Home / Kegiatan

Tuesday, 16 May 2023 - 22:31 WIB

Pembinaan pada Kelompok Olahraga se-Kab. Sidoarjo, Sriatun Harapkan Anggota YJI Saling Bekerja Sama

Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Sidoarjo bersama Dinas Kesehatan Kab. Sidoarjo pagi tadi, Selasa (16/5/2023), menggelar Pembinaan pada Kelompok Olahraga se-Kabupaten Sidoarjo di Ruang Delta Graha Pemkab Sidoarjo. Kegiatan diikuti pengurus YJI Prov. Jatim, Klub Jantung Sehat (KJS) Lokasi dan Desa, Kepala Puskesmas se-Kab. Sidoarjo, Klub Jantung Remaja (KJR) dan pengurus KORMI Kab. Sidoarjo.

Ketua YJI Cabang Sidoarjo dr. Hj. Sriatun Subandi mengatakan anggota KJS, KJR dan Kepala Puskesmas bisa saling bekerja sama dan menunjang satu sama lain. Dalam hal ini penanganan pertama menolong orang lain disituasi darurat terkena serangan jantung.

Peserta kegiatan

“Penanganan pertama misalnya tadi yang awalnya ada pasien pingsan setelah ditangani pertama pasti larinya ke Puskesmas, setelah itu ke Puskesmas kalau memang kasusnya perlu dirujuk nanti Puskesmas akan membantu masalah rujukannya. Tetapi untuk KJR dan KJS ada pelatihan (P3K) yang sudah kita berikan nanti ada kesinambungan. Jadi kalau di tempat umum ada tatkala yang pingsan kalau tidak ada yang respon, kan, kasian,” kata Sriatun.

Sriatun mengharap KJS, KJR bisa ikut membantu melalui pertolongan pertama sehingga nyawa pasien akan selamat.

“Kami berharap kesemuanya, mulai dari Puskesmas, pengurus YJI, KJS, KJR, semuanya bisa rukun, bisa kompak, bisa kerjasama bareng sehingga nanti harapannya masyarakat Sidoarjo ini masyarakat bisa sehat, sehat jantungnya,” kata Sriatun.

Pengurus YJI Jatim, YJI Cabang Sidoarjo bersama pengurus KORMI Kab. Sidoarjo (kemeja biru)

Ditambahkannya, terkait dengan keiikutsertaan YJI Cabang Sidoarjo pada ajang Festival Olahraga Daerah I Jatim pada 27-30 Mei 2023 di Kota Malang nanti, Sriatun menuturkan timnya sudah siap 80 persen. KJR yang akan ikut bertanding terus digembleng intensif oleh pelatih YJI. Istri Wakil Bupati Sidoarjo ini berharap bisa meraih target medali emas untuk Sidoarjo.

Sementara Wakil Ketua IV KORMI Kab. Sidoarjo Ir. Endang Susianti, M.Si., mengapresiasi berkembangnya YJI. Endang berharap kegiatan YJI bisa berkesinambungan dilakukan masyarakat Sidoarjo.

“Yayasan Jantung Indonesia sudah berkembang sampai ditingkat kecamatan bahkan ditingkat desa sehingga kami dari KORMI berterima kasih karena kegiatan (YJI) ini sudah memasyarakat. Namun kami tetap berharap ini selalu ditingkatkan lebih banyak lagi, baik oleh cabang-cabang olahraga yang lain,” kata Endang.

Sriatun (kanan) saling bermaaf-maafan dengan anggota YJI

Pelaksanaan kegiatan ini sekaligus sebagai ajang halalbihalal seluruh keluarga besar YJI. Dalam suasana bulan Syawal, seluruh undangan diberi siraman rohani oleh Direktur RS. Aisiyah Siti Fatimah Tulangan dr. Tjatur Prijambodo, M.Kes. (aws/rr)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Semangat Kebersamaan Warnai Tasyakuran HUT Ke-23 KORMI Kab. Sidoarjo

Kegiatan

Hadi Sutjipto Harapkan Klub Senam Asma Sidoarjo Kembangkan Sasana Baru

Kegiatan

Matangkan Persiapan FORDA I Jatim, KORMI Kab. Sidoarjo Gelar Rakor
Lomba memanah Star Java Series 3 diikuti 280 peserta dari klub panahan se-Jawa Timur.

Kegiatan

Perpatri Sidoarjo Menjaring Atlet Melalui Star Java Series 3

Kegiatan

Repoeblik Onthel Sidoardjo Ngonthel Sembari Kenalkan Komunitas Sepeda Tua

Kegiatan

Rayakan HUT Ke-8, Delta Runners Makin Semangat Berolahraga Lari

Kegiatan

Pemilihan Ketua Umum IPSS Putu Sudika Gantikan Karnowo

Kegiatan

Sri Anna Maria Tetap Sehat Selama Berpuasa Ramadan