Home / Kegiatan

Sunday, 19 February 2023 - 23:32 WIB

Kampung Olahraga Masyarakat Desa Pejangkungan Diresmikan, Hadi Sutjipto Ajak Masyarakat Raih Indonesia Bugar 2045

KORMI Kabupaten Sidoarjo tidak hentinya mendorong masyarakat berolahraga meraih kesehatan dan kebugaran. Melalui dibentuknya Kampung Olahraga Masyarakat (KOM), KORMI membantu pemerintah mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga ditingkat desa, RT/RW. KORMI terus mengajak seluruh lapisan masyarakat dari kalangan usia untuk gemar berolahraga.

Minggu (19/2/2023) pagi, Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., meresmikan sekaligus mengukuhkan Pengurus Kampung Olahraga Masyarakat Desa Pejangkungan Kec. Prambon, Sidoarjo.Dalam sambutannya, Tjipto mengajak masyarakat berolahraga dan membantu meraih cita-cita pemerintah “Indonesia Bugar 2045”. Dia berharap berbagai jenis olahraga di KOM Desa Pejangkungan dapat berkembang.

Senam bersama di Kampung Olahraga Masyarakat Desa Pejangkungan Kec. Prambon

“Kampung Olahraga Masyarakat adalah alat yang paling cepat bagi KORMI untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, melalui Kampung Olahraga Masyarakat silahkan berbagai macam olahraga berkembang di Desa Pejangkungan dan ada dukungan penuh dari Bapak Kepala Desa sehingga desa ini olahraganya maju,” kata Tjipto.

Tjipto mengapresiasi rencana Kepala Desa Pejangkungan yang akan menjadikan salah satu jalan desa untuk penyelenggaraan car free day setiap bulan sekali. Di lokasi car free day diadakan olahraga bersama dan ekonomi kerakyatan dihidupkan dengan memfasilitasi UMKM menjual dagangannya.

Kepala Desa Penjangkungan Langlang Marhendra Stianto, S.Pt., yang juga Penasehat Kampung Olahraga Masyarakat Desa Penjangkungan bersemangat atas peresmian Kampung Olahraga Masyarakat.

Hadi Sutjipto menyerahkan SK KOM Desa Pejangkungan kepada Ketua Kampung Olahraga Masyarakat Desa Penjangkungan, Istinah Eka Wulandari

“Harapan kami Pemerintah Desa Penjangkungan acara pengukuhan pengurus Kampung Olahraga Masyarakat Desa Penjangkungan ini bukan acara sekadar menjadi seremonial mawon (saja, red). Ada tuntutan berupa SK yang diterbitkan kepada kita Desa Penjangkungan berarti kita harus bertanggungjawab mempertahankan SK tersebut dan memperjuangkan kegiatannya,” kata Langlang.

Dia mengajak warganya untuk berolahraga, mengembangkan olahraga yang ada di desanya. “Mari kita bersama-sama membangun Kampung Olahraga Masyarakat Desa Penjangkungan sehingga olahraga yang kita laksanakan, olahraga yang menyenangkan olahraga yang menyehatkan dan juga aktif, ada efek positifnya yang kita dapatkan dari kegiatan olahraganya tersebut,” harapnya.

Camat Prambon Feri Prasetiya Budi (kaos merah) memberikan potongan tumpeng pertama kepada Kepala Desa Penjangkungan Langlang Marhendra Stianto

Acara peresmian dan pengukuhan pengurus KOM turut dihadiri Camat Prambon Feri Prasetiya Budi, S.STP, M.HP. Kehadiran Camat Prambon memberi dukungan Desa Penjangkungan atas berdirinya KOM dan desa ini bisa makin banyak mencetak atlet nasional. Dia juga mendorong desa lain agar membentuk KOM.

“Kami dukung desa lain paling tidak bisa mengukuhkan dirinya sebagai Kampung Olahraga Masyarakat juga sehingga bisa untuk mendukung Kabupaten Sidoarjo mencetak atlet berbakat,” kata Feri.

Pemgurus Kampung Olahraga Masyarakat Desa Penjangkungan bersama pengurus KORMI Kab. Sidoarjo, Camat Prambon, dan Kepala Desa Pejangkungan

Sementara itu, Ketua Kampung Olahraga Masyarakat Desa Penjangkungan, Istinah Eka Wulandari, menyebut di desanya telah berkembang berbagai olahraga, diantaranya voli, silat, gulat, komunitas senam, komunitas sepeda tua, klub jantung, senam lansia, yoga, dll.

Istinah mengaku dukungan dari Kepala Desa Penjangkungan terhadap KOM sangat luar biasa. Dengan resminya KOM berdiri di Desa Penjangkungan, instruktur senam pemilik sanggar senam Diva Ayu ini berharap KOM bisa mencetak generasi berprestasi melalui olahraga.

Penampilan ibu-ibu Desa Pejangkungan

Pada peresmian dan pengukuhan pengurus KOM pagi itu, masyarakat berkumpul di Balai Kantor Desa Penjangkungan. Mereka bersenam bersama, diawali dengan Senam Ayo Bergerak Indonesia (SABI). Pengurus KORMI Kab. Sidoarjo, Ketua KOM di Kab. Sidoarjo yang menghadiri acara dihibur dengan berbagai penampilan. Ibu-ibu lansia membawakan senam Poco Poco GWR, ibu-ibu perangkat desa membawakan Senam Gemu Famire, ibu-ibu kader PKK bersenam diiringi lagu “Seperti Mati Lampu” dan grup senam Desa Penjangkungan membawakan Poco-Poco Dance. (aws/rr)

Share :

Baca Juga

Lomba memanah Star Java Series 3 diikuti 280 peserta dari klub panahan se-Jawa Timur.

Kegiatan

Perpatri Sidoarjo Menjaring Atlet Melalui Star Java Series 3

Kegiatan

Lomba Terompah Panjang Mengompakkan Klub Binaan FORMI Kab. Sidoarjo

Kegiatan

ASIAFI Jatim Dilantik, KORMI Kab. Sidoarjo Beharap ASIAFI Makin Berkembang

Kegiatan

Street Drum Sidoarjo Berbagi Sandangan Gratis

Kegiatan

Pantau Latihan Pegiat Olahraga, MG. Hadi Sutjipto Nyatakan KORMI Sidoarjo Siap Mengikuti FORNAS VII

Kegiatan

DPC Perwatusi Sidoarjo Latih Nakes Senam Pencegahan Osteoporosis

Kegiatan

Warga Kampung Olahraga Masyarakat Kelurahan Magersari Semangat Obah Bareng Senam Ceria

Kegiatan

HUT Ke-1 Asosiasi Yoga Sidoarjo, Jumlah Anggota Berkembang, Tambah Jadwal Latihan