Home / Kegiatan

Monday, 13 February 2023 - 06:40 WIB

HUT Ke-15 KOSTI, Ontelis Semangat Ngonthel Bareng

Ngontel bareng menjadi agenda kegiatan pada perayaan HUT Ke-15 Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) yang digelar KOSTI Sidoarjo, Minggu (12/2) pagi. Ngontel bareng sekaligus untuk memperingati Hari Jadi Ke-164 Kabupaten Sidoarjo ini berlangsung guyub dan semarak. Ratusan anggota KOSTI dari 20 klub sepeda tua di Sidoarjo datang dan bersilaturahmi.

“KOSTI Sidoarjo mengadakan ngontel bareng yang diikuti oleh ontelis dan ontelista se-Sidoarjo, kita perkiraan (diikuti) sekitar 300-400 (orang) karena banyak yang ikut di tempat lain,” kata Benny Anwar, Ketua KOSTI Sidoarjo.

Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto S.H., M.M., sebagai inspektur upacara pemberangkatan ngonthel bareng menyampaikan sambutan

Benny menjelaskan kegiatan ngonthel bareng dimulai dari garis start dan finish di Yussar Fishing and Playground, Tanggulangin, Sidoarjo. Rombongan pesepeda diberangkatkan Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten (Disporapar) Sidoarjo Djoko Supriyadi dan Ketua Dewan Penasehat KOSTI Pusat Drs. H. Bambang Waluyojati, M.M. Turut hadir melepas rombongan Ketua Bidang Hukum KORMI Jatim Mariyono Subagyo, anggota DPRD Sidoarjo Zahlul Yussar, serta pengurus KORMI Sidoarjo dan KOSTI.

Upacara pemberangkatan peserta ngontel bareng

Rute sepanjang 10 kilometer dilalui ontelis dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Tentunya para ontelis ini bersepeda santai menggunakan sepeda kuno dan beberapa ontelis mengayuh penny farthing.

Benny, ditanya mengenai persiapan FORDA dan FORNAS, dia mengaku komunitasnya sudah siap bertanding. Untuk mengikuti FORNAS VII Jawa Barat, dia akan mengerahkan lebih banyak anggotanya ikut berlomba dibanding FORNAS VI Sumsel di Palembang.

“KOSTI Sidoarjo sudah siap, yang kemarin juara di Palembang kita turunkan lagi tapi ada tambahan, nanti kita lihat lagi,” ujar Benny.

Benny Anwar, Ketua KOSTI Sidoarjo memotong tumpeng ulang tahun (foto:ist)

Rencananya, sambung Benny, KOSTI Sidoarjo akan melakukan ngonthel dari Sidoarjo ke lokasi FORNAS VII Jabar. “KOSTI Sidoarjo akan tampil lebih lain lagi, lebih unik,” pungkasnya.

Sementara itu, beragam kegiatan HUT Ke-15 KOSTI dimeriahkan dengan panggung hiburan, pasar klitikan, pelepasan burung ke udara, pemotongan tumpeng ulang tahun, hingga pembagian doorprize. Ontelista KOSTI yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan memberikan layanan cek kadar gula darah, asam urat, kolesterol, tensi, timbang berat badan secara gratis. Surya, salah satu nakes yang juga anggota KOSTI, menjelaskan tim baksos kesehatan KOSTI juga memberikan penyuluhan tentang penyakit tidak menular dan konsultasi kesehatan untuk para ontelis.

Klub sepeda tua Kojes ikut ngonthel

Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo MG Hadi Sutjipto mengapresiasi perkembangan komunitas KOSTI. Anggota KOSTI kian bertambah banyak, Tjipto meminta agar di-manage dengan baik.

“KORMI dalam hal ini selaku yang menaungi organisasi ini berharap kekompakan, kebersamaan tetap harus dijaga,” kata Tjipto. Adanya sikap percaya antara anggota dan pengurus akan membuat komunitas tetap utuh.

“Organisasi ini berkembang dengan baik karena anggotanya mendukung penuh kepengurusan yang ada, kalau pengurusnya nggak baik anggota biasanya lari, nah, di KOSTI ini luar biasa anggotanya berkembang banyak berarti pengurusnya baik. Itu yang menjadi tolok ukur sehingga tidak ada perpecahan, selalu bersatu,” kata Tjipto.

Pasar klitikan yang digeber diacara KOSTI menyediakan onderdil dan asesoris sepeda tua

Ditambahkan Tjipto, KOSTI dan KORMI bersama-sama akan membuat Indonesia Bugar. “Insya Allah apa yang diprogramkan pemerintah Indonesia Bugar tahun 2045 bersamaan dengan 100 tahun Indonesia Merdeka Insya Allah akan terwujud diantara melalui KOSTI,” tutup Tjipto. (aws/rr)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Pantau Latihan Pegiat Olahraga, MG. Hadi Sutjipto Nyatakan KORMI Sidoarjo Siap Mengikuti FORNAS VII

Kegiatan

Rakerda FORMI Kab. Sidoarjo Tahun 2020

Kegiatan

Rapat Koordinasi Bersama Pengurus dan KOM, Bahas Kegiatan Bulan Desember Mendatang

Kegiatan

Kunjungi Kampung Olahraga Rekreasi Kel. Tambak Kemerakan, KORMI Kab. Sidoarjo Serukan Semangat Berolahraga

Kegiatan

Keluarga Besar KORMI Kab. Sidoarjo Kompak Meriahkan Hari Jadi Sidoarjo, Gelar Ngontel Bareng dan Gebyar Senam

Kegiatan

Rakor Menuju FORNAS VIII, KORMI Sidoarjo Lakukan Evaluasi dan Bahas Persiapan

Kegiatan

Pengurus Kampung Olahraga Rekreasi Kunjungi Kelurahan Tambak Kemerakan, Lihat Langsung Kegiatan Olahraga Rekreasi Masyarakat

Kegiatan

Peringati World Walking Day 2022 KORMI Kab. Sidoarjo Lakukan Jalan Santai Dan Senam Bersama