membantu cabor/komunitas mencapai tujuan menyehatkan dan membugarkan masyarakat. Kegiatan olahraga masyarakat, dikatakan Tjipto, telah diatur dalam Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.  

Usai dikukuhkan, Ketua Umum LTKI Kab. Sidoarjo M. Nurhadi menjelaskan, LTKI merupakan organisasi yang menghimpun pencinta olahraga taici. Diungkapkannya,  Nurhadi meminta guru besar tai ji quan Adi Setiago, untuk menciptakan taici yang diminati masyarakat Indonesia.

“Lalu diciptakanlah tian xia, yang sudah diciptakan ada 4 jurus, 9 jurus, 19 jurus, 32 jurus dan 53 jurus, tapi kita juga tetap taici-taici yang lain, jurus-jurus yang sudah ada lainnya tetap kita latihkan ke teman-teman,” kata Nurhadi.

Olahraga taici ini diiringi lagu-lagu nasional dengan sentuhan musik bernuansa oriental mengikuti gerakan taici yang lembut. Olahraga beladiri yang pelan ini cocok diikuti anak-anak hingga lansia, dengan berragam manfaat bagi tubuh.

“Taici sebetulnya melatih keseluruhan jadi bukan hanya fisik tapi yang dalam juga dilatih, pernapasan, rileks dan sebagainya dilatih. Jadi harus rileks, bukan santai, nggak boleh kaku,” kata Nurhadi.

Senam taici bersama

Tertarik mengikuti olahraga bersama LTKI? Nurhadi membagikan jadwal latihan komunitasnya. LTKI di Sidoarjo dipusatkan di halaman GOR Sidoarjo setiap hari Kamis dan Sabtu, pada hari Senin dan Sabtu di lapangan parkir Plaza Lippo, dan hari Rabu dan Minggu di halaman pertokoan Perumahan Taman Pinang.

Ditambahkannya, 80 sasana LTKI yang tersebar di desa/kecamatan di Sidoarjo juga rutin berlatih mengikuti jadwal masing-masing sasana. Setiap sasana dipandu instruktur yang telah dilatih di sasana pusat LTKI Sidoarjo.

Dikatakannya, untuk sementara LTKI baru ada di Sidoarjo. “Tapi tidak menutup kemungkinan yang di luar Sidoarjo seperti di Mojokerto, Pasuruan, Surabaya. Jadi 80 sasana sebetulnya ada beberapa yang dari luar Sidoarjo juga,” kata Nurhadi.

Nantinya LTKI akan bergabung dengan Asosiasi Tianxia Taiji Quan Indonesia (ATTI). Asosiasi ini sudah terbentuk di beberapa kota/kabupaten.

Terkait dengan pengukuhan LTKI Kab. Sidoarjo, Nurhadi menaruh harap pengurus LTKI periode 2022-2027 bisa bekerja efektif.

“Nanti pengurus bisa bekerja efektif supaya masyarakat Sidoarjo utamanya bisa giat dan senang berolahraga, bisa sehat dan bugar,” pungkasnya. (mg-laa/aws/rr)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Cari Kader Baru, KORMI Lakukan Sosialisasi ke SMAN 3 Sidoarjo

Kegiatan

KORMI Kab. Sidoarjo Serahkan SKT Kepada 19 Cabor

Kegiatan

KORMI Kab. Sidoarjo Serahkan Penghargaan dan Bonus FORNAS VI Tahun 2022

Kegiatan

Rakerda FORMI Kab. Sidoarjo Tahun 2020

Kegiatan

Tumbuhkan Rasa Kebangsaan, KORMI Kec. Krian Sidoarjo Peringati Hari Lahir Pancasila

Kegiatan

Sayuti Rofiyanto Kembali Terpilih Sebagai Ketua PORPI DPC Sidoarjo

Kegiatan

YAI Cab. Sidoarjo Kukuhkan Klub Asma Taman Jenggala, Maria Ulfah Dipercaya Menjadi Ketua Pengurus

Kegiatan

Rakor Bidang Keolahragaan, Bagian Kesra Setda Kab. Sidoarjo Jalin Komunikasi dengan KORMI Kab. Sidoarjo