Home / Kegiatan

Wednesday, 18 October 2023 - 11:48 WIB

Tingkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Anggota Pentingnya Pencegahan Penyakit Jantung, YJI Sidoarjo Gelar Seminar

Wakil Ketua II KORMI Kabupaten Sidoarjo Untung Suhardjo (kanan) usai mendampingi pemotongan kue HUT YJI bersama (kiri-kanan) Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RSUD Sidoarjo dr. Hairudi Sugijo, Sp.JP, narasumber seminar dr. Tjatur Prijambodo, M.Kes., Pj. Sekdakab Sidoarjo Andjar Surjadianto, Ketua YJI Sidoarjo dr. Sriatun, Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo Fenny Apridawati, dan pengurus YJI Cabang Utama Jatim Murjoko.

Wakil Ketua II KORMI Kabupaten Sidoarjo Untung Suhardjo (kanan) usai mendampingi pemotongan kue HUT YJI bersama (kiri-kanan) Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RSUD Sidoarjo dr. Hairudi Sugijo, Sp.JP, narasumber seminar dr. Tjatur Prijambodo, M.Kes., Pj. Sekdakab Sidoarjo Andjar Surjadianto, Ketua YJI Sidoarjo dr. Sriatun, Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo Fenny Apridawati, dan pengurus YJI Cabang Utama Jatim Murjoko.

Memberikan edukasi kesehatan bagi anggota dan pengurus Yayasan Jantung Indonesia sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyakit jantung dilakukan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Sidoarjo, Selasa (17/10/2023) di Pendopo Delta Wibawa belakang.

Melalui kegiatan seminar kesehatan dalam rangka Hari Jantung Sedunia dan HUT Ke-41 YJI Tahun 2023 bertema “We Heart, Know Heart”, YJI Cabang Sidoarjo meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anggota dan pengurusnya tentang pentingnya upaya pencegahan dan pengendalian penyakit jantung dengan menerapkan perilaku CERDIK dan PATUH. CERDIK bagi yang sehat dan PATUH bagi penyandang penyakit jantung dan PTM lainnya.

Perilaku CERDIK sebagai upaya pencegahan penyakit jantung meliputi: (C) Cek kesehatan secara teratur, (E) enyahkan asap rokok, (R) rajin berolahraga, (D) diet yang seimbang, (I) istirahat yang cukup, dan (K) kelola stres dengan baik. Sedangkan perilaku PATUH sebagai upaya pengendalian penyakit jantung meliputi: (P) periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter, (A) atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur, (T) tetap diet dengan gizi seimbang, (U) upayakan aktivitas fisik dengan aman, dan (H) hindari asap rokok, alkohol dan zat karsinogenik.

Para undangan menghadiri kegiatan YJI Cabang Sidoarjo

Acara dihadiri Pj. Sekda Kab. Sidoarjo Andjar Surjadianto, S.Sos., CGCAE, pengurus YJI Cabang Utama Jatim, Ketua YJI Cab. Sidoarjo dr. Hj. Sriatun, Wakil Ketua II KORMI Kab. Sidoarjo Untung Suhardjo, S.E., beserta pengurus KORMI, Klub Jantung Sehat (KJS), Klub Jantung Remaja (KJR) Kab. Sidoarjo, dan undangan lainnya. Bertindak sebagai narasumber seminar Direktur RS Siti Aisyiah Fatimah Tulangan, dr. Tjatur Prijambodo, M.Kes.

Terkait kegiatan pagi itu, Murjoko, pengurus Bidang Preventif YJI Cabang Utama Jatim yang hadir mewakili ketua YJI Jatim mengatakan, “Sosialisasi mengenai kesehatan jantung di Kabupaten Sidoarjo supaya disosialiasikan lebih luas lagi sesuai dengan yang kita punya yaitu Panca Usaha Jantung Sehat. Kita hanya melihat itu saja bisa menjelaskan kepada Klub Jantung Sehat maupun Klub Jantung Remaja di seluruh Kabupaten Sidoarjo. Mudah-mudahan juga Yayasan Jantung Indonesia Cabang Sidoarjo lebih luas jajarannya, lebih mantab, sukses dan bisa menjadi contoh di Provinsi Jatim.”

Sementara itu, Pj. Sekda Kab. Sidoarjo Andjar Surjadianto dalam sambutannya menyampaikan tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), visi, misi, kebijakan DBON yang salah satunya meningkatkan partisipasi aktif berolahraga dan tingkat kebugaran jasmani masyarakat dan peserta didik, serta strategi penyelenggaran DBON.

Ketua YJI Cabang Sidoarjo dr. Hj. Sriatun menyerahkan piala pemenang lomba didampingi Pj Sekda Kab. Sidoarjo Andjar Surjadianto (kiri)

“Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sebagaimana dalam visi misinya yaitu terwujudnya Kabupaten Sidoarjo yang sejahtera, maju berkarakter dan berkelanjutan khususnya pada misi ke-4 yaitu Membangun Sumber Daya Manusia Unggul dan Berkarakter Melalui Peningkatan Akses Pelayanan Bidang Pendidikan, Kesehatan serta Kebutuhan Dasar Lainnya, akan berupaya memasyarakatkan olahraga yang pertama yakni membangun mindset tentang pentingnya aktifitas fisik yang teratur dan terukur bagi kesehatan individual yang pada akhirnya akan berdampak pada ketahanan pembangunan nasional,” ujar Andjar.

Untuk mengatasi masalah tersebut, lanjut Andjar, penting dilakukan penguatan pada layanan dasar di masyarakat melalui edukasi olahraga yang baik dan benar, pencegahan primer dan sekunder melalui pemberdayaan kelompok olahraga di masyarakat, dan meningkatkan kapasitas serta kapabilitas sumber daya dan sarana prasarana layanan baik ditatanan masyarakat, fasilitas kesehatan juga fasilitas layanan pasca kejadian penyakit.

Dia mengajak semua untuk saling bergandengan dan saling mendukung satu dengan yang lainnya.

Dokter Sriatun yang menjadi moderator seminar hari itu, menyapa anggota YJI dengan memberikan motivasi agar menjaga kesehatan jantung. “Harapannya penyakit jantung yang diderita oleh warga Sidoarjo bisa berkurang agar membantu Dinas Kesehatan di Kabupaten Sidoarjo, membantu dari APBD daerah, karena kalau tidak salah di tahun 2021 itu kasusnya luar biasa sehingga APBD daerah itu luar biasa yang harus dikucurkan untuk beberapa penderita penyakit jantung dan penyakit sebagainya sehingga harapannya kita ini nanti dengan mengikuti seminar ini mudah-mudahan kita dapat ilmu pencegahan bagaimana supaya kita tidak kena penyakit jantung, dan mungkin ada yang terkena penyakit jantung mudah-mudahan nanti bisa dikendalikan dengan trik-trik yang disampaikan narasumber,” ujar istri Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi, S.H.

Selain seminar, acara ini diisi dengan penampilan enerjik pegiat KJS membawakan Senam Hip Heart, pemberian hadiah pemenang Lomba Senam Jantung Sehat Remaja dan Lomba Senam Lansia Jantung Sehat, dan pemotongan kue HUT Ke-41 YJI. (Rere Nia, foto: Achmad)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

BPKJ Berubah Menjadi Yayasan Jantung Indonesia, Sriatun Subandi Dikukuhkan Sebagai Ketua YJI Cabang Sidoarjo

Kegiatan

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Kab. Sidoarjo

Kegiatan

Bersepeda Agak Jauh, Selisi Berolahraga Sekaligus Refreshing

Kegiatan

KORMI Sidoarjo Berpartisipasi Ikuti Sosialisasi Pemberantasan Rokok Ilegal

Kegiatan

Pengurus Kampung Olahraga Rekreasi Kunjungi Kelurahan Tambak Kemerakan, Lihat Langsung Kegiatan Olahraga Rekreasi Masyarakat

Kegiatan

HUT Ke-13 APPSI Sidoarjo Rekreasi Bersama Rayakan Ultah

Kegiatan

KORMI Kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo Dikukuhkan, Hadi Sutjipto Ajak Bergerak Bersama

Kegiatan

DPC Perwatusi Sidoarjo Latih Nakes Senam Pencegahan Osteoporosis