Home / Kegiatan

Wednesday, 15 December 2021 - 22:30 WIB

Pengukuhan Pengurus KORMI Kab. Sidoarjo, Hadi Sutjipto: KORMI Siap Membantu Pelaksanaan Olahraga Menjadi Besar

Pengurus KORMI Kab. Sidoarjo masa bakti 2021-2025

Pengurus KORMI Kab. Sidoarjo masa bakti 2021-2025

Pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Sidoarjo masa bakti 2021-2025 dikukuhkan. Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., yang terpilih pada Muscab Ke-III pada November lalu, dikukuhkan bersama 71 orang pengurus, Rabu (15/12/2021), di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo.

Ketua Umum KORMI Prov. Jatim Dr. Hudiyono, M.Si., mengukuhkan pengurus KORMI Kab. Sidoarjo disaksikan Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi, S.H., Ketua KONI Kab. Sidoarjo, Forkopimda, pengurus KORMI Kecamatan serta Kampung Olahraga Rekreasi, se-Kab. Sidoarjo.

Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo MG. Hadi Sutjipto setelah resmi dilantik memberikan sambutan perdananya. Dia mengawali dengan mengenalkan satu persatu cabang olahraga binaan KORMI yang menjadi penampil pagi itu. Yaitu, komunitas barongsai yang ikut melahirkan FORMI, Senam Udang Bandeng yang dibawakan komunitas Senam Tera Indonesia dan Senam Poco-poco yang dibawakan komunitas Asosiasi Pengajar dan Pelatih Senam Indonesia (APPSI) Kab. Sidoarjo. Tim senam Poco-poco Kab. Sidoarjo ini telah 7 kali selalu menjadi juara 1 lomba poco-poco tingkat nasional dan pernah meraih Trophy Ibu Negara RI.

Ketua Umum KORMI Prov. Jatim Dr. Hudiyono, M.Si., mengukuhkan pengurus KORMI Kab. Sidoarjo masa bakti 2021-2025

Selanjutnya, Hadi Sutjipto menjelaskan tentang keberadaan KORMI, Festival Olahraga Rekreasi (FORNAS) Ke-VI tahun 2022 di Palembang serta 41 cabang olahraga rekreasi binaan KORMI Kab. Sidoarjo. Tjipto, sapaannya, menyebut salah satu cabang olahraga rekreasi, Ling Tien Kung memiliki jumlah anggota hingga 16 ribu orang.

“Apabila ini dikelola dengan baik cita–cita Indonesia Bugar tahun 2045 bisa tercapai. Kewajiban KORMI untuk membugarkan Indonesia karena komunitasnya banyak, olahraga masyarakat mulai anak-anak hingga orang tua,” kata Tjipto.

“Kita punya slogan mengolahragakan masyarakat, memasyarakatkan olahraga, tapi rupanya belum terwujud, nah melalui KORMI ini, lah, kita harapkan bisa menggerakkan semua komponen masyarakat,” lanjutnya.

Jawa Timur memilki program Jatim Seger (Jawa Timur Seneng Gerak) KORMI Kab. Sidoarjo, kata Tjipto, berupaya mengolahragakan masyarakat, memasyarakatkan olahraga. Selain itu, KORMI Kab. Sidoarjo yang telah mengembangkan olahraga rekreasi, juga mengembangkan olahraga tradisional. Begitupula mengembangkan Kampung Olahraga Rekreasi.

Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M.

“Kampung Olahraga Rekreasi cukup besar, dan ini nanti akan lebih tingkatkan lagi bukan Kampung Olahraga Rekreasi tapi Kampung Olahraga. Kalau bicara Kampung Olahraga berarti ada prestasi dan rekreasi, ini nanti akan kita kembangkan dan sosialisasikan sehingga KONI dan KORMI akan sinergi untuk membangun olahraga di Kabupaten Sidoarjo,” ujar Tjipto.

Melalui kesempatan itu, Tjipto menyampaikan kepada Wakil Bupati Sidoarjo mengenai bantuan dana hibah yang telah diterima KORMI Kab. Sidoarjo setiap tahun. “Kami tidak menuntut seperti KONI. KONI besar, kami selama ini paling besar Rp800 juta, tahun depan rupanya dikurangi menjadi Rp400 juta, mungkin karena beban untuk kegiatan pemerintah lebih besar sehingga anggaran kami dikurangi. Dengan anggaran yang kecil tadi kami tetap  membantu komunitas cabor walaupun kecil,” ungkapnya.

Diujung sambutanya, Tjipto menuturkan KORMI Kab. Sidoarjo siap membantu pemerintah agar pelaksanaan olahraga di Kab. Sidoarjo menjadi besar.

Sementara, H. Subandi, S.H., Wakil Bupati Sidoarjo menyampaikan apresiasi dan penghargaan terhadap KORMI Kab. Sidoarjo. “Saya atas nama pimpinan daerah, gus bupati memberikan suatu penghargaan setinggi-tingginya kepada ketua KORMI dan pengurusnya pada hari ini membanggakan terutama Kabupaten Sidoarjo. Saya tadi melihat kegiatan-kegiatan yang dilakukan saya sendiri sebagai wakil bupati sangat terenyuh karena kita sebagai wakil bupati ini masih adaptasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Tadi disampaikan kalau KONI adalah kegiatan yang punya power, kalau KORMI ini kegiatan-kegiatan yang punya sifat rekreasi,” kata Subandi.

Subandi menyambut baik kegiatan yang dilakukan KORMI Kab. Sidoarjo. Dia meyakini apabila kegiatan dan anggarannya direncanakan dengan bagus, KORMI akan membanggakan. Dia menanggapi adanya anggaran yang diberikan kepada KORMI Kab. Sidoarjo yang menyusut di tahun depan. Anggaran yang diterima sebelumnya sebesar Rp800 juta menjadi Rp400 juta. Padahal, kegiatan KORMI Kab. Sidoarjo dengan 41 cabang olahraga rekreasi masyrakat dan prestasi ditingkat nasional telah mengharumkan Kabupaten Sidoarjo.

H. Subandi, S.H., Wakil Bupati Sidoarjo

“Harapan saya Pak Ketua (Hadi Sutjipto) Insya Allah bahwa gus bupati selalu memberikan support kegiatan-kegiatan yang ada di Sidoarjo, saya yakin karena kita masih adaptasi saya dengan gus bupati Insya Allah support-support akan kita lakukan kita perjuangkan minimal nanti tahun 2023 saya akan berjanji kepada KORMI akan kita tingkatkan hibahnya. Mudah-mudahan kita kembalikan 900 atau kita naikan, ini yang kita janjikan,” kata Subandi.

Baca juga  Bersepeda Agak Jauh, Selisi Berolahraga Sekaligus Refreshing

Subandi mengatakan akan memberikan dukungan dan anggaran kepada KORMI agar bisa berjalan lebih maju. Karena KORMI tidak hanya membawa nama Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, tapi juga membawa masyarakat Sidoarjo sehat dan bugar yang menjadi tanggung jawab Sidoarjo.

Ketua Umum KORMI Prov. Jatim Dr. Hudiyono, M.Si., juga ikut mengucapkan selamat atas dikukuhkannya pengurus KORMI Kab. Sidoarjo. Dalam sambutannya, dia juga mengucapkan terima kasih kepada wakil bupati yang hadir pada pengukuhan karena adanya dukungan pemerintah kepada KORMI sebagai mitra strategis untuk memberikan pembinaan kepada masyarakat.

“Anda-anda ini termasuk orang yang paling mulia karena KORMI ini adalah kegiatan sosial yang saya kira ini bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur dan Sidoarjo pada umumnya,” kata Hudiyono.

Hudiyono mengatakan adanya pengukuhan ini menjadi silaturahmi batin antara KORMI Kabupaten Sidoarjo dan KORMI Provinsi Jatim. Setelah itu, Hudiyono menyebut, akan ada silahturahmi program.

“Saya katakan bapak dan ibu panjenengan sedoyo ini adalah tugas yang paling mulia. Ini bisa dititeni tugas yang mulia ini, karena ini menjadi ciri. Jadi kalau pertumbuhan ekonominya sudah diatas 7 persen seperti Sidoarjo ini, sudah rata-rata penghasilannya 100 juta ciri-ciri masyarakatnya senang ngumpul di alun-alun, ngumpul di tempat wisata, mereka untuk mencari sehat, bugar, gembira. Ini karena pada intinya kalau masyarakat sudah berpenghasilan 100 juta, ya, seperti itu. Maka dengan kesempatan ini tugas yang mulai ini bapak dan ibu diberikan kepercayaan untuk me-manage supaya ada standar kegiatan yang profesional untuk  kegiatan-kegiatan masyarakat rekreasi,” ujarnya.

Ketua Umum KORMI Prov. Jatim Dr. Hudiyono, M.Si.

Apalagi, lanjut Hudiyono, Pemkab Sidoarjo sedang mengembangkan ruang wisata yang bisa diisi oleh KORMI. Hudiyono sepakat dengan bupati dan wakil bupati untuk menguatkan KORMI dan KONI, karena masyarakat nantinya bisa fokus berolahraga untuk sehat, bugar dan gembira.

Hudiyono kemudian menyemangati pengurus yang baru dikukuhkan agar ihklas menjalankan tugasnya dan pemerintah bisa mengetahui keberadaan KORMI.

“Saya terima kasih kepada saudara pengurus yang dilantik meluangkan waktunya dibawah pimpinan Pak Tjipto beliau sangat senior di KORMI. Insya Allah ini baru satu-satunya kabupaten yang di dalam me-manage KORMI lebih berkembang. Komunikasi antara pemerintah, komunikasi dengan DPR, komunikasi dengan masyarakat nyambung, jalan, nah, ini semua diuntungkan ketika KORMI ini benar-benar jalan apalagi bersinergi dengan KONI,” ujarnya.

Hudiyono kemudian menyinggung soal game online dari negara lain yang masuk ke Indonesia memiliki investasi besar ke negara lain. Sehingga, Hudiyono mengatakan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan, pada satu kesempatan meminta agar konten game online diisi dengan kegiatan keolahragaan yang berbasis masyarakat atau prestasi.

Dia juga mengatakan jika kegiatan olahraga yang melibatkan masyarakat tanpa memandang perbedaan ras, agama, suku, dapat memberi nilai ekonomi melalui event yang dilakukan. Event yang startegis yang dilakukan KORMI seperti pertandingan olahraga bisa memberikan tambahan ekonomi bagi UMKM yang ada di Sidoarjo. 

Diakhir sambutannya, Hudiyono meminta agar pengurus KORMI membangun komunikasi dengan DPRD, pemerintah kabupaten, dan masyarakat. Serta mempertahankan pengalaman bagus dari sebelumnya dan mengembangkannya. (aws/rr)

MG. Hadi Sutjipto menandatangani SK Pengukuhan Pengurus KORMI Kab. Sidoarjo
Hudiyono menandatangani SK Pengukuhan Pengurus KORMI Kab. Sidoarjo disaksikan Wabup Sidoarjo
Senam Poco-poco yang dibawakan APPSI Kab. Sidoarjo
Senam Udang Bandeng ditampilkan komunitas Senam Tera Indonesia (STI) Kab. Sidoarjo
Barongsai “Dharma Bakti” Sidoarjo
Paduan suara

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Rayakan HUT FORMI Kab. Sidoarjo, Wabup: Teruslah Bekerja dan Berjuang untuk Masyarakat

Kegiatan

FORNAS Ke-3 Tahun 2015

Kegiatan

KORMI Kab. Sidoarjo Ikutsertakan Pengurus dan Komunitas Pada Program BPJS Ketenagakerjaan

Kegiatan

Memasyarakatkan FORMI Melalui Lomba Paduan Suara

Kegiatan

HUT Ke-13 IPSS Ajak Anggota Melestarikan Budaya dan Wisata Sidoarjo

Kegiatan

HUT Ke-1 DPC Perwatusi Sidoarjo, Makin Dekat dengan Masyarakat Sidoarjo

Kegiatan

Pelantikan DPW ILDI Cab. Sidoarjo Masfufah: Kami Lebih Bersemangat dan Mengekspresikan Diri

Kegiatan

Sumbang 8 Emas untuk KORMI Sidoarjo Jatim, YAI Gelar Syukuran