Home / Kegiatan

Thursday, 24 June 2021 - 11:59 WIB

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Kab. Sidoarjo

Penyerahan bingkisan secara simbolis oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin

Penyerahan bingkisan secara simbolis oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin

UHH Capai 73 Tahun, Wabup: Indeks Kebahagiaan Tercapai

Ratusan lansia membanjiri Gedung Serbaguna GOR Delta Sidoarjo pada puncak kegiatan Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2019 Kab. Sidoarjo, Sabtu (20/7/2019). Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) mengambil tema “Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera, dan Bermartabat”.

Peringatan Hari Lanjut Usia dihadiri oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, S.H, Forkopimda Kabupaten Sidoarjo, para pengurus Komda Lansia (Komisi Daerah Lanjut Usia) Provinsi Jawa Timur dan TP PKK Kabupaten Sidoarjo.

Ketua Panitia Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Kab. Sidoarjo, H. Wahyu Suhantyo, S.H, dalam sambutannya memaparkan jumlah populasi lansia di Kab. Sidoarjo berusia 60-69 tahun sebanyak 177.568 jiwa, diatas usia 70 tahun 61.465 jiwa, sedang pra lansia berusia 45-59 tahun 402.819 jiwa. Ayah 4 anak yang aktif di organisasi Perwakilan Yayasan Gerontologi “Abiyoso” Kab. Sidoarjo menyebut di Kabupaten Sidoarjo terdapat 352 desa, sedangkan Karang Wreda di Sidoarjo lebih banyak yaitu 365.

Ketua Panitia Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Kab. Sidoarjo, H. Wahyu Suhantyo memberikan sambutan

“Di Sidoarjo Karang Werdha di setiap desa sudah terbentuk bahkan jumlahnya melebihi jumlah desa dan kelurahan yang ada, karena ada kelurahan dan desa yang membentuk lebih dari satu karang werdha,” kata Wahyu yang juga Wakil Ketua III Komda Lansia Sidoarjo.

Sementara itu, Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, S.H., dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Peringatan Hari Lanjut Usia di Kabupaten Sidoarjo ini sesuai dengan nilai–nilai revolusi mental, yakni integritas, etos kerja dan gotong royong. Dan parameter suatu daerah atau negara dikatakan berhasil adalah Usia Harapan Hidup (UHH) bertambah tinggi.

Para lansia mengikuti Senam Bugar Lansia Indonesia

“Untuk Kabupaten Sidoarjo saat ini Usia Harapan Hidup mencapai 73 tahun, Tingkat Usia Harapan Hidup menunjukan keberhasilan pemerintah dan ini bisa terjadi apabila indeks kebahagiaan itu bisa tercapai. Apabila indeks kebahagiaan tercapai pada akhirnya Usia Harapan Hidup akan naik. Untuk itu saya berharap mudah-mudahan kegiatan gebyar ini menjadi motivasi kita, motivasi pemda, pusat dan provinsi kira-kira sudahkah perhatian kita cukup untuk bapak ibu lansia,” ujar wabup yang juga menjabat sebagai Ketua Komda Lansia Sidoarjo ini.

Baca juga  Perwakilan Yayasan Gerontologi “Abiyoso” Kab. Sidoarjo Membina Lansia Menjadi Makin Berkualitas

Dipenghujung peringatan HLUN, Wabup Sidoarjo didampingi pengurus Komda Lansia Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Sidoarjo memberikan bingkisan secara simbolis kepada para lansia.

Acara siang itu dimeriahkan dengan Paduan Suara Arumdalu dari Desa Gelam, Kec. Candi yang membawakan Lagu Lontong Kupang dan lagu Masa Tua Bahagia, Senam Bugar Lansia Indonesia yang diikuti 130 orang lansia dan ditutup dengan pertunjukkan Barongsai. (rr)

Keterangan foto utama : Penyerahan bingkisan secara simbolis oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Senam Bersama di KOM Kelurahan Magersari, KORMI Kab. Sidoarjo Minta Pengurus Tetap Semangat

Kegiatan

Rekatkan Kebersamaan, ILDI Sidoarjo Peringati Hari Kartini, Halalbihalal dan Gathering Ultah Member

Kegiatan

STI Sidoarjo Ikuti FORNAS VII, KORMI Genjot Semangat Pegiat Olahraga

Kegiatan

Kunjungi Kampung Olahraga Rekreasi Kel. Tambak Kemerakan, KORMI Kab. Sidoarjo Serukan Semangat Berolahraga

Kegiatan

Berolahraga dan Menghidupkan Ekonomi Masyarakat di Kampung Olahraga Masyarakat Desa Siwalanpanji, Buduran

Kegiatan

FORMI Kab. Sidoarjo Kukuhkan Komunitas Yoga Kita dan Delta Runners

Kegiatan

Lomba Senam SKJ Jadul, KORMI Kab. Sidoarjo Berharap Peserta Kembangkan Senam di Desa

Kegiatan

KOSTI Sidoarjo Pecahkan Rekor Indonesia-Dunia