Home / Kegiatan

Monday, 27 June 2022 - 13:36 WIB

Lepas Kontingen KORMI ke FORNAS VI, Pemkab Sidoarjo Berikan Dukungan

Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo MG. Hadi Sutjipto (kiri) dan Wabup Sidoarjo Subandi (kiri) bersama perwakilan pegiat olahraga KORMI Kab. Sidoarjo yang akan berangkat ke FORNAS VI Sumatera Selatan

Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo MG. Hadi Sutjipto (kiri) dan Wabup Sidoarjo Subandi (kiri) bersama perwakilan pegiat olahraga KORMI Kab. Sidoarjo yang akan berangkat ke FORNAS VI Sumatera Selatan

Empat hari lagi perhelatan akbar Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORNAS) VI 2021 Tahun 2022 di Palembang, Sumatera Selatan akan dimulai, 1 – 7 Juli 2022. KORMI Kab. Sidoarjo yang menjadi bagian dalam kontingen Provinsi Jawa Timur telah siap untuk berlaga.

Senin (27/6/2022), pegiat olahraga, ofisial, yang akan berangkat menuju FORNAS VI sebanyak 166 pegiat olahraga (atlet) dilepas Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi, S.H., di Pendopo Delta Wibawa.

Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., mengatakan timnya telah siap berangkat menuju FORNAS VI. Pria yang akrab disapa Tjipto ini menarget juara kontingen KORMI Kab. Sidoarjo minimal sama seperti perolehan medali pada ajang FORNAS V di Samarinda, Kalimatan Timur.

Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto menyampaikan laporan kontingen

“FORNAS ke-V, 40 medali emas, perak, dan perunggu kami bawa pulang ke Sidoarjo, tahun ini minimal seperti itu. Apalagi tahun ini kami banyak menambah jenis olahraga. Seperti KOSTI di Samarinda hanya 1 perorangan, tapi kali ini disamping lomba perorangan juga ada beregu, balap sepeda tua putra dan putri, dan lain-lain. Ada juga panahan tradisional. Waktu di Samarinda (FORNAS V), panahan tradisional belum kami berangkatkan. Tapi kali ini ada 17 atlet yang berangkat,” kata Tjipto.

Dia berharap KORMI Kab. Sidoarjo bisa menambah jumlah medali. Tekad kontingen KORMI Kab. Sidoarjo untuk bertanding dan meraih medali seiring dengan semangatnya untuk berangkat ke Palembang meski menggunakan dana swadaya dan minimnya bantuan anggaran.

“Memang untuk tahun ini anggaran yang dialokasikan untuk FORNAS VI Palembang itu kecil dan kami sampaikan kepada semua cabang olahraga kami prioritas di Palembang ini yang berangkat di Samarinda mendapat medali, yang lainnya belum bisa berangkat karena terbatasnya anggaran. Tapi mereka semangatnya luar biasa, 60 persen siap biaya sendiri. Ada yang naik pesawat, ada yang naik bus,” ungkap Tjipto.

Prosesi pelepasan kontingen dipimpin Wabup Sidoarjo H. Subandi

Tjipto menyebut  KOSTI Sidoarjo sebanyak 30 orang siap naik bus, sedangkan 5 orang yang tergabung dalam Laskar Jenggolo telah ngontel dari Sidoarjo menuju Palembang. Begitu juga kontingen panahan tradisional yang menggunakan bus.

“Kebetulan salah satu Wakil Ketua (KORMI Kab. Sidoarjo) Bapak H. Su’udi punya bus, sudah pakai, dibantu Bank Jatim juga. Jadi 2 bus, yang lainnya naik pesawat,” ujar Wakil Bupati Sidoarjo periode 2010-2015 ini.

Wabup Subandi secara simbolis mengenakan jaket kontingen KORMI

Ketua, wakil ketua, pengurus KORMI Kab. Sidoarjo, lanjut Tjipto, yang berangkat ke Palembang menggunakan biaya sendiri. Termasuk salah satu Wakil Ketua KORMI Kab. Sidoarjo yang berprofesi sebagai pengusaha, Untung Suhardjo, menjadi ketua kontingen yang akan mendampingi kontingen Sidoarjo selama pelaksanaan FORNAS VI. Semua anggaran diprioritaskan untuk atlet.

“Ini untuk menyikapi keterbatasan anggaran,” ujarnya. “Alhamdulillah gotong royongnya luar biasa. Di KORMI ini dikembangkan gotong royong, kita tidak fokus pada dana APBD, kita juga berupaya berusaha berangkat sendiri, dan ternyata luar biasa, 60 persen biaya sendiri, 40 persen APBD,” tambah Tjipto.

Sementara itu, Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi, S.H., mengapresiasi semangat  KORMI Kab. Sidoarjo berangkat ke FORNAS VI, dan membawa nama harum Kabupaten Sidoarjo.

“Insya Allah dan saya yakin tidak mengurang rasa semangat warga Sidoarjo, tidak mengurangi semangat para atlet, tidak mengurangi semangatnya pengurus, dengan hanya bantuan 40 persen, yang 60 persen adalah mandiri, kita berikhtiar. Atas nama pemerintah daerah kita memberikan support dan semangat, mudah-mudahan nanti Insya allah apabila KORMI ini atlet-atlet yang juara saya yakin pemerintah daerah tidak tutup mata, saya yakin itu,” ujar Subandi.

Kontingen KORMI Kab. Sidoarjo

“Sementara karena seperti ini dan adanya pandemi covid19, tidak mengurangi rasa hormat terutama pengurus KORMI Kab. Sidoarjo, saya yakin terus kita berbenah, terus kita support, mudah-mudahan tahun depan KORMI ini dibantu,” tambahnya.

Subandi melihat semangat Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo yang terus berjuang untuk anggotanya. “Pak Hadi Sutjipto dan pengurus yang lain dengan anggaran yang ada 40 persen mampu memberangkatkan kurang lebih 166 atlet. Kita hitung saja satu tiketnya berapa, belum hotelnya, kalau ini tidak bentuk ikhtiar dan semua ini tidak mungkin atlet ini berangkat ke Palembang,” kata Subandi.

Subandi berharap atlet KORMI Kab. Sidoarjo tetap sehat, selamat dan pulang ke Sidoarjo membawa medali. (aws/rr)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Hari Jadi Ke-163 Tahun Kabupaten Sidoarjo, Hadi Sutjipto : KORMI Siap Membantu Suksesnya Pemerintahan Dibidang Olahraga

Kegiatan

Gubernur Khofifah Lepas Kontingen KORMI Jatim ke FORNAS VII Jabar

Kegiatan

Guyubkan Anggota, BPKJ Kab. Sidoarjo Berwisata ke Waduk Karangkates

Kegiatan

HUT Ke-3 DPW ILDI Sidoarjo, Hadi Sutjipto Berpesan Jaga Kekompakan

Kegiatan

Warga Kampung Olahraga Masyarakat Kelurahan Magersari Semangat Obah Bareng Senam Ceria

Kegiatan

Inovasi Kampung Olahraga Masyarakat Berdampak Positif, Hayono Isman: KORMI Sidoarjo Terbaik Se-Indonesia

Kegiatan

Komunitas Yoga Kita Sidoarjo

Kegiatan

Rakerda FORMI Kab. Sidoarjo Tahun 2020