Home / Kegiatan

Thursday, 24 June 2021 - 16:13 WIB

HUT ke-9 FORMI Kab. Sidoarjo Olahraga Rekreasi Makin Berkembang ke Pelosok Desa

Pertunjukan senam yang dibawakan oleh perwakilan komunitas

Pertunjukan senam yang dibawakan oleh perwakilan komunitas

Keluarga besar Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kab. Sidoarjo bersukacita merayakan HUT ke-9 FORMI Kab. Sidoarjo, Minggu (15/9/2019) di Gedung Serbaguna GOR Sidoarjo. Suguhan tari kreasi, belly dance hingga line dance ditampilkan secara bergantian. Para penggiat olahraga rekreasi yang hadir pun tampak bergembira saat diajak senam bersama.

Ketua Umum FORMI Kab. Sidoarjo M.G. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., mengutarakan FORMI merupakan sebuah wadah olahraga rekreasi yang banyak mengundang animo masyarakat. Keberadaan FORMI juga ikut membantu pemerintah daerah dalam menaikkan derajat kesehatan masyarakat Sidoarjo.

“Alhamdulillah FORMI juga membantu pemda (pemerintah daerah) untuk membantu masyarakat dengan mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. Tujuan akhirnya masyarakat Sidoarjo sehat, bugar, gembira,” kata pria yang akrab disapa Pak Cip dalam sambutannya.

Bupati Saiful Ilah menyerahkan potongan kue pertama pada Ketua Umum FORMI Kab. Sidoarjo Hadi Sutjipto

Prestasi dan terobosan FORMI Sidoarjo dipaparkan mantan Wakil Bupati Sidoarjo ini. FORMI Sidoarjo sukses meraih Piala Ibu Negara pada Lomba Senam Kreasi Tingkat Nasional, menciptakan senam Lontong Kupang dan memprakarsai dibentuknya kampung olahraga rekreasi. “Harapan kita semua melalui FORMI, olahraga semakin berkembang, anggotanya semakin banyak sehingga olahraga rekreasi ini juga semakin banyak,” kata Pak Cip.

Prestasi yang dicapai FORMI Kab. Sidoarjo ini membuat Ketua FORMI Provinsi Jawa Timur Drs. H. Suparman yang hadir pagi itu merasa bangga dan mengucapkan selamat.

“Sembilan tahun berarti 2 periode. Alhamdulillah prestasi FORMI Sidoarjo tidak mengecewakan. Selama 9 tahun saya menghadiri hari ulang tahun di Sidoarjo selalu ada Pak Bupati. Semoga dengan 2 periode ini kita semakin dewasa. Saya ucapkan selamat ulang tahun untuk FORMI Kab. Sidoarjo mudah-mudahan semakin menambah kedewasaan, bisa bekerjasama dengan Pemda Sidoarjo menjadi mitra yang baik,” ujar Suparman.

Dalam sambutannya, Suparman menyebut FORMI Sidoarjo selalu responsif. “FORMI provinsi punya cita-cita, mereka (FORMI Sidoarjo) bisa menyongsong dengan adanya kampung olahraga rekreasi,” ujarnya.

“Dulu kita mendengar istilah memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat tapi sampai sekarang belum memasyarakat, karena apa? Kabelnya belum diolor, tapi dengan FORMI Sidoarjo ini bisa nyambung ke kecamatan dan ke kampung-kampung. Saya menyambut sekali FORMI Kabupaten Sidoarjo yang sudah membentuk kampung olahraga rekreasi karena kampung olahraga rekreasi adalah embrio yang memotivasi masyarakat di Jatim. Mereka ada di sana jadi setiap instruktur akan ada di setiap kampung sehingga mereka bisa termotivasi,” lanjut Parman.

Baca juga  Lowrider Sidoarjo, Bendera Baru Satukan Komunitas-komunitas Lowrider di Sidoarjo

Sementara itu, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum yang secara langsung menghadiri acara menyampaikan bahwa memasyarakatkan olah raga dan mengolahragakan masyarakat merupakan salah satu upaya pembangunan masyarakat yang sehat sebagai upaya dasar dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera lahir dan batin, hal inilah yang menjadi tujuan utama terbentuknya FORMI.

Penerima penghargaan Klub Komunitas Tergiat, FORMI Kecamatan Terbaik dan Pemenang Lomba Car Free Day Antar Korda berfoto bersama

“Dengan momen ini bisa menjadi sarana silaturrahmi diantara masyarakat khususnya bagi anggota FORMI untuk saling mengenal, saling berinteraksi dan tukar pengalaman, serta dapat mewujudkan rasa gembira masyarakat Sidoarjo yang sehat dan bugar baik jasmani maupun rohaninya,” kata Saiful.

“Karena kita memerlukan pelaksana pembangunan, yang disamping memiliki moral dan SDM yang kuat baik, juga diperlukan manusia yang sehat, bugar dan ceria agar mampu menjadi pribadi yang lebih baik,” lanjutnya.

Menandai bertambahnya usia, Bupati Saiful didampingi ketua dan pengurus FORMI Kab. Sidoarjo bersama-sama meniup lilin dan memotong kue tart. Seluruh hadirin dari 36 klub/komunitas binaan FORMI Kab. Sidoarjo mengiringi dengan nyanyian lagu Selamat Ulang Tahun.

Pada kesempatan tersebut diserahkan sejumlah penghargaan. Antara lain, pemenang Lomba Car Free Day Antar Korda FORMI Kecamatan Se-Kab. Sidoarjo, terbaik 1 diraih FORMI Korda Porong, terbaik 2 FORMI Korda Sidoarjo, terbaik 3 FORMI Korda Taman dan terbaik 4 FORMI Korda Krian. Selanjutnya, penghargaan Klub Terbaik diraih Klub Jantung Sehat Sidoarjo, Klub Lansia Sidoarjo, Aerobik Alternatif Nimas Putri Sabdojati, Sidoarjo, sedangkan Komunitas Terbaik diraih IPSS, KOSTI, dan Bellydance Sidoarjo. dan terakhir, FORMI Kecamatan Terbaik 1 diraih FORMI Kec. Krian, terbaik 2 FORMI Kec. Taman, terbaik 3 diraih FORMI Kec. Sedati. (aws/rr)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Tumbuhkan Rasa Kebangsaan, KORMI Kec. Krian Sidoarjo Peringati Hari Lahir Pancasila

Kegiatan

KORMI Kab. Sidoarjo Serahkan SKT Kepada 19 Cabor
Insan Olahraga penerima penghargaan

Kegiatan

Pemkab Sidoarjo Anugerahi Penghargaan Pada Insan Olahraga Berprestasi

Kegiatan

Sri Anna Maria Tetap Sehat Selama Berpuasa Ramadan

Kegiatan

Komunitas Zumba Sidoarjo Menjaga Kebugaran dengan Zumba dan Dangdut Dancing

Kegiatan

Sayuti Rofiyanto Kembali Terpilih Sebagai Ketua PORPI DPC Sidoarjo

Kegiatan

DPW ILDI Kab. Sidoarjo Ungkapkan Rasa Syukur pada Peringatan HUT Ke-1

Kegiatan

Siap Jalankan Tugas, Pengurus Baru Nimas Putri Sabdojati Dikukuhkan