Home / Kegiatan

Saturday, 17 December 2022 - 23:00 WIB

Pembinaan Kampung Olahraga Masyarakat Se-Kab. Sidoarjo, Hadi Sutjipto Ajak Bergerak Bersama Masyarakat untuk Berolahraga

KORMI Kabupaten Sidoarjo melakukan pembinaan terhadap Kampung Olahraga Masyarakat (KOM) Se-Kabupaten Sidoarjo. Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., dalam sambutannya dihadapan ketua dan pengurus KOM Se-Kab. Sidoarjo, pengurus KORMI Kab. Sidoarjo, Sabtu (17/12/2022) pagi, di Balai Kelurahan Magersari, menjelaskan secara singkat sejarah lahirnya KORMI, keberadaan olahraga masyarakat yang diatur dalam Undang-Undang No. 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dan Perpres No. 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional.

Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., memberikan sambutan dan pengarahan kepada KOM se-Kab. Sidoarjo

Tjipto meminta Kampung Olahraga Rekreasi yang kini bernama Kampung Olahraga Masyarakat mengajak masyarakat untuk berolahraga agar cita-cita Indonesia Bugar 2045 dapat tercapai.

“Intinya kita bergerak di olahraga masyarakat nawaitu (niat) kita baik, kita berkegiatan sosial mengajak masyarakat, disamping kita sendiri,” ujar Tjipto. Lanjutnya, dia meminta agar ibu-ibu mengajak bapak-bapak dan anak-anaknya berolahraga. “Syukur-syukur kampung olahraga masyarakat sebulan atau seminggu sekali ada ajang olahraga bersama. Itu yang kita harapkan agar olahraga masyarakat bisa tumbuh,” Imbuh Tjipto.

Tjipto menyebut keberhasilan Indeks Pembangunan Manusia di Sidoarjo. Angka Harapan Hidup (AHH) masyarakat diatas rata-rata nasional yaitu 74 tahun. Usianya naik dibanding 5 tahun yang lalu diangka 70 tahun. Salah satu keberhasilan ini diraih karena KOM ikut menggerakkan masyarakat untuk berolahraga riang sambil tersenyum dan tidak ngotot seperti olahraga prestasi.

KORMI Kab. Sidoarjo bahkan menjadi pemenang pertama pada Lomba Jatim Seneng Gerak (Jatim Seger) tingkat provinsi Jatim yang dicanangkan Gubernur Jawa Timur Khofifah. Pada lomba yang pertama kali digelar melalui KORMI Jatim tahun 2020 itu KORMI Kab. Sidoarjo mengirimkan lebih dari 100 video kegiatan olahraga yang dilakukan masyarakat, pegiat olahraga dan cabor se-Kab. Sidoarjo. Tjipto kemudian berharap lomba ini bisa kembali diadakan KORMI Jatim.

Sejalan dengan yang sampaikan Tjipto. Penggerak Olahraga Masyarakat (POM) Jatim melalui relawannya memaparkan data hasil capaian kinerjanya secara ringkas hari itu. Salah satunya, per tanggal 27 November 2022 hingga hari ini Sidoarjo berada diposisi pertama berdasarkan tingkat partisipasi kegiatan Sidoarjo. Disusul diposisi kedua Pacitan dan ketiga Banyuwangi.

Delvya Intan Kusumawardhani, Ketua Koordinator Bakorwil III Malang POM Jatim memberikan paparan tentang POM

Dijelaskan Delvya Intan Kusumawardhani, S.Or., Ketua Koordinator Bakorwil III Malang POM Jatim penilaian tingkat partisipasi kegiatan diantaranya partisipasi masyarakat, prestasi, dan kegiatan olahraga yang aktif.

Sementara itu, Wakil Ketua KOM Kelurahan Magersari H. Subandi, S.Sos., M.Si., yang lokasi KOMnya menjadi tuan rumah acara menyambut baik kegiatan KORMI dan KOM Se-Kab. Sidoarjo.

Wakil Ketua KOM Kelurahan Magersari H. Subandi, S.Sos., M.Si., (3 kanan)

“Pada prinsipnya saya mengapresiasi kepada KORMI punya pemikiran, merencanakan kedepan bahwa kampung olahraga masyarakat tetap eksis dengan cara bersilaturahmi apalagi kalau yang dikunjungi tidak hanya Magersari, rencananya kampung olahraga lain. KORMI punya pemikiran positif didukung kampung olahraga masyarakat Insya Allah nggak sampai tahun 2045 Insya Allah di Sidoarjo sudah sehat segar,” ujar Subandi. Dia menambahkan dana kegiatan masih menjadi persoalan. Tidak hanya pembangunan fisik yang didanai tapi juga pembangunan manusia perlu dibiayai.

Selain itu, mengenai rencana kegiatan KOM peraih juara 1 Lomba Kampung Olahraga Masyarakat Se-Kab. Sidoarjo ini akan mengajak seluruh elemen masyarakat berolahraga bersama dan menggerakan perekonomian warga melalui bazar UMKM. (mg-naa/mg-laa/aws/rr)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Pelantikan DPW ILDI Cab. Sidoarjo Masfufah: Kami Lebih Bersemangat dan Mengekspresikan Diri

Kegiatan

Trisula, S.H., M.M., Hadirkan Energi Baru untuk Satria Nusantara Sidoarjo

Kegiatan

Gowes Bareng Ke Alas Prambon, Selisi Terapkan Safety Riding dan Prokes

Kegiatan

Anniversary Ke-11, Street Drum Sidoarjo Ingin Memasyarakatkan Drum Edutainment

Kegiatan

STI Delta Pertiwi Pengcab Sidoarjo, Segarkan Pikiran, Olahraga di Surabaya dan Jalan-jalan ke Madura

Kegiatan

Juara Umum, Yayasan Asma Indonesia Sidoarjo Sapu Bersih Medali Emas YAI FORNAS VII Jabar

Kegiatan

Lomba Terompah Panjang Mengompakkan Klub Binaan FORMI Kab. Sidoarjo

Kegiatan

Hadi Sutjipto Harapkan Klub Senam Asma Sidoarjo Kembangkan Sasana Baru