Home / Kegiatan

Thursday, 24 June 2021 - 16:18 WIB

FORMI Kab. Sidoarjo Resmi Luncurkan Kampung Olahraga Rekreasi

Wabup Sidoarjo (tiga kanan) usai meresmikan kampung olahraga rekreasi bersama Ketua Umum FORMI Kab. Sidoarjo (lima kanan)

Wabup Sidoarjo (tiga kanan) usai meresmikan kampung olahraga rekreasi bersama Ketua Umum FORMI Kab. Sidoarjo (lima kanan)

Usaha FORMI Kab. Sidoarjo menggerakkan masyarakat untuk gemar berolahraga begitu gigih. FORMI Kabupaten Sidoarjo memprakarsai dibentuknya kampung olahraga rekreasi di Sidoarjo. Kampung olahraga rekreasi merupakan wilayah desa yang masyarakatnya aktif menyelenggarakan olahraga rekreasi dan olahraga tradisional.

Pada tahun 2019 FORMI Kab. Sidoarjo secara resmi menetapkan 7 kampung olahraga rekreasi yakni Desa Ganting Kec. Gedangan, Kelurahan Magersari Kec. Sidoarjo, Desa Bligo Kec. Candi, Desa Tarik Kec. Tarik, Desa Grogol Kec. Tulangan, Kelurahan Tambak Kemerakan Kec. Krian, Desa Ganggang Panjang Kec. Tanggulangin.

Ketua Umum FORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., menjelaskan FORMI diamanatkan untuk mengelola olahraga rekreasi yang didalamnya terdapat olahraga tradisional dan olahraga yang bersifat rekreatif.

“Tentu tujuannya sesuai dengan motto dari FORMI adalah sehat, bugar, gembira, luar biasa. Nah, ini harapannya masyarakat Sidoarjo ini gemar berolahraga. Jadi Undang-Undang Sistem Keolahragaan mengamanatkan pada FORMI pada komunitas olahraga rekreasi untuk dapat memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat,” kata Hadi Sutjipto.

Senam bersama komunitas dan masyarakat di Kec. Gedangan

Melihat perkembangan olahraga rekreasi di Sidoarjo yang kian pesat, FORMI Kab. Sidoarjo ingin bisa menyentuh masyarakat di desa. “Maka ada ide, inovasi dibentuknya kampung olahraga rekreasi. Jadi olahraga rekreasi ini ada di kampung-kampung, ini untuk memasyarakatkan olahraga lagi,” lanjut pria yang biasa disapa Pak Cip.

Inovasi FORMI Kab. Sidoarjo membentuk Kampung Olahhraga Rekreasi ini mendapat dukungan dan sambutan positif dari FORMI Provinsi Jawa Timur dan FORMI Pusat. Dukungan tersebut memacu FORMI Kab. Sidoarjo untuk membudayakan olahraga rekreasi di masyarakat pedesaan.

Diresmikan Wabup Sidoarjo

Dukungan atas dibentuknya Kampung Olahhraga Rekreasi oleh FORMI Kab. Sidoarjo tidak hanya datang dari FORMI Provinsi Jawa Timur dan FORMI Pusat, tapi juga Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Ini dibuktikan pada Minggu (18/8/2019), Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, S.H., meresmikan kampung olahraga rekreasi. Secara simbolis kampung olahraga rekreasi pertama yang diresmikan adalah Desa Ganting Kec. Gedangan.

Peresmian kampung olahraga rekreasi dilaksanakan bersamaan dengan pengukuhan pengurus kampung olahraga rekreasi Desa Ganting, Kecamatan Sidoarjo dan pembukaan Lomba Car Free Day Antar Korda Se-Kab. Sidoarjo.

Peresmian disaksikan dan anggota DPRD Kab. Sidoarjo H. Sulamul Hadi Nurmawan, ketua umum dan pengurus FORMI kabupaten dan kecamatan se-Sidoarjo, ketua klub/komunitas binaan FORMI Kab. Sidoarjo, Forpimca dan masyarakat.

Dalam sambutannya Nur Ahmad Syaifuddin mengungkapkan rasa syukur dan bangga terhadap upaya yang telah dilakukan oleh FORMI Kab. Sidoarjo.

Wabup Nur Ahmad mengukuhkan pengurus kampung olahraga rekreasi Desa Ganting

“Saya bangga dengan kegiatan pada pagi ini ada 2 kegiatan yaitu Lomba Car Free Day Korda se-Kab. Sidoarjo hari ini di Gedangan dan yang kedua adalah pengukuhan dan pelantikan kampung olahraga rekreasi di Desa Ganting. Kami memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap upaya FORMI, upaya yang luar biasa memasyarakatkan olahraga memberikan suatu pandangan terhadap masyarakat, motivasi kepada masyarakat bahwasanya kita ini harus sehat, harus berpikir positif dan harus senantiasa gerak apabila menginginkan kesehatan pada diri kita,” kata Nur Ahmad.

Baca juga  Barongsai Dharma Bhakti Sidoarjo Tetap Menghibur Meski Terimbas Pandemi

Nur Achmad mengatakan bahwa FORMI merupakan organisasi yang sangat penting yang bisa menyentuh keseluruh lapisan masyarakat dan menggelorakan pentingnya berolahraga.

“Untuk itu saya berharap mudah-mudah FORMI tidak akan kering terhadap inovasi-inovasi didalam memasyarakatkan olahraga. Kalau masyarakat itu sudah cinta olahraga dan olahraga sudah menjadi kebutuhan maka kalau menurut saya masyarakat nantinya akan lebih efisien didalam masalah kesehatan. Bayangkan kalau masyarakat ini sehat maka yang sakit jumlahnya sedikit,” ujarnya.

Nur Achmad menginginkan masyarakat Sidoarjo gemar berolahraga dan sehat, sebab kesehatan masyarakat yang meningkat ini menjadi salah satu parameter keberhasilan pemerintah.

“Apa yang dilakukan FORMI seiring dan betul-betul sinergi dengan program-program nasional ataupun program-program daerah yang mana menempatkan kesehatan ini pada prioritas utama setelah pendidikan,” lanjutnya.

Pria yang akrab disapa Cak Nur ini berpesan agar masyarakat gemar berolahraga dengan diikuti hati yang senang dan bahagia agar hasilnya maksimal, serta mendapatkan nilai pofitif terhadap diri masing-masing.

Acara yang digelar di Jl. Raya Masangan Wetan Sukodono atau jalan raya depan Kantor Kecamatan Gedangan juga disambut baik oleh Camat Gedangan Drs. Agus Sujoko, MAP. Agus  mengapreasiasi kegiatan yang digagas FORMI Kab. Sidoarjo.

“Sangat baik dan bagus sekali karena ini untuk masyarakat berolahraga, perlu rekreasi, sekaligus masyarakat dihibur dengan olahraga dan hiburan-hiburan rakyat, juga sajian UMKM yang ada di Kecamatan Gedangan. Disamping itu ekonomi masyarakat Insya Allah ada tambahan,” kata Agus.

Agus mengatakan Kecamatan Gedangan memiliki komunitas yang aktif berolahraga dan berkesenian tradisional, seperti musik patrol. “Patrol di masing-masing sekolahan Insya Allah ada, disamping sekolahan masyarakat RT/RW, apalagi waktu kegiatan seperti ini mereka muncul, mereka tampil tidak apa apa, bagus, untuk mengembangkan kreativitas anak-anak, juga menghibur masyarakat. Para lansianya juga aktif bahkan rutin senam, setiap Jumat keliling, di tiap desa mereka datang,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Kampung Olahraga Rekreasi Desa Ganting Drs. H. Sayuti Rofianto, M.Si., menuturkan FORMI memilih Desa Ganting karena desa ini memiliki komunitas olahraga rekreasi yaitu Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (PORPI) yang sudah menjamur ditingkat RT/RW. Selain PORPI, juga ada komunitas senam lansia, Ling Tien Kung, dan kesenian patrol.

 “Langkah selanjutnya olahraga tradisional akan kita kembangkan, nanti tentunya semua (olahraga rekreasi dan tradisional) yang ada dan berkembang akan kita rangkul,” kata Sayuti.

Pria yang juga Ketua PORPI Cabang Sidoarjo ini tidak menampik akan menemui kesulitan dalam menggerakan masyarakat untuk berolahraga.

“Segalanya tidak lepas dengan satu masalah terkait dengan masalah bagaimana menggerakkan masyarakat. Tentunya menyadarkan bahwa pentingnya berolahraga, dengan berolahraga akan menunjang kesehatan, kami akan memberikan motivasi kesadaran dengan berbagai macam cara,” pungkas Sayuti. (aws/rr)

Keteragan foto utama : Wabup Sidoarjo (tiga kanan) usai meresmikan kampung olahraga rekreasi bersama Ketua Umum FORMI Kab. Sidoarjo (lima kanan)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Gubenur Jatim Lepas Kontingen KORMI Jatim Pada FORNAS VI Sumsel Tahun 2022

Kegiatan

KORMI Kab. Sidoarjo Dorong Kabupaten/Kota Bentuk KORMI

Kegiatan

Perpatri Sidoarjo Kompak Berlatih Ketangkasan dan Merawat Budaya

Kegiatan

Musda KOSTI Sidoarjo, Beny Anwar Raup Suara Tertinggi Pemilihan Ketua

Kegiatan

Senam Tera Indonesia “Delta Pertiwi” Kab. Sidoarjo Mengembangkan Organisasi di Pondok Sedati Asri

Kegiatan

Senam Bersama ATTI Jatim MG. Hadi Sutjipto Ajak Masyarakat Raih Indonesia Bugar 2045

Kegiatan

DPW ILDI Kab. Sidoarjo Ungkapkan Rasa Syukur pada Peringatan HUT Ke-1

Kegiatan

HUT Ke-3 DPW ILDI Sidoarjo, Hadi Sutjipto Berpesan Jaga Kekompakan