Home / Kegiatan

Thursday, 24 June 2021 - 12:01 WIB

Tonjolkan Kekhasan Sidoarjo FORMI Sidoarjo Kenalkan Senam Lontong Kupang

Senam kreasi lontong kupang untuk pertama kalinya ditampilkan pada peresmian Kampung Olahraga Rekreasi FORMI

Senam kreasi lontong kupang untuk pertama kalinya ditampilkan pada peresmian Kampung Olahraga Rekreasi FORMI

Kekhasan makanan lontong kupang asli Sidoarjo sudah terkenal hingga ke pelosok negeri. Jika berkunjung ke Sidoarjo rasanya belum lengkap kalau belum mencicipi makanan berbahan kupang putih ini. Tersohornya makanan lontong kupang menginspirasi FORMI Kab. Sidoarjo untuk mengemasnya dalam bentuk olahraga senam.

Ketua Umum FORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., mengungkapkan FORMI Kab. Sidoarjo ingin membuat senam yang menggambarkan kekhasan Sidoarjo. “Kita ingin menciptakan ikon senam Sidoarjo,” kata pria yang disapa Pak Cip.

“Kami suatu saat datang ke FORMI Pasuruan ternyata di Pasuruan ada senam khusus FORMI, yang terkenal di Pasuruan itu apa diangkat dalam bentuk senam. Sidoarjo itu terkenal lontong kupang maka kita angkat dalam bentuk senam. Akhirnya Bu Hernanik dan teman-teman ini menciptakan senam lontong kupang. Ini ikon Sidoarjo. Sebelumnya kita sudah punya senam yang namanya Udeng (Udang Bandeng) itu ikon Sidoarjo, lontong kupang ini juga ikon Sidoarjo,” lanjut Pak Cip.

Senam lontong kupang merupakan senam kreasi yang menggabungkan gerakan senam dan tari dengan iringan musik tradisional modern. Gerakan senam lontong kupang diciptakan oleh Ketua Asosiasi Pengajar Pelatih Senam Indonesia (APPSI) Kab. Sidoarjo, Hernanik.  

Hernanik, saat dikonfirmasi terpisah, mengatakan senam lontong kupang menggambarkan kegembiraan dan ajakan untuk melakukan senam. “Ada gerakan mengulek, gerakan minum degan, bikin badan sehat,” kata Hernanik.

Senam berdurasi 5 menit ini dibuat dengan gerakan yang ringan dan mudah agar bisa diikuti semua kalangan usia. “Gerakan ini mudah, saya mengemas memang tidak ada faktor kesulitan, hanya sedikit faktor kesulitan. Jadi saya kemas tarian tradisional Sidoarjo yang bisa ditirukan oleh lansia, anak anak, kaum muda. Untuk kaum muda ada gerakan salsa, gerakan walking.  Jadi saya padukan dari muda sampai tua agar bisa melakukan dan lagunya enjoy,” ujar wanita yang dinobatkan sebagai Tokoh Olahraga oleh Pemkab Sidoarjo ini.

Peserta mengikuti Pelatihan Senam Kreasi Lontong Kupang

Hernanik menjelaskan manfaat senam ini untuk mengembalikan pikiran agar lebih segar serta melatih otot-otot tubuh. “Senamnya, kan, senam gembira untuk pikiran biar fresh, ada gerakan yang melatih otot lengan, gerakan pinggang dan pinggul, otot kaki, gerakan bahu untuk otot bahu, jadi ini untuk seluruh badan,” ujar wanita yang menciptakan senam lontong kupang hanya dalam 2 hari.

Baca juga  STI Sidoarjo Ikuti FORNAS VII, KORMI Genjot Semangat Pegiat Olahraga

Setelah senam ini selesai rampung diciptakan, senam ini disosialisasikan kepada klub/komunitas binaan FORMI Kab. Sidoarjo, FORMI kecamatan se-Kab. Sidoarjo dan masyarakat umum, Sabtu (3/8/2019) di GOR Kab. Sidoarjo.

Sosialisasi dalam bentuk Pelatihan Senam Kreasi Lontong Kupang diikuti 150 peserta. Mereka dilatih oleh instruktur senam APPSI Kab. Sidoarjo dan diharapkan bisa meneruskan ke anggota klub/komunitas atau FORMI di tingkat desa. (rr)

Keterangan foto utama : Senam kreasi lontong kupang untuk pertama kalinya ditampilkan pada peresmian Kampung Olahraga Rekreasi FORMI

Share :

Baca Juga

Kegiatan

KOSTI Sidoarjo Populerkan Sepeda Penny Farthing

Kegiatan

Ikatan Langkah Dansa Indonesia Sidoarjo Hindari Pikun Ikuti Senam Line Dance

Kegiatan

Rider Cilik Beradu Kecepatan di DES Speedfest Pushbike Championship

Kegiatan

Gencar Mengolahragakan Masyarakat, Pengurus KORMI Kecamatan Sukodono Dikukuhkan

Kegiatan

Siap Jalankan Tugas, Pengurus Baru Nimas Putri Sabdojati Dikukuhkan

Kegiatan

Peringatan Hari Osteoporosis Sedunia DPC Perwatusi Sidoarjo Beri Edukasi Kesehatan Tulang

Kegiatan

Gubenur Jatim Lepas Kontingen KORMI Jatim Pada FORNAS VI Sumsel Tahun 2022

Kegiatan

Matangkan Persiapan FORDA I Jatim, KORMI Kab. Sidoarjo Gelar Rakor