Home / Kegiatan

Saturday, 29 January 2022 - 18:40 WIB

KORMI Kab. Sidoarjo Meriahkan Peluncuran Senam Sidoarjo Bugar Bersama Disporapar Sidoarjo

KORMI Kabupaten Sidoarjo menjadi bagian dalam peluncuran Senam Sidoarjo Bugar (SSB)  Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo. SSB diluncurkan dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-163 Tahun Kabupaten Sidoarjo.

Senam SSB diikuti 500 pegiat olahraga

Jumat (28/1/2022) pagi, cabang organisasi olahraga rekreasi binaan KORMI Kabupaten Sidoarjo dari kelompok senam yoga, aerobik alternatif, bellydance, asma, jantung, Ling Tien Kung,  linedance, Perwatusi, olahraga pernapasan PORPI, Tera, lansia, Asosiasi Pengajar dan Pelatih Senam Indonesia (APPSI), serta masyarakat umum mengikuti kegiatan.

Bertempat di Stadion Sepak Bola Gelora Delta Sidoarjo (GDS), SSB secara resmi diluncurkan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kab. Sidoarjo Drs. Djoko Supriyadi. Peluncuran ditandai dengan pelepasan balon dan penandatanganan plaket. Setelah diresmikan, sebanyak 500 pegiat olahraga melakukan SSB secara serempak.

Peserta dari cabang organisasi olahraga rekreasi mengikuti senam

Tampak hadir dan mengikuti senam Sekretaris Umum KORMI Kab. Sidoarjo Suwignyo, S.H, Wakil Sekretaris I Siswanto Prawira, S.H. dan Wakil Sekretaris II  Ikeda Hendra Kusuma, S.H, beserta pengurus KORMI Kab. Sidoarjo.

Dalam wawancara disela kegiatan, Djoko Supriyadi menyambut baik adanya SSB. Senam kreasi ini mengangkat potensi budaya dan olahraga di Sidoarjo. “Senam ini diciptakan oleh teman-teman pelatih dan instruktur senam di Sidoarjo,” kata Djoko.

“Ketika mereka sudah berproses dan jadi, dan kita juga sudah ngobrol berkali-kali ternyata respon dari komunitas-komunitas itu baik, setelah responnya baik hari ini kita  launching-kan, kita dorong ke masyarakat, kita kenalkan ke masyarakat agar menjadi senam salah satu senam alternatif yang kita miliki di samping senam-senam lainnya,” imbuhnya.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kab. Sidoarjo Drs. Djoko Supriyadi (tiga kiri, kaos merah) meresmikan senam SSB didampingi Sekretaris Umum KORMI Kab. Sidoarjo Suwignyo (empat kanan, kaos biru)

Lebih lanjut tentang SSB, dijelaskan Umi Salmami Kepala Seksi Pengembangan Olahraga Rekreasi Disporapar Kabupaten Sidoarjo, SSB merupakan senam yang digagas Bidang Olahraga Disporapar. Senam ini lahir dari kondisi pandemi Tahun 2020 karena banyaknya orang yang merasa jenuh dan tidak bergerak.

Baca juga  Berolahraga dan Menghidupkan Ekonomi Masyarakat di Kampung Olahraga Masyarakat Desa Siwalanpanji, Buduran

“Kalau seperti itu kebugaran masyarakat menurun. Bagaimana kita menggerakan masyarakat dengan senam baru. Intinya menggerakan masyarakat dengan senam baru dan suasana baru,” kata Umi.

Melalui proses yang panjang sejak bulan Februari 2021, Umi mengonsep gerak senam yang bisa dilakukan semua kalangan usia serta menyiapkan aransemen musiknya. Bekerjasama dengan  instruktur senam Sidoarjo, Hernanik, Umi memasukan unsur budaya khas Sidoarjo Tari Ujung sebagai bentuk uri-uri budaya.

“Ada gerakan senam muter pecut kedepan, menggambarkan tari ujung ini ada gepuk (pemukul), ada pertemuan satu dengan yang lain saling memukul. Dari segi budaya Tari Ujung ini untuk memanggil hujan. Pada gerakan senam ini untuk melatih otot,” ujar Umi.

Umi Salmami (depan) mengikuti senam bersama

Senam berdurasi 12 menit yang berhasil tercipta kemudian disosialisasikan ke masyarakat. Umi menyebut Disporapar telah melakukan sosialisasi ke cabang organisasi olahraga masyarakat, kelompok kegiatan seperti Perwosi, OPD, TNI/Polri. Selanjutnya, pada Bulan Februari mendatang akan menyasar ke lingkungan pendidikan melalui guru sekolah. Setelah SSB ini tersosialisasi lebih luas, imbuh Umi, pihaknya berrencana akan menggelar lomba SSB.

Sementara, Sekretaris Umum KORMI Kab. Sidoarjo Suwignyo memberikan selamat atas peluncuran SSB. Senam ini menambah ragam senam yang ada di Sidoarjo dan bisa dilakukan saat berolahraga agar masyarakat Sidoarjo sehat dan bugar. (rr)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Pembinaan Kampung Olahraga Masyarakat Se-Kab. Sidoarjo, Hadi Sutjipto Ajak Bergerak Bersama Masyarakat untuk Berolahraga

Kegiatan

Serentak, 10 Kampung Olahrga Rekreasi Diresmikan

Kegiatan

Hari Jadi Ke-163 Tahun Kabupaten Sidoarjo, Hadi Sutjipto : KORMI Siap Membantu Suksesnya Pemerintahan Dibidang Olahraga

Kegiatan

Dansa Bareng ILDI, Ketum KORMI Sidoarjo Semangati Raih Kemenangan di FORNAS VIII 2025

Kegiatan

Persiapan Panitia Ngontel Bareng dan Gebyar Senam, Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo

Kegiatan

Peringati World Walking Day 2022 KORMI Kab. Sidoarjo Lakukan Jalan Santai Dan Senam Bersama

Kegiatan

Keluarga Besar KORMI Kab. Sidoarjo Kompak Meriahkan Hari Jadi Sidoarjo, Gelar Ngontel Bareng dan Gebyar Senam

Kegiatan

Latihan Teknik Kebugaran Indonesia Resmi Bergabung Menjadi Anggota Binaan KORMI Kab. Sidoarjo