Home / Kegiatan

Tuesday, 24 May 2022 - 09:55 WIB

KORMI Kab. Sidoarjo Studi Komparasi Ke KORMI Kota Batu


KORMI Kab. Sidoarjo turut mendorong kemajuan olahraga masyarakat di Jawa Timur. Melalui studi komparasi KORMI Kab. Sidoarjo dibawah komando ketua umumnya H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., bersilaturahmi ke  KORMI kabupaten/kota di Jawa Timur.

Sabtu (21/5/2022) pagi, 75 orang pengurus KORMI Kab. Sidoarjo melakukan Studi Komparasi ke KORMI Kota Batu. Mereka terdiri dari ketua dan pengurus KORMI Kabupaten Sidoarjo dan kecamatan se-Sidoarjo, cabang organisasi olahraga (caborga) masyarakat, Kampung Olahraga Masyarakat KORMI Kab. Sidoarjo.

Kedatangan rombangan KORMI Kab. Sidoarjo diterima oleh Sekretaris Umum KORMI Kota Batu Moh. Muadz, S.Ag., di salah satu hotel di Kota Batu.

Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo MG Hadi Sutjipto (dua kiri) dan Sekretaris Umum KORMI Kota Batu Moh. Muadz (dua kanan)

Dalam sambutannya, Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., mengatakan kedatangannya bersama pengurus untuk menggiatkan KORMI di daerah.

“Kita pernah berjanji ke pengurus KORMI Jawa Timur, zamannya Pak Parman (mantan Ketua KORMI Jatim, Suparman) karena Jawa Timur belum bisa membentuk KORMI se-Jawa Timur, sampai sekarang Jawa Timur baru dibentuk 20 KORMI kabupaten kota, ini tentunya PR-nya Jawa Timur untuk menuntaskan 38 kabupaten kota, kami siap membantu sehingga kami sering datang ke kabupaten kota di Jawa Timur,” kata Hadi Sutjipto atau yang akrab disapa Tjipto.

Di luar Jawa Timur, KORMI Kab. Sidoarjo pernah ngangsu kaweruh ke KORMI Kota Surakarta. Di kota asal Presiden Indonesia Joko Widodo itu KORMI Kab. Sidoarjo mempelajari pengelolaan car free day.

Penampilan KORMI Kab. Sidoarjo menari tari kreasi daerah

Selain itu, kata Penasehat KORMI Provinsi Jawa Timur ini, adanya studi komparasi untuk memupuk kebersamaan dan persatuan antar pengurus.

Baca juga  Hari Jadi Ke-163 Tahun Kabupaten Sidoarjo, Hadi Sutjipto : KORMI Siap Membantu Suksesnya Pemerintahan Dibidang Olahraga

Pada pertemuan yang akrab itu, Tjipto memaparkan profil dan kegiatan KORMI Kab. Sidoarjo, mulai dari prestasi ditingkat nasional dan internasional hingga kesiapan KORMI Kab. Sidoarjo mengikuti FORNAS VI 2022 di Palembang.

Tjipto juga mengenalkan 20 Kampung Olahraga Masyarakat yang sudah terbentuk di Sidoarjo. Aktivitas olahraga di Kampung Olahraga Masyarakat bisa menjangkau masyarakat hingga dilapisan RT/RW.

“Kami ingin mengembangkan olahraga sampai ke bawah akhirnya dibentuk Kampung Olahraga Masyarakat,” kata Tjipto.

Lebih lanjut, Tjipto menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, tidak ada kata rekreasi. “Jadi kita bentuk Kampung Olahraga Masyarakat untuk menyesuaikan Undang-Undang yang baru karena tidak ada kata rekreasi,” ujar Wakil Bupati Sidoarjo periode 2010-2015 ini.

“Dengan adanya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), KORMI mendapat peran untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga jadi olahraga masyarakat yang dikembangkan lebih luas lagi,” lanjutnya.

Tjipto berharap visi Indonesia Bugar 2045 bertepatan dengan 100 tahun Indonesia Merdeka akan tercapai dengan dukungan KORMI.

Sementara, KORMI Kota Batu yang diwakilkan oleh Sekretaris Umum Moh. Muadz menyambut hangat kedatangan KORMI Kab. Sidoarjo. Dia memperkenalkan cabang organisasi olahraga masyarakat yang telah bergabung dengan KORMI Kota Batu.

KORMI Kab. Sidoarjo sebanyak 75 orang mengikuti studi komparasi ke KORMI Kota Batu

Hari itu, kebersamaan antara KORMI Kab. Sidoarjo dan KORMI Kota Batu terjalin akrab.  KORMI Kab. Sidoarjo menampilkan tari kreasi daerah dan dansa. Momen ini sekaligus digunakan untuk berhalalbihalal. (jon/ rr)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Barongsai dan Liang Liong Dharma Bhakti Sidoarjo Mampu Pertahankan Eksistensi Usai Ditinggal Pendirinya

Kegiatan

Dansa Bareng ILDI, Ketum KORMI Sidoarjo Semangati Raih Kemenangan di FORNAS VIII 2025

Kegiatan

Rapat Koordinasi Bersama Pengurus dan KOM, Bahas Kegiatan Bulan Desember Mendatang

Kegiatan

HUT Ke-1 Asosiasi Yoga Sidoarjo, Jumlah Anggota Berkembang, Tambah Jadwal Latihan
Lomba memanah Star Java Series 3 diikuti 280 peserta dari klub panahan se-Jawa Timur.

Kegiatan

Perpatri Sidoarjo Menjaring Atlet Melalui Star Java Series 3

Kegiatan

Semangati Warga untuk Berolahraga, PORPI Ranting Jogosatru Gelar Senam Bersama

Kegiatan

Lomba Senam SKJ Jadul, KORMI Kab. Sidoarjo Berharap Peserta Kembangkan Senam di Desa

Kegiatan

Bersinergi Diperayaan HUT Ke-3, Selisi Membuka Diri untuk Semua Kalangan