Home / Kegiatan

Wednesday, 29 June 2022 - 17:36 WIB

Gubenur Jatim Lepas Kontingen KORMI Jatim Pada FORNAS VI Sumsel Tahun 2022

Prosesi upacara pelepasan kontingen Jatim FORNAS VI Tahun 2022 oleh Gubernur Jatim

Prosesi upacara pelepasan kontingen Jatim FORNAS VI Tahun 2022 oleh Gubernur Jatim

Setelah resmi dilepas Wakil Bupati Sidoarjo, kontingen KORMI Kab. Sidoarjo yang akan bertanding di FORNAS VI Sumatera Selatan dilepas oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi. Kontingen KORMI Kab. Sidoarjo bergabung dengan KORMI Provinsi Jawa Timur mengikuti upacara pelepasan, Selasa (28/6) sore.

Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., ketua kontingen KORMI Kab. Sidoarjo Untung Suhardjo, beserta pengurus harian KORMI Kab. SIdoarjo ikut hadir mendampingi peserta kontingen KORMI Kab. Sidoarjo.

Gubernur Jawa Timur Khofifah, dihadapan peserta kontingen mengatakan bahwa FORNAS merupakan media untuk memperkenalkan jenis-jenis olahraga yang berbasis budaya dan kemasyarakatan.

Gubernur Jatim foto bersama kontingen KORMI Prov. Jatim

“Banyak cabor yang mungkin tidak mudah dikenali di daerah lain tapi saling memperkaya bahwa budaya kita luar biasa, betapa kearifan lokal kita luar biasa, dan dipertemukan didalam FORNAS ini menjadi bagian penting, jadi kita mengenali Indonesia yang sejatinya,” kata Khofifah.

Khofifah mengingatkan bahwa kontingen Jawa Timur merupakan kontingen yang berasal dari bumi Mojopahit. “Bumi Mojopahit ini yang mengenalkan nusantara. Nusa artinya pulau, dan antara artinya di luar. Jadi pulau-pulau terluar itulah yang oleh Maha Patih Gajah Mada ingin dipersatukan, maka message yang kita bawa menurut saya pertama adalah kenalkan bagaimana bumi Mojopahit ini mengajak seluruh warga bangsa mengenali keberagaan dalam sebuah satu kesatuan Indonesia, maka dikenalah Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa dalam kitab Sutasoma dalam karya Mpu Tantular,” ujarnya.

Baca juga  APSSI Cab. Sidoarjo Terus Menggali Potensi dan Prestasi Anggota

Menurut Khofifah, pesan utama FORNAS adalah bagian dari cara kita menemu kenali keberagaman, kearifan lokal dan semua kekayaan budaya termasuk jenis olahraga berbasis kemasyarakatan yang tumbuh berkembang di masing-masing daerah. Khofifah meminta kepada ketua kontingen KORMI Provinsi Jawa Timur Andun Sudijandoko agar Jawa Timur datang untuk menang.

KORMI Kab. Sidoarjo mengikuti kegiatan pelepasan kontingen Jatim FORNAS VI Tahun 2022

Andun saat dikonfimasi mengenai tim KORMI Provinsi Jawa Timur menjelaskan FORNAS VI tahun ini diikuti pegiat olahraga (atlet) KORMI Provinsi Jawa Timur sebanyak 706 orang. Angka ini naik hampir 500 persen dibanding FORNAS V Kalimatan Timur yang berjumlah 150 orang. Jenis olahraga yang diikuti makin banyak yaitu 74 jenis olahraga.

“Memang Jatim setelah dikukuhkan oleh KORMI Nasional maka tancap gas, kesemuanya atas petunjuk, bimbingan senior seperti Bapak Hadi Sutjipto. Beliaunya Ketua KORMI Sidoarjo juga dulu Wabup Sidoarjo sudah menjadikan sebuah ikatan, dan KORMI Surabaya,” kata Andun didepan awak media.

(kiri-kanan) Ketua kontingen KORMI Jatim Andun Sudijandoko, Ketua KORMI Prov Jatim Hudiyono, Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo MG. Hadi Sutjipto saat diwawancara awak media di Gedung Negara Grahadi

Makin banyaknya pegiat olahraga yang mengikuti FORNAS diapresiasi Ketua KORMI Prov Jatim Hudiyono. Hudiyono mengatakan komunikasi selama ini terjalin bagus. Dia berharap kedapannya lebih berjalan bagus. (aws/rr)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Rider Cilik Beradu Kecepatan di DES Speedfest Pushbike Championship

Kegiatan

Semangat Kebersamaan Warnai Tasyakuran HUT Ke-23 KORMI Kab. Sidoarjo

Kegiatan

Parkour Sidoarjo Bersiap Menjadi Tuan Rumah Jamming Regional Jatim

Kegiatan

Kunjungi YAI Sidoarjo, Poppy Hayono Isman Ajak Berolahraga dan Raih Kebugaran

Kegiatan

DPW ILDI Kab. Sidoarjo Ungkapkan Rasa Syukur pada Peringatan HUT Ke-1

Kegiatan

Meningkatkan Amal Dibulan Ramadan, Selisi Berbagi Takjil

Kegiatan

Rapat Persiapan FORDA dan FORNAS 2023, Hadi Sutjipto Minta Cabor Mempersiapkan Pegiat Olahraga

Kegiatan

Cari Kader Baru, KORMI Lakukan Sosialisasi ke SMAN 3 Sidoarjo