Home / Kegiatan

Tuesday, 21 September 2021 - 13:04 WIB

PORPI DPC Sidoarjo Sosialisasikan Apikasi SIPGAR untuk Anggota

PORPI Sidoarjo bersenam bersama Ketua Umum DPN PORPI Nasional

PORPI Sidoarjo bersenam bersama Ketua Umum DPN PORPI Nasional

PORPI (Persatuan Olahraga Pernafasan Indonesia) DPC Sidoarjo melakukan Sosialisasi Tes Kebugaran Jasmani dengan Aplikasi SIPGAR untuk anggotanya. SIPGAR merupakan aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik secara mandiri dalam kurun waktu tertentu yang diluncurkan Kementerian Kesehatan. Aplikasi ini dapat diakses oleh pengguna smartphone android dengan mengunduhnya di Playstore.

Senam bersama anggota

Ketua PORPI DPC Sidoarjo Drs. H. Sayuti Rofiyanto, M.Si., menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat agar masyarakat menjadi lebih sehat dan bugar.

“Kemudian untuk melaksanakan itu maka diperlukan suatu pengukuran agar mereka tau sampai sejauh mana kekuatan kemampuan mereka berolahraga,” kata Sayuti.

“Sehingga dengan demikian nanti mereka bisa menjadi lebih sehat dan bugar dan ini nanti akan dikembangkan kepada anggota yang lain. Bila nanti ada komunitas atau pengiat olahraga lain mau minta bantuan dipersilakan,” lanjutnya.

Dengan adanya aplikasi ini, kata Sayuti, masyarakat bisa berolahraga sambil mengukur kemampuan kekuatannya agar tidak terjadi over training. Nantinya pengenalan SIPGAR akan dilanjutkan kepada anggota PORPI di tingkat ranting melalui pelatih.

Ketua PORPI DPC Sidoarjo Sayuti Rofianto melakukan senam bersama anggotanya

Kegiatan Sosialisasi Tes Kebugaran Jasmani dengan SIPGAR yang dimeriahkan senam bersama dan pemeriksaan kesehatan, dihadiri Ketua Umum DPN PORPI Nasional Perdanigrum Yuniarti, Selasa (21/9/2021) di Sidoarjo.

Ditemui usai kegiatan, Perdaningrum menjelaskan PORPI mendapat tugas dari KORMI untuk menyukseskan sosialisasi aplikasi SIPGAR kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

Baca juga  Warga Kampung Olahraga Masyarakat Kelurahan Magersari Semangat Obah Bareng Senam Ceria

“Alhamdulillah dengan suatu kebanggaan bahwa PORPI diberikan kepercayaan untuk menyosialisasikan aplikasi SIPGAR untuk pelatihan menyehatkan masyarakat,” kata Perdaningrum.

“Jadi kita, KORMI, punya kegiatan Indonesia Bugar 2045 jadi target kita dari KORMI sebetulnya menyehatkan masyarakat Indonesia,” sambungnya.

Melalui PORPI yang ada di 23 Provinsi, aplikasi SIPGAR akan disosialisasikan. Sementara Sidoarjo menjadi salah satu dari 5 kabupaten/kota di Jawa Timur yang ditunjuk sebagai pelaksana SIPGAR.

Ketua Umum DPN PORPI Nasional Perdananigrum Yuniarti menyampaikan kata sambutan

“Suatu kehormatan bahwa ada Sidoarjo. Tapi selain itu juga ada Gresik, Tuban, Mojokerto, Surabaya dan juga Sidoarjo ini sendiri. Jadi 5 kabupaten/kota yang diberi kepercayaan untuk melaksanakan ini dengan didukung oleh Dinas Kesehatan, Puskesmas, maupun KORMI provinsi dan KORMI Kabupaten Sidoarjo. Itu kita akan kerja sama dengan semua,” ujar Perdaningrum.

Selain itu, Perdaningrum juga berharap PORPI Sidoarjo semakin besar dan lebih membahana. “Karena luar biasa, lho, dari seluruh induk yang dipilih hanya PORPI Sidoarjo. Sidoarjo sangat luar biasa sekali,” pungkasnya.

Sambutan positif atas terlaksananya kegiatan ini juga datang dari KORMI Kabupaten Sidoarjo. Sekretaris KORMI Kabupaten Sidoarjo, Suwingyo, mengungkapkan KORMI Kabupaten Sidoarjo ingin mengembangkan tes kebugaran ini untuk klub binaan KORMI se-Kabupaten. “Nanti tahun 2022 kita programkan tes kebugaran bekerjasama dengan dinas kesehatan. Dinas kesehatan sudah menyambut hal ini,” kata Suwignyo. (aws/rr)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Hayono Isman : FORMI Sidoarjo Kemajuannya Setiap Tahun Semakin Baik

Kegiatan

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Kab. Sidoarjo

Kegiatan

KOSTI Sidoarjo Populerkan Sepeda Penny Farthing

Kegiatan

Latihan Kepekaan dan Terapi Satria Nusantara Sidoarjo Mengaktif Energi Positif Tubuh untuk Pengobatan

Kegiatan

KOSTI Sidoarjo Pecahkan Rekor Indonesia-Dunia

Kegiatan

Halalbihalal, Pengurus dan Anggota Senam Tera Indonesia Pengcab Sidoajo Saling Bermaaf-maafan

Kegiatan

Gowes Bareng Peringati HUT Ke-12 IPSS

Kegiatan

Kampung Olahraga Rekreasi Kel. Tambak Kemerakan Krian, Jaga Semangat Berolahraga, Senam hingga Keluar Kota