Home / Kegiatan

Wednesday, 3 July 2024 - 23:17 WIB

Desa se-Kecamatan Sedati Dikukuhkan Sebagai Kampung Olahraga Masyarakat, Plt. Bupati Sidoarjo Berikan Dukungan

Prosesi pengukuhan pengurus Kampung Olahraga Masyarakat oleh Ketua Umum KORMI Kabupaten Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M.

Prosesi pengukuhan pengurus Kampung Olahraga Masyarakat oleh Ketua Umum KORMI Kabupaten Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M.

Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Sidoarjo menjadi garda terdepan membugarkan masyarakat. Melalui inovasi dibentuknya Kampung Olahraga Masyarakat, gerakan mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga bisa menjangkau masyarakat ditingkat desa, RT/RW.

Pada Rabu (3/7/2024), di Kantor Kecamatan Sedari, KORMI Kabupaten Sidoarjo mengukuhkan 14 Kampung Olahraga Masyarakat se-Kecamatan Sedati. Keempat belas desa tersebut adalah Desa Sedatigede, Desa Sedatiagung, Desa Semampir, Desa Pranti, Desa Betro, Desa Kwangsan, Desa Pulungan, Desa Pepe, Desa Buncitan, Desa Cemandi, Desa Gisikcemandi, Desa Tambakcemandi, Desa Banjarkemuning, dan Desa Segoro Tambak.

Pengukuhan pengurus Kampung Olahraga Masyarakat masa bakti 2024-2028 dilakukan Ketua Umum KORMI Kabupaten H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., dan dihadiri Plt. Bupati Sidoarjo H. Subandi, S.H., M.Kn. Turut hadir pada kegiatan Camat Sedati Drs. Abu Dardak, S. Sos, MSi., para kepala desa setempat, Forkopimcam Sedati, pengurus KORMI Kab. Sidoarjo, dan Ketua KORMI Kecamatan se-Kab. Sidoarjo.

 

Pengurus Kampung Olahraga Masyarakat usai dikukuhkan

Pengurus Kampung Olahraga Masyarakat berfoto bersama usai dikukuhkan.

Dalam sambutannya Hadi Sutjipto mengatakan Sedati merupakan kecamatan pertama se-Indonesia yang semua desanya telah terbentuk Kampung Olahraga Masyarakat. Pembentukan Kampung Olahraga Masyarakat merupakan inovasi yang diapresiasi oleh KORMI Nasional.

“Ini sudah diapresiasi oleh KORMI Nasional bahwa KORMI Sidoarjo banyak inovasi-inovasi yang akhirnya juga diikuti oleh Indonesia,” ujar Pak Tjip, sapaan Hadi Sutjipto.

Ketua Umum KORMI Nasional Hayono Isman saat mengunjungi Kampung Olahraga Masyarakat Kelurahan Magersari bahkan memberikan predikat pada KORMI Kabupaten Sidoarjo sebagai KORMI Terbaik se-Indonesia.

Ketua Umum KORMI Kabupaten Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., memberikan sambutan

“Ini berkat kita semua. Bukan karena saya, bukan karena KORMI, tapi semuanya gerak. Jadi di Sidoarjo ini luar biasa. Karena senang olahraga akhirnya jadi sehat. Angka harapan hidup kita tinggi diatas rata-rata Jawa Timur, diatas rata-rata nasional,” ujar Wakil Bupati Sidoarjo periode 2010-2015.

Pada kesempatan itu Pak Tjip menyampaikan Perpres Nomor 11 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional yang memuat cita-cita ditahun 2045, 80 persen rakyat Indonesia sehat dan bugar. Ia mengajak masyarakat Sidoarjo giat berolahraga.

Dihadapan Plt Bupati Sidoarjo, Pak Tjip juga mengutarakan kondisi KORMI yang minim anggaran sehingga dibutuhkan dukungan pemerintah agar kegiatan olahraga masyarakat berjalan dengan baik. Begitupula dalam meningkatkan prestasi KORMI Kabupaten Sidoarjo agar dapat mengharumkan nama Sidoarjo.

Disampaikan Pak Tjip, pengiat KORMI harus urunan untuk bisa mengikuti event dua tahunan FORNAS. Diurainya, bantuan anggaran dari pemerintah daerah untuk mengikuti FORNAS VII Jawa Barat hanya Rp34 juta, sementara untuk memberangkatkan 286 orang kontingen membutuhkan lebih dari Rp400 juta.

Prosesi pengukuhan

Diujung sambutannya Pak Tjip meminta pengurus Kampung Olahraga Masyarakat mengajak masyarakat senang berolahraga, mengembangkan olahraga masyarakat dan mendukung UMKM masyarakat dengan melibatkan pada bazaar di acara-acara olahraga bersama.

Sementara itu, Plt Bupati Sidoarjo H. Subandi, S.H., M.Kn., mengapresiasi kegiatan KORMI Kabupaten Sidoarjo.

“Saya atas nama pimpinan daerah Plt Bupati Sidoarjo pada hari ini mengucapkan terima kasih banyak, terutama peran serta KORMI Kabupaten Sidoarjo yang terus menggerakkan terus melakukan kegiatan-kegiatan terutama olahraga yang dilakukan mulai dari tingkat desa maupun sampai tingkat Kabupaten,” ujar Plt. Bupati Subandi.

Terkait anggaran KORMI, Plt. Bupati Subandi menanggapi dengan mengatakan saat menjadi Wakil Bupati ikut mendampingi KORMI Kabupaten Sidoarjo ke FORNAS VII di Bandung. Ia prihatin dengan keadaan KORMI Kabupaten Sidoarjo.

“Hari ini kita sebagai Plt (Bupati, red) tentu kedepan tidak boleh terulang kembali, terutama KORMI yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Lebih banyak yang harus kita benahi dan kita lakukan. Dimana kegiatan apapun dilakukan tanpa kita dengan anggaran yang cukup, kita nggak bisa melakukan kegiatan-kegiatan, apapun kegiatannya. Seperti tadi disampaikan oleh Pak Ketua KORMI dimana memberikan support dan dukungan apabila kegiatan KORMI yang dilakukan di tiap desa tentunya ini nanti juga akan dianggarkan melalui APBdes nanti, tadi sudah disampaikan oleh Pak Camat gimana terkait tata kelola, biarkan tiap desa ini betul-betul hari ini dilantik, biarkan nanti kegiatan bisa berjalan,” ujarnya.

“Kegiatan berjalan tentunya juga mau nggak mau ada suatu perencanaan anggaran yang mampu dilakukan oleh teman-teman sahabat kepala desa, yang tadi kita sampaikan, ya, minimal Pak Camat juga melihat nanti di RKP Desa tiap teman-teman memasukkan, ya, juga lihat apa program prioritas kegiatan-kegiatan yang diberikan terutama sahabat-sahabat desa di tiap-tiap desa masing-masing. Olahraganya juga oke, kegiatan-kegiatan prioritas terkait masalah pembangunan, terkait masalah pendidikan. Ini juga nanti dicakup semuanya di RAPBDes termasuk akselerasi antara desa, kecamatan, kabupaten juga melalui program-program dari pusat. Kalau itu dilakukan percepatan pembangunan yang dilakukan Insya Allah semua akan bisa selesai,” lanjutnya.

Subandi turut menyambut upaya pemulihan ekonomi yang dilakukan KORMI. Jika UMKM digerakan mulai dari tingkat desa akan meningkatkan perekonomian.

Plt Bupati Sidoarjo H. Subandi, S.H., M.Kn., menyerahkan SK pengurus Kampung Olahraga Masyarakat.

“Kita sebagai pimpinan daerah Insya Allah akan kita support terutama KORMI yang ada di Kabupaten Sidoarjo karena tadi disampaikan saya kepingin apa yang menjadikan KORMI yang ada di Kabupaten Sidoarjo ini adalah sebagai kebanggaan. Kita melihat ibu-ibu terutama yang sudah lansia kadang dia itu senamnya ngalah-ngalahi orang, anak-anak yang masih berusia 16 sampai 17, kalau seperti itu tidak ada anggarannya, kan, lucu. Ini nanti yang disalahkan jelas bupatinya. Jadi ini nanti Insya Allah saya juga matur Pak Tjip coba kita komunikasikan, kita koordinasikan, gimana men-support KORMI yang ada di Sidoarjo, juga nanti di kecamatan seperti itu,” tandas Plt Bupati Subandi.

Dengan digelar acara pengukuhan ini, kini jumlah Kampung Olahraga Masyarakat binaan KORMI Kabupaten Sidoarjo telah bertambah, dari sebelumnya 26 menjadi 40 Kampung Olahraga Masyarakat. (aws/rr)

Camat Sedati

Senam bersama sebelum pelaksanaan pengukuhan Kampung Olahraga Masyarakat.

Pengurus KORMI Kabupaten Sidoarjo.

 

 

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Car Free Day Dibuka Street Drum Sidoarjo Kembali Tampil di Jalan Ahmad Yani

Kegiatan

Yayasan Asma Indonesia dan Peradi SAI Sidoarjo Bekerja Sama Layani Masyarakat

Kegiatan

HUT Ke-13 FORMI Kab. Sidoarjo, Bupati Sidoarjo: Senam Bersama Wujud Nyata Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat

Kegiatan

HUT Ke-3 DPW ILDI Sidoarjo, Hadi Sutjipto Berpesan Jaga Kekompakan

Kegiatan

Guyubkan Anggota, BPKJ Kab. Sidoarjo Berwisata ke Waduk Karangkates

Kegiatan

Peringati World Walking Day 2022 KORMI Kab. Sidoarjo Lakukan Jalan Santai Dan Senam Bersama

Kegiatan

Persiapan FORNAS VI 2021 Tahun 2022, DPW ILDI Kab. Sidoarjo Gelar Workshop Nusantara Berdansa VII

Kegiatan

Sepeda Lipat Sidoarjo Gowes Bareng Meriahkan Hari Kasih Sayang