Home / Kegiatan

Tuesday, 13 September 2022 - 12:56 WIB

Bertabur Kegembiraan Pada Puncak Perayaan HUT Ke-22 KORMI Sidoarjo

Pemotongan kue HUT Ke-22 KORMI Sidoarjo oleh Ketua Umum KORMI Jatim Hudiyono dan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali

Pemotongan kue HUT Ke-22 KORMI Sidoarjo oleh Ketua Umum KORMI Jatim Hudiyono dan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali

Tanggal 9 September bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional, Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) memasuki usia yang ke-22. KORMI Kabupaten Sidoarjo yang setiap tahunnya merayakan pergantian usia, pada Minggu (11/9) pagi, menggelar puncak HUT Ke-22 KORMI Sidoarjo di ballroom salah satu hotel di Sidoarjo. Kemeriahan acara berlangsung mulai awal hingga akhir acara. Tampilan tari dansa oleh peraih emas FORNAS VI dari inorga Ikatan Langkah Dansa Indonsia (ILDI) serta barongsai Dharma Bhakti menghibur seluruh keluarga besar KORMI Kab. Sidoarjo.

Pada kesempatan itu Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., menjelaskan keberadaan KORMI yang kini bernama Komite Olahraga Masyarakat Indonesia menjalankan amanah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga.

“KORMI dapat tugas agar masyarakat Indonesia Bugar tahun 2045 bersamaan dengan 100 tahun Kemerdekaan Indonesia diharapkan masyarakat Indonesia benar-benar sehat dan bugar. Sehat belum tentu bugar tapi bugar tentu sehat, sehingga yang sehat dan bugar menjadi tujuan utama, menjadi pokok utama KORMI yang harus dibangun ke depan,” ujar pria dengan sapaan akrab Tjipto.

Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M.

KORMI memiliki tanggungjawab pada kelompok olahraga masyarakat. Kata Tjipto, apapun olahraga yang ada dimasyarakat digali dan dibina KORMI. Terkait dengan penyelenggaraan HUT KORMI Sidoarjo, Tjipto menyebut partisipasi para sponsor pendukung acara. Karena sedikitnya anggaran KORMI Sidoarjo membuat banyak disokong donatur. Walaupun KORMI tidak menuntut anggaran besar layaknya KONI, tapi Tjipto berharap pemerintah daerah turut membantu KORMI. KORMI Sidoarjo kini membina lebih dari 46 cabang induk organisasi olahraga (inorga) dengan masing-masing inorga memiliki jumlah massa yang besar.

Selain itu, Tjipto menyatakan KORMI Kab. Sidoarjo siap mengikuti FORDA Jatim di Kota Malang dan FORNAS VII di Bandung Jawa Barat tahun 2023. KORMI Sidoarjo siap mendukung Jatim berjuang di FORNAS dengan target rangking 2 nasional.

“Kedepan kami siap membantu masyarakat Sidoarjo, membantu Sidoarjo untuk menggerakkan masyarakat untuk berolahraga, banyak cabang olahraga, banyak inorga yang siap untuk mengawal suksesnya pelaksanaan mengolahragakan masyarakat di Kabupaten Sidoarjo,” ujar Wakil Bupati Sidoarjo periode 2010-2015 ini.

Ketua Umum KORMI Jatim Hudiyono

Puncak HUT Ke-22 KORMI Sidoarjo yang dihadiri Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali, S.IP, Ketua DPRD Kab. Sidoarjo H. Usman, M.Kes, dan Ketua Umum KORMI Prov. Jatim Dr. Hudiyono, M.Si., kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sidoarjo, perwakilan Forkopimda dikatakan Tjipto memberikan dorongan semangat bagi KORMI Sidoarjo.

Ketua Umum KORMI Prov. Jatim Hudiyono turut menyampaikan terima kasih kepada pimpinan daerah, Forkopimda dan donator yang telah membantu KORMI Sidoarjo dan Jatim. Tak lupa disampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada KORMI Sidoarjo yang usianya paling tua se-Jatim yaitu 12 tahun.

“Mudah-mudahan dirgahayu ini, dengan ulang tahun ini makin menjadikan organisasi ini, KORMI makin menjadi keberkahan terutama bagi mayarakat Jawa Timur dan Sidoarjo untuk sehat, bugar, gembira, luar biasa,” ujar Hudiyono.

Adanya perayaan HUT, dikatakan Hudiyono sebagai silaturahmi batin dan program. “Kalau KORMI nggak jalan di Sidoarjo maka masyarakat tidak optimal dalam meningkatkan kesehatan, kebugaran,” tuturnya.

KORMI, lanjut mantan Pj. Bupati Sidoarjo ini, ada kaitannya dengan Sidoarjo sehjahtera dan berdaya. Sidoarjo berdaya karena dengan KORMI UMKM akan tumbuh. Sejak tahun 2022 KORMI memiliki regulasi yang kuat dibawah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022.

Kedatangan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor pada puncak HUT Ke-22 KORMI Siidoarjo

“Kami selalu sampaikan kepada bupati, wali kota yang belum ada KORMInya, kurang lebih ada 10 (kabupaten/kota) untuk kita provokasi, untuk kita harapkan memberikan kebermanfaat kepada masyarakat melalui pembentukan organisasi KORMI yang ada di kabupaten, kota, jadi artinya kalau dulu KORMI itu bisa dibantu oleh pemerintah dalam bentuk hibah, dalam bentuk program hanya setahun sekali, dua tahun sekali, atau tiga tahun sekali karena persoalan regulasi tidak memiliki undang-undang. Sekarang sudah ada undang-undang setara tapi jangan berharap dana KORMI sama dengan KONI sama,” ujar pria menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur ini.

Dikatakannya, menghidupkan KORMI sama dengan menghidupkan pertumbuhan ekonomi rakyat. Setiap pertumbuhan ekonomi yang ada di kabupaten, kota, masyarakatnya akan mencari kesehatan dan kebugaran, mencari tempat seperti alun-alun kota atau tempat untuk berolahraga, dan wisata hiburan. KORMI hadir untuk peningkatan pemberdayaan melalui peningkatan UMKM dan kesejahteraan sosial. “Dan paling penting KORMI bisa meningkatkan seduluran, seni bersilahturahmi,” ujar Hudiyono.

Melalui KORMI nilai-nilai tradisional yang berkembang di masyarakat terangkat, begitupula ekonomi, sosial, budaya, dan teknologi. Dia berharap seiring dengan ucapan selamat ulang tahun yang disampaikannya, KORMI Sidoarjo makin rukun, kompak dan semangat sehingga bisa membantu kesejahteraan masyarakat melalui kesehatan, kebugaran, dan kegembiraan.

Undangan yang menghadiri HUT Ke-22 KORMI Sidoarjo

Hal yang sama juga disampaikan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor. Gus Muhdlor berharap KORMI dan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo bisa saling bersinergi lebih banyak terkait dengan program yang ada di kabupaten.

“Karena salah satu indikator di Indikator Kinerja Utama (IKU) Pemerintah Kabupaten ditentukan 9 aspek termasuk salah satunya adalah indeks kebahagaiaan. Nah, indeks kebahagiaan ini yang ada di KORMI. Memang ada penurunan yang cukup tajam antara tahun 2019 sampai 2020, bahkan sampai 2021 angkanya dari misalkan tahun 2019 angka 80 keatas untuk Sidoarjo turun menjadi 70 saja ditahun 2020,” kata Muhdlor.

 Oleh karena itu, kata Muhdlor, dengan adanya penurunan indeks kebahagiaan ini dia mengajak KORMI bersama-sama mengerjakan indikator kinerja utama kabupaten agar kedepan lebih baik lagi. Dia melalui Pemkab Sidoarjo memberi support kepada KORMI dalam bentuk hibah, dan lain-lain.

Pada acara hari itu, dilakukan pemberian penghargaan dan hadiah lomba yang telah diadakan dalam rangka memperingati HUT Ke-22 KORMI, antara lain Lomba Kampung Olahraga Masyarakat, Lomba Gulat Tangan antar inorga dan KORMI kecamatan, Lomba Senam Ayo Bergerak Indonesia (SABI), serta Inorga dan Komunitas Tergiat.

Pemenang Lomba Gulat Tangan (membawa frame piagam) berfoto bersama

Para pemenang terbaik pertama Lomba SABI diraih Enny Nurhayati dari Komunitas Bellydance Sidoarjo, Yuli Kristiani dari Komunitas Zumba Sidoarjo, Dewi Afiatul Musarofah dari Asosiasi Yoga Sidoarjo, Wiwik Sri Barokah dari kampung olahraga masyarakat Desa Grogol, Fahar Satyatma dari Yayasan Jantung Indonesia, Asmudah dari kampung olahraga masyarakat Desa Bligo, Ir. Victorien Linda Mandagie dari klub Lansia, Pudjiati dari Yayasan Asma Indonesia, Yusnia Candra Asmarani dari inorga PORPI, Tri Nurhayati dari Senam Tera Indonesia, Wahyu Eka Dita dari komunitas Aerobik Alternatif Nimas Putri Sabdojati, Budi Astuti dari ASIAFI, Tety Ratnasari dari ILDI dan Niken Haryati dari inorga Perwatusi.

Lomba Gulat Tangan antar inorga dan KORMI kecamatan se-Kab. Sidoarjo Juara 1 diraih Muhammad Eko Probo Utomo dari KORMI Kec. Wonoayu, Juara 2 diraih Muchamad Yudha Hari Akbar dari KORMI Kec . Wonoayu, Juara 3 diraih Moh. Zaini dari IPSS, Juara Harapan 1 diraih Nanik Irnawati dari komunitas Ikatan Pencinta Sepeda Sidoarjo (IPSS), Juara Harapan 2 diraih Kuma’iyah dari Asosiasi Yoga Sidoarjo, dan Juara Harapan 3 diraih Fani Yuliana dari IPSS. Lomba Kampung Olahraga Masyarakat KORMI se-Kabupaten Sidoarjo Juara 1 diraih Kelurahan Magersari Kec. Sidoarjo, Juara 2 diraih Desa Grogol Kec. Tulangan, Juara 3 diraih Desa Keper Kec. Krembung dan Juara harapan 1 diraih Desa Trosobo Kec. Taman.

Selanjutnya, Inorga Tergiat KORMI Kab. Sidoarjo juara 1 diraih KOSTI, juara 2 diraih Yayasan Asma Indonesia dan juara 3 diraih ILDI. Komunitas Tergiat KORMI Kab. Sidoarjo juara 1 diraih Perpatri, juara 2 diraih IPSS dan juara 3 diraih Aerobik Alternatif Nimas Putri Sabdojati. Sedangkan KORMI Kecamatan Tergiat juara 1 diraih KORMI Kecamatan Krian, juara 2 diraih KORMI Kecamatan Krembung dan juara 3 diraih KORMI Kecamatan Sidoarjo.

Dipenghujung acara, pengurus KORMI Kab. Sidoarjo, ketua dan pengurus cabang inorga binaan KORMI Kab. Sidoarjo, KORMI kecamatan, kampung olahraga masyarakat se-Kab. Sidoarjo diajak bernyanyi dan berjoget bersama. Panitia acara membagikan banyak hadiah doorprize dan semua undangan yang hadir memperoleh bingkisan menarik.

Kesuksesan acara ini tidak lepas dari dukung pihak sponsor antara lain BPR Bank Delta Artha, PT. Karya Bintang Mandiri, PT. Pratama Putra, PT. Jaya Multi Usaha Sukses Abadi, PT. Damai Lautan Nusantara, CV. Wira Niaga, PT. Jaya Makmur Rafi Mandiri, PT. Dharma Lautan Utama, PP Mandiri, APINDO, 2 Onta dan Entrasol. (jon/aws/rr)

Pemenang inorga, komunitas dan KORMI kecamatan terbaik berfoto bersama
Pemenang Lomba SABI
Atraksi Barongsai Dharma Bhakti Sidoarjo
Tampilan ILDI Sidoarjo menghibur para undangan
Setiap undangan mendapatkan bingkisan HUT Ke-22 KORMI Sidoarjo

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Ikatan Langkah Dansa Indonesia Sidoarjo Hindari Pikun Ikuti Senam Line Dance

Kegiatan

Battle Drum 2020 Ajang Adu Skill antar Anggota Street Drum Sidoarjo

Kegiatan

Rekatkan Kebersamaan, ILDI Sidoarjo Peringati Hari Kartini, Halalbihalal dan Gathering Ultah Member

Kegiatan

Sukses Raih Jatim Seger Award 2020 Se-Jatim, KORMI Kab. Sidoarjo Gelar Lomba Jatim Seger Tingkat Kabupaten

Kegiatan

Kampung Olahraga Rekreasi Desa Keper Kec. Krembung Diresmikan

Kegiatan

Gowes Bareng Peringati HUT Ke-12 IPSS

Kegiatan

Saling Dukung, KONI Dan KORMI Bergandengan Memajukan Olahraga di Sidoarjo

Kegiatan

Senam Bersama Meriahkan Peringatan Hari Pahlawan di KOM Tambak Kemerakan