Home / Kegiatan

Monday, 11 December 2023 - 10:16 WIB

HUT Ke-13 IPSS Ajak Anggota Melestarikan Budaya dan Wisata Sidoarjo

Karnowo (kanan) bersiap gowes dari depan halaman Museum Mpu Tantular bersama anggota IPSS dan klub sepeda di Sidoarjo.

Karnowo (kanan) bersiap gowes dari depan halaman Museum Mpu Tantular bersama anggota IPSS dan klub sepeda di Sidoarjo.

Melestarikan budaya dan wisata di Sidoarjo diusung Ikatan Pencinta Sepeda Sidoarjo (IPSS) pada ulang tahunnya yang ke-13. IPSS mengajak anggota dan komunitas-komunitas pesepeda di Sidoarjo untuk ikut mengkampanyekan pelestarian budaya dan wisata.

Karnowo, Ketua IPSS, mengatakan komunitasnya tidak pernah lepas dari agenda gowes mengunjungi lokasi wisata dan budaya. “Mengunjungi situs kuno yang ada di Sidoarjo. Kita kunjungi contohnya ke Sidoarjo sampai ke Candi Pari, Candi Negoro, sampai situs di Bangil. Kita kunjungi situs-situs seperti itu,” kata Karnowo saat ditemui sebelum pemberangkatan Gowes Melestarikan Warisan Budaya dan Wisata Sidoarjo dititik start di halaman Museum Mpu Tantular Sidoarjo, Minggu (10/12/2023) pagi.

Dari semangat gowes dan mengunjungi lokasi wisata bersejarah IPSS membangun silaturahmi dengan sesama penggowes.

Ketua IPSS Karnowo (kanan) dan Sekretaris Umum KORMI Kab. Sidoarjo Suwignyo saat memberikan sambutan pelepasan gowes anniversary ke-13 IPSS.

“Rata-rata pesepeda itu yang dikunjungi dari klub lain ketemunya di lokasi pariwisata, budaya, di gunung, akhirnya berwisata. Sambil bersepeda kita berwisata dan ketemu di situ,” ujar Karnowo yang menambahkan dalam satu bulan IPSS pasti gowes ke lokasi wisata atau situs bersejarah.

Dalam Anniversary Ke-13 ini IPSS bersepeda menuju lokasi wisata Yussar Fishing and Playground, Kalidawir, Kec. Tanggulangin, Sidoarjo. IPSS bersepeda bersama sekitar 60 anggotanya dan perwakilan dari komunitas/klub sepeda lain seperti Sepeda lipat sidoarjo (Selisi), Komunitas Polygon Xtrada Indonesia (KPXI), Sahabat Gowes Nusantata (SGN), Gowes Sehat Bergembira (GSB), dll.

Rute gowes dimulai dari halaman Mpu Tantular, ke Tramsmart Sidoarjo – Jl. Mayjen Sungkono – Jl. Sultan Agung – Jl. Ahmad Yani – Jl. Gajah Mada – Jl. Mojopahit – Jl. Raya Candi – Jl. Raya Tanggulangin – Jl Desa Kalitengah dan finish di Yussar Fishing.

Di lokasi tujuan diadakan panggung hiburan, pembagian doorprize. Acara dihadiri Ketua Umum KORMI Jawa Timur Dr. H. Hudiyono, M.Si.

Pesepeda berangkat dari titik start di depan Museum Mpu Tantular Sidoarjo.

Lebih lanjut, Karnowo berharap diusia baru IPSS harapan menjadikan Sidoarjo Sebagai Kota Gowes bisa terwujud.

“Semboyan kita kepengin mewujudkan angan-angan IPSS, Sidoarjo Sebagai Kota Gowes. itu yang kita angan-angankan sejak dulu yang mana waktu itu pemerintah kabupaten tidak mendukung kita minta jalan untuk sepeda saja sampai sekarangpun belum ada, hanya Jalan Diponegoro aja yang ada sedikit itupun untuk parkir mobil,” harapnya.

Dia menambahkan, IPSS akan menghimpun komunitas/klub pesepeda di Sidoarjo yang belum bergabung dengan KORMI Kabupaten Sidoarjo untuk masuk kedalam IPSS, tetap dengan nama klubnya masing-masing.

“Kita masukan ke KORMI dan menjadi binaan KORMI dan IPSS,” kata Karnowo. Rencananya kegiatan pengukuhan akan dilaksanakan pada Januari 2024.

Sementara, Sekretaris Umum KORMI Kabupaten Sidoarjo Suwignyo, yang hadir mewakili Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., di lokasi start acara, menyambut baik kegiatan Anniversary Ke-13 IPSS.

“Kami dari KORMI Sidoarjo rmenyambut baik kegiatan yang dilaksanakan IPSS Sidoarjo dimana gowes sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat, IPSS maupun komunitas yang ada di Sidoarjo untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan bugar,” kata Suwignyo.

Suasana acara di Yussar Fishing and Playgound yang dihadiri Ketua Umum KORMI Jawa Timur H. Hudiyono (foto tengah).

Suwignyo mewakili pengurus KORMI Kabupaten Sidoarjo Gowes menyampaikan ucapan selamat kepada ketua, pengurus, dan keluarga besar IPSS Sidoarjo. Ia berharap IPSS semakin besar, anggotanya bertambah dan lebih meningkatkan kegiatannya.

Mengenai berhimpunnya komunitas/klub sepeda ke IPSS, Suwignyo mengatakan KORMI Kabupaten Sidoarjo akan membantu dan memfasilitasi. Sehingga IPSS bersama komunitas sepeda lainnya akan bertambah besar di Sidoarjo membantu pemerintah dan mengajak masyarakat Sidoarjo sehat dan bugar. (aws/rr)

 

Share :

Baca Juga

Kegiatan

KORMI Kab. Sidoarjo Meriahkan Peluncuran Senam Sidoarjo Bugar Bersama Disporapar Sidoarjo

Kegiatan

YJI Cab. Sidoarjo Halalbihalal Dan Berbagi Ilmu Kesehatan Pada Peringatan Hari Hipertensi Sedunia

Kegiatan

Asosiasi Yoga Sidoarjo Baru Dikukuhkan Langsung Diminati Warga Sidoarjo

Kegiatan

IPSS Gowes DDKD Dan Anjangsana Eratkan Hubungan Antar Anggota

Kegiatan

STI Delta Pertiwi Pengcab Sidoarjo, Segarkan Pikiran, Olahraga di Surabaya dan Jalan-jalan ke Madura

Kegiatan

Bertabur Kegembiraan Pada Puncak Perayaan HUT Ke-22 KORMI Sidoarjo

Kegiatan

Komunitas Minitrek Minion Sidoarjo Bersatu Resmi Gabung dengan KORMI Kab. Sidoarjo

Kegiatan

Komunitas Yoga Kita Sidoarjo