Home / Kegiatan

Sunday, 14 January 2024 - 14:38 WIB

Rider Cilik Beradu Kecepatan di DES Speedfest Pushbike Championship

Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto memberi apresiasi penyelenggaraan DES Speedfest Pushbike Championship yang digelar Delta Eagle Sidoarjo (DES), Sabtu (13/1/2024). Pujian dan acungan jempol diberikan untuk ketua dan panitia acara.

“Delta Eagle Sidoarjo push bike ini luar biasa panitia kompak sekali sehingga peserta membludak, 531 peserta se-Indonesia dan olahraga (pushbike) ini luar biasa karena peserta lomba ini anak-anak. Anak-anak usia mulai 2 tahun sudah bisa mengendarai sepeda, bisa berlomba,” ujar Hadi Sutjipto atau yang akrab disapa Pak Tjip saat menghadiri DES Speedfest Pushbike Championship.

Pak Tjip mengatakan banyak hal yang bisa didapat untuk perkembangan anak-anak melalui olahraga push bike. Anak-anak tidak hanya sehat, lanjut Pak Tjip, dia bisa mengatur strategi, uji mental, kekuatan, yang berdampaknya luar biasa bagi anak-anak.

Jika berolahraga menjadi kebiasaan anak-anak sejak dini cita-cita Indonesia Bugar 2045 dapat dicapai.

Riders cilik berhasil menyelesaikan lomba hingga garis finish

“Ini yang kita harapkan Indonesia Bugar 2045 Insyaallah akan terwujud melalui push bike. Delta Eagle Sidoarjo ini luar biasa,” ujarnya.

Pak Tjip mengutarakan, KORMI akan terus mendukung kegiatan olahraga masyarakat COOM/komunitas di Sidoarjo. KORMI mengembangkan olahraga massal dengan mengajak anak-anak hingga lansia berolahraga meraih kesehatan dan kebugaran.

Sementara itu, Ketua Umum Delta Eagle Sidoarjo Said Bana’mah yang ditemui disela acara, menjelaskan mengenai kegiatan DES Speedfest Pushbike Championship. Event yang digelar dalam rangka HUT Ke-1 Delta Eagle Sidoarjo yang jatuh pada 1 Januari 2023 ini diikuti 531 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Diantaranya Balikpapan, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Jakarta, Bogor, Bandung, Yogjakarta, Semarang, Solo, dan kabupaten/kota di Jawa Timur.

Terdapat 12 kategori yang dilombakan, yaitu boys dan girls Class 2021, Class 2020, Class 2019, Class 2018, Class 2017, serta Class Top untuk usia 7-8 tahun. Sedangkan lintasan balap sepanjang 235 meter disediakan untuk peserta berusia 3-8 tahun dan lintasan balap 150 meter untuk peserta berusia 2 tahun. Seluruh peserta mengunakan sepeda jenis pushbike dengan roda 12 inci.

MG. Hadi Sutjipto menyerahkan piala pemenang.

Ada hal yang menarik pada kegiatan ini, tempat acaranya berada di halaman Museum Mpu Tantular Sidoarjo. Said mengungkapkan acara ini juga untuk memajukan pariwisata di Sidoarjo.

“Besar harapan kami dengan diadakan di museum juga memajukan pariwisata yang ada di Sidoarjo dan mengenalkan bahwa Sidoarjo tidak hanya dikenal dengan GORnya tapi juga ada museum yang bisa kita datangi,” ujar Said.

Kesuksesan penyelenggaraan lomba tingkat nasional ini nantinya akan berlanjut di event DES berikutnya. DES juga akan menyiapkan diri untuk mengikuti FORNAS Tahun 2025.

Dijelaskan Said, “Persiapan FORNAS akan diliat dari beberapa kompetisi, tidak hanya satu kompetisi tapi beberapa kompetisi yang dijalani oleh rider, nanti akan klasifikasikan. Untuk rider terbaik dari setiap kabupaten akan mewakili provinsi. Jadi akan diseleksi di kabupaten selanjutnya diseleksi provinsi, nanti akan mewakili provinsi di FORNAS.”

Pada FORNAS tahun 2023 di Jawa Barat, DES mengirimkan 1 orang pegiat kategori boys Class 2019. Target berikutnya DES akan mengikutkan lebih banyak pegiat.

Ketua Umum KORMI Jatim Hudiyono (4 kiri), Ketua Umum KORMI Sidoarjo MG. Hadi Sutjipto (tengah, Kadisporapar Sidoarjo Yudhi Irianto (3 kiri), Ketua Umum DES Said Bana’mah (2 kanan), Ketua Pelaksana DES Speedfest dr. Andry Trirachmajaya (kiri) bersama para undangan pada pembukaan lomba

“Insyaallah kita akan meningkatkan skill-nya anak-anak terlebih lebih dahulu, harapannya kalau tahun kemarin ada 1 mungkin tahun depan kita bisa meningkatkan menjadi 3-5 anak karena dari setiap kabupaten persaingannya juga cukup ketat, jadi kita ingin orang-orang lebih mengenal Sidoarjo tidak hanya dari kotanya tapi dari bibit-bibit unggulnya,” pungkas Said.

Kegiatan ini disambut positif oleh KORMI Jatim dan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kab. Sidoarjo. Ketua Umum KORMI Jatim H. Hudiyono dan Kadisporpar Sidoarjo Yudhi Irianto turut hadir memberikan semangat. (aws/rr)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Persiapan Panitia Ngontel Bareng dan Gebyar Senam, Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo

Kegiatan

Kampung Olahraga Rekreasi Kel. Tambak Kemerakan Krian, Jaga Semangat Berolahraga, Senam hingga Keluar Kota

Kegiatan

Rekatkan Kebersamaan, ILDI Sidoarjo Peringati Hari Kartini, Halalbihalal dan Gathering Ultah Member

Kegiatan

Gencar Mengolahragakan Masyarakat, Pengurus KORMI Kecamatan Sukodono Dikukuhkan

Kegiatan

Perbafi Resmi Bergabung dengan KORMI Kab. Sidoarjo

Kegiatan

Tingkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Anggota Pentingnya Pencegahan Penyakit Jantung, YJI Sidoarjo Gelar Seminar

Kegiatan

Yayasan Asma Indonesia dan Peradi SAI Sidoarjo Bekerja Sama Layani Masyarakat

Kegiatan

Terima Kunjungan KORMI Kab. Sidoarjo, STI Pengcab Sidoarjo Laporkan Perkembangan Sasana di Desa