Home / Kegiatan

Sunday, 27 June 2021 - 10:06 WIB

Hadapi FORDA dan FORNAS FORMI Kab. Sidoarjo Siapkan Atlet Egrang

Peserta lomba egrang mengikuti babak penyisihan 1

Peserta lomba egrang mengikuti babak penyisihan 1

Menghadapi FORDA dan FORNAS yang akan datang FORMI Kab Sidoarjo membuka seleksi atlet olahraga tradisional egrang. Seleksi atlet dikemas dalam bentuk Lomba Egrang antar FORMI Kecamatan se-Kab. Sidoarjo bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) dan HUT Ke-20 FORMI Kab. Sidoarjo.

Berlangsung di halaman kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kab. Sidoarjo, Selasa (8/9/2020), lomba egrang diikuti delegasi dari FORMI Kecamatan se-Sidoarjo. “Atlet egrang kita siapkan. Yang kita siapkan adalah yang menang untuk diikutkan ke FORDA dan FORNAS,” kata Ketua Umum FORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M.

Pada babak penyisihan, peserta mengikuti tahapan seleksi secara bergantian. Tidak sedikit peserta yang terjatuh diawal penyisihan. Namun banyak pula peserta yang sukses menyentuh garis finish tanpa kendala. Peserta yang berhasil masuk ke garis finish harus bertarung kembali dibabak final.

Moh. DIki Adiatmo (kiri) mendahului rivalnya hingga berhasil menjadi juara pertama lomba egrang pada sesi final

Meski lomba dihelat pada masa pandemi covid19 tapi pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan. Hadi Sutjipto menjelaskan lomba egrang dipilih karena permainan ini tidak berkelompok dan harus dilakukan berjarak antar pemain. Organisasi yang dipimpinnya ini juga mengatur jumlah orang yang hadir dengan membatasi jumlah penonton atau supporter.

“Kita hindari kegiatan yang mengundang massa maka yang kita adakan olahraga yang tidak mengundang massa sehingga kita tetap membantu pemerintah secara ketat melaksanakan olahraga dengan protokol kesehatan,” kata mantan Wakil Bupati Sidoarjo ini.

Baca juga  HUT Ke-2 DPW ILDI Kab. Sidoarjo, Kebersamaan Anggota Hidupkan dan Majukan Organisasi

Usai diselengarakannya lomba pagi itu, pria yang akrab disapa Pak Cip berpesan supaya masyarakat tetap menggemari olahraga namun harus melaksanakan protokol kesehatan.

“Jangan sampai olahraga itu menjadi berbahaya. Tetap jaga protokol kesehatan meski massanya banyak dan jaga jarak,” pungkas Pak Cip.

Ketua Umum FORMI Kab. Sidoarjo menyerahkan tropi juara 1 lomba egrang

Proses lomba yang berjalan sekitar 1,5 jam ini dimenangkan FORMI Kecamatan Porong yang diwakilkan atletnya Moh. Dicky Adiatmo. Ditemui setelah menerima trofi juara 1 Dicky tidak bisa menyembunyikan rasa senangnya. Hasil latihan yang rutin dilakukannya berbuah manis.

Siswa kelas 3 SMK Al Fudhola Sidoarjo ini sebelumnya pernah mengikuti lomba egrang pada ajang Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) V Tahun 2019 di Samarinda namun kalah. Kekalahan itu rupanya tidak menciutkan tekad Dicky untuk kembali berusaha memenangkan lomba egrang. Apalagi remaja ini lebih menyukai permainan egrang ketimbang permainan lainnya. “Memang saya senang main egrang daripada (permainan) yang lain,” singkat Dicky.

Pemenang lomba egrang (baris belakang) bersama pengurus FORMI Kab. Sidoarjo

Selain Dicky, predikat juara juga diraih delegasi dari kecamatan lain. Fatah dari FORMI Kecamatan Taman meraih juara 2, Topan dari FORMI Kecamatan Tarik meraih juara 3. Sedang juara harapan 1 diraih Widodo dari FORMI Kecamatan Waru, juara harapan 2 diraih Muslimin dari FORMI Kecamatan Wonoayu, juara harapan 3 diraih Deden FORMI Kecamatan Prambon, juara harapan 4 diraih Faqih dari FORMI Kecamatan Waru dan juara harapan 5 diraih Riyan dari FORMI Kecamatan Sukodono. (aws/rr)

Keterangan foto utama :

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Komunitas Nimas Putri Sabdojati Lakukan Baksos untuk Masyarakat Kurang Mampu di Kab. Pacitan

Kegiatan

Warga Aktif Berolahraga, Desa Kepuh Kemiri Dikukuhkan Sebagai Kampung Olahraga Rekreasi

Kegiatan

Latihan Kepekaan dan Terapi Satria Nusantara Sidoarjo Mengaktif Energi Positif Tubuh untuk Pengobatan

Kegiatan

Bertabur Kegembiraan Pada Puncak Perayaan HUT Ke-22 KORMI Sidoarjo

Kegiatan

HUT Ke-1 DPC Perwatusi Sidoarjo, Makin Dekat dengan Masyarakat Sidoarjo

Kegiatan

Gowes Bareng Peringati HUT Ke-12 IPSS

Kegiatan

Ketua KORMI Nasional Hayono Isman Semangati Laskar Jenggolo

Kegiatan

KORMI Kab. Sidoarjo Raih 50 Medali FORDA I Jatim, Ini Rincian Perolehannya