Home / Kegiatan

Sunday, 3 December 2023 - 15:22 WIB

Yayasan Asma Indonesia dan Peradi SAI Sidoarjo Bekerja Sama Layani Masyarakat

Ketua YAI Cabang Sidoarjo Siswanto Prawira (tengah) memberikan sambutan acara bersama Sekretaris Umum KORMI Kab. Sidoarjo Suwignyo (kiri) dan Ketua DPC Peradi SAI Sidoarjo Edy Tarigan (kanan).

Ketua YAI Cabang Sidoarjo Siswanto Prawira (tengah) memberikan sambutan acara bersama Sekretaris Umum KORMI Kab. Sidoarjo Suwignyo (kiri) dan Ketua DPC Peradi SAI Sidoarjo Edy Tarigan (kanan).

Yayasan Asma Indonesia (YAI) Cabang Sidoarjo bersama DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Suara Advokat Indonesia (SAI) Sidoarjo Raya membangun kerja sama melayani masyarakat. Kerja sama yang diwadahi oleh KORMI Kabupaten Sidoarjo ini berupa senam bersama, pemeriksaan kesehatan gratis dan konsultasi hukum gratis digelar di halaman Gedung Olahraga GOR Sidoarjo, Minggu (3/12/2023) pagi

Ketua YAI Cabang Sidoarjo Siswanto Prawira, S.H., menjelaskan kerja sama dibidang hukum baru pertama kali dilakukan organisasinya.

“Hari ini kita melakukan kerja sama dengan pihak Peradi. Waktu itu memang mereka mengajak atau mencari suatu kelompok olahraga yang mereka bisa melakukan kerja sama, intinya disitu. Kerja samanya itu baik dibidang hukum, dan pelayanan kesehatan,” kata Siswanto.

Agar kerja sama ini berkelanjutan, kata Siswanto, Ketua DPC Peradi SAI Sidoarjo Raya telah bertemu langsung dengan Ketua Umum KORMI Kabupaten Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., dan disambut dengan baik.

Senam bersama dipandu instruktur dari YAI Cabang Sidoarjo.

“Dengan asma (Yayasan Asma Indonesia) kebetulan asma bergerak dibidang olahraga secara langsung. Mereka (Peradi) pertama kali memang kenal dengan asma, oleh KORMI disarankan untuk melakukan kerja sama dengan inorga atau cabang organisasi yang ada ada di KORMI,” ujar Siswanto yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris I KORMI Kab. Sidoarjo.

Lebih lanjut, Siswanto menambahkan YAI welcome dengan siapa saja sepanjang tidak menyalahi dengan ketentuan yang ada KORMI. YAI bisa bekerja sama dengan baik terkait dengan kegiatan-kegiatan seperti olahraga.

Masyarakat antre di depan meja pemeriksaan kesehatan gratis yang disediakan DPC Peradi SAI Sidoarjo Raya.

Sementara itu, Ketua DPC Peradi SAI Sidoarjo Raya Edy Tarigan atau yang akrab disapa Etar menjelaskan pihaknya sering melakukan kerja sama dengan instansi, organisasi, perusahaan yang berhubungan dengan sosial masyarakat.

Kali ini kerja sama dengan KORMI dan YAI berupa pemeriksaan kesehatan gratis menggandeng Rumah Sakit Umum Surabaya Medical Service. Pihaknya juga memberikan konsultasi hukum gratis bagi masyarakat.

Etar menjelaskan, “Kita di sini menerima konsultasinya dulu, konsultasi selanjutnya kalau memang perkara itu perlu ditangani lebih jauh kita akan tetap tangani lebih jauh, dan kita akan berusaha arahkan ke kantor DPC kami untuk mendapatkan informasi yang lebih valid.”

Etar kemudian menyebutkan alamat Kantor DPC Peradi SAI Sidoarjo Raya yang berada di Ruko Bukit Permata Sukodono, Sidoarjo.

Adanya kerja sama antara organisasi advokat dan olahraga bagi Etar untuk memanusiakan manusia. “Jadi kita ini biar tidak identik pengacara itu harus berbayar mahal, kita tetap membaur pada masyarakat, kita memberikan konsultasi gratis, check up gratis selama masyarakat membutuhkan kita akan datang, kapanpun itu dan dimanapun itu,” ujar Etar.

Dia berharap adanya kegiatan kolaborasi ini masyarakat menjadi melek hukum dan sehat.

Pengurus YAI Cabang Sidoarjo dan DPC Peradi SAI Sidoarjo Raya berfoto bersama.

Sekretaris Umum KORMI Kab. Sidoarjo, Suwignyo, S.H., yang turut hadir pada acara berharap kerja sama positif ini bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berlanjut, bisa mendukung kegiatan Sidoarjo dalam rangka mewujudkan masyarakat sehat dan bugar,” kata Suwignyo.

Dari pantauan di lapangan, masyarakat bersama anggota dan pengurus YAI dan DPC Peradi SAI Sidoarjo Raya saling berbaur. Mereka antusias mengikuti senam asma dan senam aerobik bersama dipandu instruktur YAI. Dimeja pemeriksaan kesehatan tampak barisan antrean masyarakat yang ingin mengecek kondisi tekanan darah dan kadar gula darahnya. Begitu juga masyarakat yang berkonsultasi hukum mendatangi meja konsultasi yang telah disediakan. (Rere Nia, Foto : Achmad S.)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

STI Delta Pertiwi Pengcab Sidoarjo, Segarkan Pikiran, Olahraga di Surabaya dan Jalan-jalan ke Madura

Kegiatan

Rakerda FORMI Kab. Sidoarjo Tahun 2020

Kegiatan

BOOFOS, Latihan Hingga Sharing Trik Bikin Bumerang

Kegiatan

Tingkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Anggota Pentingnya Pencegahan Penyakit Jantung, YJI Sidoarjo Gelar Seminar

Kegiatan

Car Free Day Dibuka Street Drum Sidoarjo Kembali Tampil di Jalan Ahmad Yani

Kegiatan

Dansa Bareng ILDI, Ketum KORMI Sidoarjo Semangati Raih Kemenangan di FORNAS VIII 2025

Kegiatan

Perpatri Sidoarjo Latihan Bersama Anggota Perpatri Se-Jatim

Kegiatan

Anniversary Ke-11, Street Drum Sidoarjo Ingin Memasyarakatkan Drum Edutainment