Home / Kegiatan

Thursday, 16 September 2021 - 16:25 WIB

Kenalkan SKJ Jadul, KORMI Kab. Sidoarjo Gelar Pelatihan untuk Instruktur

Peserta pelatihan mengikuti gerakan peraga senam

Peserta pelatihan mengikuti gerakan peraga senam

Pernah beken diera 80an, Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) tidak lagi semasyur dulu. Padahal senam ini sering dilakukan siswa sekolah atau PNS sebelum memulai aktivitas di sekolah atau kantor. Tahun 2018, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia kembali meluncurkan SKJ dengan brand baru yang diberi nama SKJ Jadul (Jaman Dulu). SKJ Jadul di-launching melalui pelatihan yang diikuti instruktur senam se-Indonesia dan dilombakan. Pada lomba SKJ Jadul tingkat nasional, tim senam Kabupaten Sidoarjo berhasil meraih juara 1.

“SKJ Jadul merupakan senam lama yang dimodifikasi dan disempurnakan gerakannya,” tutur Hernanik yang turut mengikuti pelatihan SKJ Jadul yang diadakan Kemenpora. Ketua Asosiasi Pengajar dan Pelatih Senam Indonesia (APPSI) ini menjelaskan titik berat SKJ Jadul adalah teknik gerakan dan bisa dilakukan semua kalangan usia karena gerakannya yang mudah.

Setelah adanya pelatihan di tingkat pusat, SKJ Jadul belum sempat tersosialisasi di tingkat kabupaten akibat pandemi Covid19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Pada hari Rabu (15/9/2021) Kabupaten Sidoarjo telah memasuki PPKM Level 1 dan dinyatakan zona hijau. Momen ini dimanfaatkan KORMI Kab. Sidoarjo untuk mengadakan pelatihan SKJ Jadul di Gedung Serba Guna Kompleks GOR Sidoarjo. Pelatihan dipandu oleh Hernanik dan Nurkhasanah

Pelatihan SKJ Jadul diikuti instruktur senam perwakilan klub/komunitas dan KORMI Kecamatan se-Sidoarjo

Ikeda Hendra Kusuma, S.H., Ketua Panitia Pelatihan SKJ Jadul, mengatakan, “Tujuan kegiatan ini untuk membangkitan semangat olahraga kepada masyarakat supaya tercipta masyarakat yang sehat, bugar, gembira, bahagia,” kata pria yang akrab disapa Deny.

Baca juga  Kunjungan KORMI Kab. Sidoarjo ke APPSI

Pelatihan yang diadakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-21 KORMI diikuti instruktur senam perwakilan dari klub/komunitas binaan KORMI Kab. Sidoarjo dan KORMI kecamatan se-Sidoarjo.

“Pesertanya sudah mewakili masyarakat Sidoarjo. Masing-masing kecamatan di Sidoarjo mengirimkan wakilnya. 16 kecamatan semua hadir dan perwakilan klub/komunitas, tokoh olahraga juga hadir,” urai Wakil Sekretaris II KORMI Kab. Sidoarjo.

Sementara, Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., usai membuka pelatihan SKJ Jadul menjelaskan KORMI Kabupaten Sidoarjo siap mengajak masyarakat untuk gemar berolahraga menuju Indonesia Bugar 2045.

“Teman-teman semangatnya luar biasa, semangat berolahraga luar biasa. Sekarang ini begitu zona hijau para instruktur olahraga siap menggerakkan kembali masyarakat untuk berolahraga. Jadi begitu zona hijau, level 1, akhirnya mengadakan pelatihan olahraga senam SKJ Jadul yang telah dicanangkan Kemenpora RI,” kata Hadi Sutjipto

“SKJ Jadul dilatih Kemepora kita kembangkan di sini, teman-teman yang sudah berhasil latihan di Kemenpora sekarang di Sidoarjo, mengembangkan ke instruktur untuk memperkenalkan SKJ Jadul dan segera direalisasikan dimasyarakatkan,” pungkasnya.

Ditambahkan Hadi, meski PPKM di Sidoarjo masuk kategori level 1, dia mengingatkan anggota KORMI Kab. Sidoarjo dan peserta pelatihan agar tidak sembrono, harus tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan selama berkegiatan. (rr)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

FORMI Kab. Sidoarjo Kukuhkan Komunitas Yoga Kita dan Delta Runners

Kegiatan

KORMI Kab. Sidoarjo Semangati Perwatusi Siap Hadapi FORNAS 2022

Kegiatan

Meningkatkan Amal Dibulan Ramadan, Selisi Berbagi Takjil

Kegiatan

Semangat Kebersamaan Warnai Tasyakuran HUT Ke-23 KORMI Kab. Sidoarjo

Kegiatan

Bulan Ramadhan Komunitas Nimas Putri Sabdojati Baksos ke Tuban

Kegiatan

Satukan Kontingen KORMI Sidoarjo di FORNAS VII Jabar, Hadi Sutjipto Minta Jaga Kebersamaan

Kegiatan

KORMI Kab. Sidoarjo Studi Komparasi Ke KORMI Kota Batu

Kegiatan

Komunitas Minitrek Minion Sidoarjo Bersatu Resmi Gabung dengan KORMI Kab. Sidoarjo