Home / Kegiatan

Sunday, 12 December 2021 - 12:44 WIB

Sayuti Rofiyanto Kembali Terpilih Sebagai Ketua PORPI DPC Sidoarjo

Sayuti menerima bendera pataka PORPI

Sayuti menerima bendera pataka PORPI

Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (PORPI) DPC Sidoarjo menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) PORPI. Muscab tahun ini yang sempat tertunda karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlangsung Minggu (5/12/2021) pagi di Balai Desa Keboan Sikep Kec. Gedangan, Sidoarjo. Kegiatan dihadiri ketua dan pengurus PORPI DPD Prov. Jawa Timur, pengurus PORPI ranting se-Kab. Sidoarjo dan Sekretaris Umum KORMI Kab. Sidoarjo.

Dalam Muscab, kepengurusan lama yang diketuai Drs. H. Sayuti Rofiyanto, M.Si menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus masa bakti 2018-2021. Laporan pertanggungjawaban diterima seluruh peserta Muscab, yang kemudian pengurus lama dinyatakan demisioner.

Selanjutnya, melalui sidang paripurna pemilihan ketua baru dilakukan. Proses pemilihan berjalan lancar. Sayuti Rofiyanto kembali terpilih menjadi Ketua PORPI DPC Sidoarjo masa bakti 2021-2024. Sayuti bersama tim formatur kemudian menyusun nama pengurus baru. Dipenghujung kegiatan, Sayuti sebagai ketua terpilih bersama pengurus baru dikukuhkan Ketua PORPI DPD Prov. Jawa Timur dr. Priyanto Swasono, MARS.

Ketua PORPI DPD Prov. Jawa Timur dr. Priyanto Swasono, MARS. mengukuhkan pengurus PORPI DPC Sidoarjo masa bakti 2021-2024

Ditemui usai dikukuhkan, Sayuti menjelaskan dirinya kembali terpilih untuk ketiga kalinya. Dia berharap pengurus yang baru bisa bekerjasama dengan anggota yang lain sehingga program kerja bisa terlaksana dengan baik.

Ditanya tentang perkembangan PORPI ranting, Sayuti mengatakan dia akan memaksimalkan PORPI ranting itu yang sudah ada. “Adanya pengembangan-pengembangan tentunya nanti bagaimana mengembangkan itu tentunya melalui penataran, pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan senam PORPI sehingga demikin nanti ada peraga-peraga yang bisa mengembangkan di masing-masing desa atau masing-masing daerah,” kata Sayuti.

Diapun siap PORPI DPC Sidoarjo menjadi barometer PORPI di Jatim. “Insya Allah salah satu barometer PORPI di Jawa Timur seperti yang kemarin pada waktu diadakan program SIPGAR itu adalah salah satu contohnya adalah di Sidoarjo, dan yang lain itu masih banyak. Kalau yang kemarin adalah Sidoarjo, Gresik, Surabaya, Tuban, Mojokerto. Tapi yang kemarin tampaknya yang banyak mendapatkan penilaian baik adalah Sidoarjo. Selanjutnya nanti tentunya akan kita kembangkan dengan PORPI yang lain,” kata Sayuti.

Sayuti menerima SK pengukuhan pengurus

Sementara, Ketua PORPI DPD Prov. Jawa Timur Priyanto Swasono menyatakan PORPI DPC Sidoarjo telah sukses melaksanakan muscab. “Memang muscab ini merupakan keharusan diorganisasi PORPI kita sesuai ADART. Karena pengurusan sudah habis kemudian harus musyawarah cabang mempertanggungjawabkan kepengurusannya dan membentuk pengurus yang baru dan hari ini di Sidoarjo telah sukses melaksanakan muscab,” kata Priyanto.

Baca juga  Oni Irawan Terpilih Menjadi Ketua AKTI Sidoarjo pada Muskab 2024

Priyanto berharap pengurus baru ada regenerasi, “Dengan regenerasi ini kita harapkan akan berkembang lebih baik dalam memajukan olahraga rekreasi masyarakat ini tujuannya adalah supaya masyarakat sehat, kalau masyarakat sehat, negara kuat, kita akan menjadi bangsa yang kuat.”

“Ketua baru yang terpiih ini kebetulan sudah masa kepengurusan yang lalu juga sebagai ketua. Cuma nanti susunan pengurus, Sie dibawahnya juga ada pengurus-pengurus yang baru, jadi nanti akan ada regenerasi pelan-pelan sehingga yang muda menggantikan yang tua. Jadi dengan pengurus yang baru ketuanya Pak Sayuti ini adalah periode yang lama juga sebagai ketua akan meneruskan, mengembangkan program yang selama ini belum terlaksana,” lanjut Priyanto menyampaikan harapannya untuk ketua baru.

Ketua PORPI DPD Prov. Jawa Timur Priyanto Swasono (kiri) bersama Ketua terpilih PORPI DPC Sidoarjo Sayuti Rofiyanto

Mengenai perkembangan PORPI DPC Sidoarjo, Priyanto menuturkan sudah berkembang dengan baik. “PORPI Sidoarjo cukup bagus perkembangannya, di Jawa Timur itu ada 15 DPC. Sidoarjo, Surabaya dan Gresik termasuk barometer perkembangan PORPI yang bagus. Kemarin ada tugas dari Kemenkes untuk tes kebugaran olahraga masyarakat, Sidoarjo terpilih sebagai 5 kabupaten untuk melakukan itu (Sosialisasi SIPGAR). Jadi Itu merupakan suatu kemajuan dari tanda kemajuan PORPI yang ada di Sidoarjo,” ujarnya.

PORPI akan bekerjasama dengan KORMI untuk mengembangkan olahraga rekreasi masyarakat. “Karena PORPI ini masuk dalam koordinasinya KORMI Sidoarjo dan kedepannya KORMI adalah olahraga yang menaungi induk organisasi olahraga masyarakat dan tradisional termasuk PORPI di dalammnya, hubungannya dengan pariwisata diharapkan dari Kementerian Pariwisata adanya kolaborasi dengan Dinas Pariwisata dan Sidoarjo saya kira berperan, berpeluang untuk itu,” pungkasnya.

Sekretaris Umum KORMI Kab. Sidoarjo Suwignyo, S.H.,

Sekretaris Umum KORMI Kab. Sidoarjo Suwignyo, S.H., menyambut baik kegiatan muscab yang dilakukan PORPI Cabang Sidoarjo. Dia berharap PORPI terus berkembang di kecamatan/desa, dan ikut mendukung dibentuknya Kampung Olahraga Rekreasi. (rr)

PORPI DPD Prov. Jawa Timur bersama PORPI DPC Sidoarjo dan pengurus ranting

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Anniversary Ke-11, Street Drum Sidoarjo Ingin Memasyarakatkan Drum Edutainment

Kegiatan

Muskab KORMI, Hadi Sutjipto Terpilih Kembali sebagai Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo

Kegiatan

Repoeblik Onthel Sidoardjo Ngonthel Sembari Kenalkan Komunitas Sepeda Tua

Kegiatan

FORMI Kab. Sidoarjo Kukuhkan Komunitas Yoga Kita dan Delta Runners

Kegiatan

Inovasi Kampung Olahraga Masyarakat Berdampak Positif, Hayono Isman: KORMI Sidoarjo Terbaik Se-Indonesia

Kegiatan

Barongsai Dharma Bhakti Sidoarjo Tetap Menghibur Meski Terimbas Pandemi
Insan Olahraga penerima penghargaan

Kegiatan

Pemkab Sidoarjo Anugerahi Penghargaan Pada Insan Olahraga Berprestasi

Kegiatan

DPW ILDI Sidoarjo Gelar Pelatihan Calon Instruktur, Cetak Instruktur Kembangkan ILDI di Kecamatan