Home / Kegiatan

Monday, 25 December 2023 - 08:10 WIB

Pengukuhan KOM Desa Tenggulunan, MG. Hadi Sutjipto Ajak Masyarakat Berolahraga dan Silaturahmi

Ketua KOM Desa Tenggulunan Churriyah (kaos biru, depan) memimpin masyarakat berolahrga.

Ketua KOM Desa Tenggulunan Churriyah (kaos biru, depan) memimpin masyarakat berolahrga.

Berolahraga sudah menjadi rutinitas warga Desa Tenggulunan Kecamatan Candi. Aktivitas olahraga yang berragam tersebar di beberapa tempat, dan diselenggarakkan dalam kurun waktu seminggu hingga sebulan sekali. Dari sinilah, Minggu (24/12/2023) pagi, Desa Tenggulunan dikukuhkan menjadi Kampung Olahraga Masyarakat KORMI Kabupaten Sidoarjo.

Kepala Desa Tenggulunan Akhmad Idom Maun menyampaikan adanya pengukuhan pengurus Kampung Olahraga Masyarakat menambah semangat warganya.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan pengukuhan pengurus Kampung Olahraga Masyarakat Desa pada pagi hari ini menambah semangat kita yang mana sudah kita lakukan setiap minggu, setiap bulan, kita berolahraga bersama, sebagaimana instruksi dari Bapak Presiden bahwa kita diharapkan untuk senantiasa melakukan Germas (Gerakan Masyarakat),” kata Akhmad.

Dia menjelaskan olahraga bersama selalu dilakukan di desanya setiap minggu dan bulan. Dia berharap adanya kegiatan olahraga bisa memberikan kesehatan dan umur panjang warganya.

Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., mengukuhkan pengurus Kampung Olahraga Masyarakat Desa Tenggulunan, Minggu (24/12/2023).

Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., mengukuhkan pengurus Kampung Olahraga Masyarakat Desa Tenggulunan, Minggu (24/12/2023).

Senada dengan Akhmad, Sekretaris Kecamatan Candi Ir. Sirojul Munir menegaskan kegiatan olahraga di Desa Tenggulunan merupakan kegiatan rutin masyarakat.

“Kenapa saya pilih Desa Tenggulunan sebagai kampung olahraga karena kegiatan olahraga di Desa Tenggulunan sudah dilaksanakan secara rutin sehingga saya memberanikan diri Desa Tenggulunan aja dibuat percontohan desa-desa yang lain sebagai kampung KORMI di Kecamatan Candi yang kita cintai,” kata Sirojil.

Tidak hanya ibu-ibunya saja yang berolahraga, kata Sirojil, bapak-bapaknya juga ikut senam. Hal ini terbukti pada acara pengukuhan Kampung Olahraga di Balai Desa Desa Tenggulunan, bapak-bapak turut hadir berolahraga.

Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., bahkan memuji semangat para bapak-bapak yang datang ikut berolahraga.

Para pria berpartisipasi aktif menggelorakan semangat berolahraga di KOM Desa Tenggulunan.

“Di Tenggulunan ini luar biasa semangatnya, Di lain tempat yang hadir kebanyakan ibu-ibu, tapi di Tenggulunan bapak-bapaknya banyak yang hadir. Sehingga saya mengimbau ibu-ibu, bapaknya diajak olahraga,” seru Pak Tjip, sapaan akrab MG. Hadi Sutjipto, dalam sambutannya pada Pengukuhan KOM Desa Tenggulunan.

Pak Tjip berharap Kampung Olahraga Masyarakat Desa Tenggulunan terus berkembang, memunculkan berragam olahraga, termasuk olahraga tradisional.
“KORMI selama ini menggerakkan masyarakat untuk berolahraga. Olahraga di KORMI tidak mententeng, olahraga di KORMI tidak boleh merenggut, olahraganya harus sambil senyum,” ujarnya.

Pria yang pernah menjadi Camat Candi ini menguraikan senam dengan senyum dan bahagia akan membuat hidup lebih panjang. Disebutkannya, dari data BPS Angka Harapan Hidup masyarakat Sidoarjo lebih panjang, yaitu 74,4 tahun.

“Faktornya senang, kumpul bareng, olahraga bareng itu menimbulkan kesenangan yang luar biasa, silaturhami bareng. Siapa senang silaturahmi Insyaallah dipanjangkan umurnya sehat dan banyak rejeki,” kata Pak Tjip yang di Aamin-i seluruh masyarakat yang hadir.

Senam bersama di Balai Desa Tenggulunan

Dia meminta agar seluruh warga Desa Tenggulunan terus berolahraga. “Kami mohon bapak-bapak, tokoh masyarakat, ibu-ibu, kembangkan olahraga dengan baik, luangkan waktu untuk olahraga bareng, olahraga bersama mulai anak-anak sampai lansia. Insyaallah ketemu untuk saling silaturahmi itu lebih baik,” lanjutnya.

Terkait dengan pengukuhan pengurus Kampung Olahraga Masyarakat Desa Tenggulunan, Pak Tjip menyampaikan selamat dan pengurusnya bisa amanah membawa masyarakat Desa Tenggulunan sehat dan bugar.

Pada kesempatan bertemu dengan masyarakat, Pak Tjip menyosialisasikan keberadaan KORMI. KORMI bergerak atas amanat dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan, dan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). KORMI mengajak masyarakat berolahraga mencapai program Indonesia Bugar 2045.

Pengurus KORMI Kab. Sidoarjo bersama pengurus KOM Desa Tenggulunan

Sementara itu, acara yang turut dihadiri pengurus KORMI Kab. Sidoarjo, anggota BPBD, pengurus TP PKK Desa Tenggulunan, anggota komunitas dan cabang organisasi olahraga masyarakat desa dan kecamatan ini diisi dengan kegiatan senam bersama, serta suguhan penampilan senam kreasi.

Pengurus Kampung Olahraga Masyarakat Desa Tenggulunan yang diketuai Churriyah dikukuhkan langsung oleh MG Hadi Sutjipto. Churriyah, dibantu jajaran pengurus; Wakil Ketua Nur Nafiati, Sekretaris Siti Khalimah, Bendahara Hj. Nur Masluchah, dengan anggota; Ikeda Hendra Kesuma, Rahmad Bashori, Endang Sri Utami, Nur Chayati, Nur Rohmiyatin, Titis Catur Purnama Sari, Luluk Dwi Astutik, Titik Aslika, dan Sri Utami. (aws)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

FORMI Kab. Sidoarjo Resmi Luncurkan Kampung Olahraga Rekreasi

Kegiatan

Pengurus Perwatusi DPC Sidoarjo Dilantik, Bambang Setiyono Rangkul Pengurus untuk Kerja Bareng

Kegiatan

Pembinaan Kampung Olahraga Masyarakat Se-Kab. Sidoarjo, Hadi Sutjipto Ajak Bergerak Bersama Masyarakat untuk Berolahraga

Kegiatan

KORMI Kab. Sidoarjo Meriahkan Peluncuran Senam Sidoarjo Bugar Bersama Disporapar Sidoarjo

Kegiatan

Gathering Line Dance Sidoarjo Menambah Wawasan dan Memperdalam Ilmu

Kegiatan

Juara Umum, Yayasan Asma Indonesia Sidoarjo Sapu Bersih Medali Emas YAI FORNAS VII Jabar

Kegiatan

Silaturahmi, KORMI Kab. Sidoarjo Terima Kunjungan KORMI Kota Malang

Kegiatan

KORMI Kab. Sidoarjo Semangati Perwatusi Siap Hadapi FORNAS 2022