Home / Prestasi

Saturday, 19 June 2021 - 11:29 WIB

FORNAS Ke-IV di Banjarmasin, FORMI Sidoarjo Menang Pada Semua Cabor yang Diikuti

Kontingen FORMI Kab. Sidoarjo berada di Banjarmasin untuk mengikuti FORNAS Ke-IV

Kontingen FORMI Kab. Sidoarjo berada di Banjarmasin untuk mengikuti FORNAS Ke-IV

FORMI Kab. Sidoarjo kembali mencatatkan prestasi membanggakan pada Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) Ke-IV di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sebanyak 9 cabor yang diikuti, semuanya berhasil menjadi juara.

Kontingen FORMI Kab. Sidoarjo turut mengikuti defile diatas kelotok pada upacara pembukaan FORNAS Ke-IV

Prestasi ini bukan saja membuat bangga atlet dan tim ofisial, tapi juga Pemkab Sidoarjo dan Jawa Timur. Meski FORNAS kali ini FORMI Sidoarjo terhalang oleh minimnya anggaran sehingga tidak bisa mengikuti lebih banyak cabang olahraga (cabor), namun atletnya tetap bersemangat untuk menang. FORMI Tergiat di Jawa Timur ini bahkan rela urunan hingga membiayai keberangkatannya sendiri agar bisa bertanding di Banjarmasin mengikuti pesta olahraga rekreasi terbesar 2 tahunan tingkat nasional.

Hal ini membuat haru Ketua Umum FORMI Kab. Sidoarjo, H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., MM. “Saya terus terang terharu dengan kondisi seperti ini, tapi mereka semua (atlet dan ofisial) menyadari keterbatasan anggaran ini bukan kendala. Tapi yang jelas mereka ingin menyumbangkan prestasi yang terbaik bagi Kabupaten Sidoarjo, dengan apapun ditempuh,” kata Hadi Sutjipto.

Atlet panco (4-6 dari depan kanan) bersama Ketum FORMI Pusat Hayono Isman usai menerima 2 medali emas dan 1 perunggu

Pak Cip, begitu Hadi Sutjipto disapa, mencontohkan atlet cabor panco. Informasi awal yang diterima dari FORMI Pusat, cabor panco tidak dilombakan. Tetapi mendekati FORNAS, FORMI Sidoarjo mendapat kabar bahwa cabor gulat tangan itu dilombakan. Sayangnya, 3 atlet panco tidak mendapat dukungan anggaran untuk bertanding. 

“Tapi mereka merasa ‘Kami harus berangkat pak’. Lalu para pengurus saling bicara dan akhirnya ada pengurus yang siap menanggung hotelnya 3 orang, ada yang siap membelikan tiket pesawat PP untuk 3 orang, siap memberi uang saku, dan sebagainya, itu dari pengurus,” ujar Pak Cip.

Penampilan tim PORPI Kab. Sidoarjo berhasil meraih gelar juara

“Kebersamaan yang luar biasa. Teman-teman kalau tidak cinta dengan FORMI tentunya tidak punya pemikiran seperti itu, padahal organisasi itu tidak menguntungkan apa-apa bagi teman-teman pengurus tapi dengan keikhlasan, kebersamaan, begitu dana kurang menyatakan ‘Saya siap’. Nah, ini yang perlu kita bangun terus agar kedepan FORMI disamping ada bantuan hibah dari pemerintah daerah, dari pengurus sendiri berupaya untuk gotong royong karena FORMI Sidoarjo dimata nasional, regional, bahkan internasional, kita ikut berperan di sana,” lanjutnya. 

Keikhlasan dan kebersamaan yang sudah dibangun seluruh pengurus, atlet, pelatih FORMI Sidoarjo menuju FORNAS membuahkan hasil yang memuaskan. Semua cabor yang diikuti FORMI Sidoarjo berhasil menyumbangkan prestasi.

“Pelaksanaan FORNAS di Banjarmasin bagus, kontingen Sidoarjo juga berpartisipasi dan dari cabor yang kita ikuti semuanya dapat juara, ada yang emas, perak dan perunggu, tapi ada juga juara harapan, seperti jantung sehat tapi karena kebersamaan di FORMI luar biasa. Bahkan ada yang dengan keterbatasan anggaran ada regu yang tidak bisa kita berangkatkan ternyata mereka berupaya untuk bisa berangkat, mereka urunan dan buat kejutan, tahu-tahu menang dan dapat perunggu. Itu luar biasa. Dari sekian cabor dan keterbatasan dana, kita ikut 9 cabor, semua dapat penghargaan dan kejuaraan,” urai mantan Wakil Bupati Sidoarjo ini.

Atlet Senam Jantung Sehat Sidoarjo mengikuti tahap seleksi

Kemenangan FORMI Sidoarjo dengan 5 medali emas memperkuat FORMI Jatim mencapai peringkat 5 besar nasional dari 22 provinsi yang mengikuti FORNAS. FORNAS Ke-IV sendiri merupakan ajang prestisius bagi pelaku olahraga rekreasi di Indonesia. FORMI Sidoarjo mengikuti 9 cabor diantaranya Lomba Senam Aerobik, Lomba Dance Fitness, Lomba Senam Asma, Lomba Senam Jantung Sehat, Lomba Panco, Lomba Senam PORPI, Lomba Line Dance, Lomba Onthel Karnaval Sepeda Tua, dan Lomba Senam Kreasi.

Baca juga  Inovasi Kampung Olahraga Masyarakat Berdampak Positif, Hayono Isman: KORMI Sidoarjo Terbaik Se-Indonesia

Penyelenggaraan FORNAS pada Tanggal 20-24 Oktober 2017 dibuka oleh Ketua FORMI Pusat Hayono Isman, Staf Ahli Kemenpora Ahdiati dan Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor. Pembukaan yang meriah dipusatkan di Menara Pandang Siring, Banjarmasin dan diatas Sungai Martapura dengan menggunakan kelotok, Minggu (22/10/2017). (rr)

Prestasi FORMI Kab. Sidoarjo

Festival Olahraga Rekreasi Nasional Ke-IV

Medali Emas

Juara 1 Lomba Senam Asma beregu

Juara 1 Lomba Panco Kelas 65-75 Kg (Sutiknyo)

Juara 1 Lomba Panco Kelas 75-85 Kg (Yulianto)

Juara 1 Lomba Onthel Karnaval Sepeda Tua perorangan kategori kostum heroik (Mariyono)

Juara 1 Lomba Lomba Line Dance Perorangan kategori usia 50 tahun keatas (Made Laksmi)

Medali Perak

Juara 2 Lomba Aerobik perorangan kategori usia 35 tahun kebawah (M. Farid Rusdiyanto)

Medali Perunggu

Juara 3 Lomba Senam PORPI beregu kategori usia dibawah 45 tahun

Juara 3 Lomba Panco Kelas 85-95 Kg (M. Sirodjil Munir)

Juara 3 Lomba Senam Kreasi kategori perorangan (Noer Suci)

Juara 3 Lomba Senam Aerobik kategori profesional (Gunawan Widjanarko)

Juara 3 Lomba Dance Fitness/Zumba (Gunawan Widjanarko)

Juara 3 Lomba Onthel Karnaval Sepeda Tua kategori Beregu

Juara Harapan

Juara Harapan 1 Lomba Senam Kreasi Beregu

Juara Harapan 2 Lomba Senam Jantung Sehat Seri VI Beregu

Share :

Baca Juga

Prestasi

Yulianto, Bangga Kibarkan Merah Putih di TAFISA 2016

Kegiatan

Inovasi Kampung Olahraga Masyarakat Berdampak Positif, Hayono Isman: KORMI Sidoarjo Terbaik Se-Indonesia

Kegiatan

Prestasi Terus Menanjak, KORMI Kab. Sidoarjo Raih 49 Medali FORNAS VII Jabar 2023

Prestasi

FORNAS ke-V 2019 di Samarinda, Prestasi FORMI Sidoarjo Dukung Jatim Raih Ranking 2 Nasional

Prestasi

H. Sukiyanto, S.E., FORMI Sidoarjo Harus Ada Selamanya

Prestasi

Deni Indra Permana Unggul Pada Kejuaraan BMX Local Heroes Series 2018

Prestasi

Adi Rosadi Idamkan Sidoarjo Punya Sarana Latihan BMX

Kegiatan

Juara Umum, Yayasan Asma Indonesia Sidoarjo Sapu Bersih Medali Emas YAI FORNAS VII Jabar