Home / Prestasi

Friday, 24 December 2021 - 12:45 WIB

H. MG. Hadi Sutjipto Dinobatkan Sebagai Tokoh Pengembangan Olahraga Rekreasi Kabupaten Sidoarjo

Kepala Disporapar Kab. Sidoarjo Drs. Joko Supriyadi (kiri) menyerahkan penghargaan kepada Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto

Kepala Disporapar Kab. Sidoarjo Drs. Joko Supriyadi (kiri) menyerahkan penghargaan kepada Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto

Perkembangan olahraga rekreasi masyarakat di Kabupaten Sidoarjo tidak lepas dari sosok H MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M. Tjipto, nama sapaannya, menjadi Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Sidoarjo sejak KORMI hadir di Sidoarjo tahun 2011. Saat itu nama KORMI masih FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia). Tjipto menghidupkan mesin organisasi. Bersama para pengurus KORMI, dia memajukan olahraga rekreasi masyarakat, menginisiasi dibentuknya Kampung Olahraga Rekreasi, Car Free Day tingkat kecamatan, dan lainnya.

Wakil Bupati Sidoarjo periode 2010-2015 ini merangkul, menyatukan komunitas-komunitas cabang olahraga rekreasi masyarakat. Dia membangun komunikasi dengan eksekutif, legislatif, tokoh masyarakat, masyarakat umum dan pihak lainnya.

Selama kepemimpinannya, KORMI Kab. Sidoarjo berhasil mencatatkan diri sebagai KORMI tergiat di Jawa Timur. Sebanyak 41 komunitas cabang olahraga rekreasi masyarakat telah menjadi anggota binaan KORMI Kab. Sidoarjo. Organisasi ini kerap tampil pada pertandingan skala nasional dan internasional. Disetiap penampilannya, KORMI Kab. Sidoarjo selalu pulang membawa gelar juara.

Kiprah Tjipto di dunia olahraga rekreasi masyarakat tidak diragukan lagi. Komunitas dan pegiat olahraga yang tergabung di KORMI meyakini Tjipto bisa melanjutkan perjuangan memajukan dunia olahraga rekreasi dan membawa masyarakat Sidoarjo sehat dan bugar. Buktinya, dia diusung menjadi calon tunggal dan kembali menduduki jabatan Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo untuk ketiga kalinya.

Semangat Tjipto yang tidak padam meski usianya tahun depan menginjak 70 tahun. Dia masih blusukan ke desa-desa, mengunjungi kantong-kantong komunitas olahraga rekreasi masyarakat untuk menggelorakan semangat berolahraga kepada masyarakat. Dia mendukung dan menggaungkan program pemerintah agar masyarakat Sidoarjo sehat dan bugar.

Sepak terjang Tjipto yang proaktif ini membawanya menerima penghargaan sebagai Tokoh Pengembangan Olahraga Rekreasi Kabupaten Sidoarjo dari Pemkab Sidoarjo. Penghargaan diserahkan oleh Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kab. Sidoarjo Drs. Joko Supriyadi pada kegiatan Penyerahan Reward/Penghargaan Bagi Insan Olahraga Sidoarjo yang Berprestasi Tahun 2021 di Pendopo Disporapar Sidoarjo, Kamis (23/12/2021).

Pada kesempatan itu, Tjipto menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam hal ini Disporapar Kab. Sidoarjo karena telah memberikan perhatian kepada para insan olahraga di Sidoarjo.

Baca juga  Geluti Dunia Olahraga Selama 37 Tahun, Sri Anna Maria Terima Penghargaan Penggerak Olahraga Prestasi

“Kami-kami mengerakan olahraga tujuan kami bukan untuk mendapatkan penghargaan tapi murni kami terpanggil bagaimana masyarakat bisa bergerak untuk berolahraga,” kata Tjipto.

H. MG. Hadi Sutjipto memberikan sambutan

Tjipto menggandeng pihak terkait untuk duduk dikepengurusan KORMI. “Pada saat pengukuhan saya sebagai Ketua Umum KORMI dengan seluruh pengurus di pendopo kabupaten, Pak Franki (M. Franki Efendi, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Kab. Sidoarjo) juga dihadir saya juga sampaikan ke Pak Franki, ‘Ayo sing rukun, KORMI, KONI, NPC (National Paralympic Committee) dan lain-lain sehingga ini kompak.’ Kita tunjukan Sidoarjo mampu, sehingga kepengurusan saya duduk juga sebagai penasehatnya KONI, Pak Franki juga penasehatnya KORMI, ini kita bangun kebersamaan,” ujar Tjipto.

Dia juga mengutarakan tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang digulirkan pemerintah pusat. Menyikapi DBON yang dicanangkan pemerintah, Tjipto menjelaskan KORMI siap mendukung melalui program yang telah dicanangkan yaitu Indonesia Bugar 2045.

“Jadi Indonesia harus bugar tahun 2045 bersamaan dengan 100 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Ini cita-cita besar bangsa Indonesia yang harus kita sukseskan,” ujarnya.

Dia meminta insan Sidoarjo berkumpul, bersatu untuk menyikapi dan menyukseskan DBON. Dan, Disporapar sebagai motor penggerak bisa menindaklanjuti hal tersebut. Dia juga siap mendukung program Jatim Seger (Jawa Timur Seneng Gerak).

Pada kegiatan pagi itu, Disporapar menyerahkan penghargaan kepada kepada 42 insan olahraga berprestasi. Mereka terdiri dari 2 orang tokoh olahraga sebagai Tokoh Pengembangan Olahraga Rekreasi Kabupaten Sidoarjo, yaitu Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., dan Ketua Umum KONI Kab. Sidoarjo M. Franki Efendi. Dua orang peraih penghargaan Penggerak Cabang Olahraga Kabupaten Sidoarjo yaitu Umi Salmami dan Subadiyo. Penghargaan juga diberikan kepada Tim Peparnas Jawa Timur Kabupaten Sidoarjo, Tim Portrada Jawa Timur Kabupaten Sidoarjo, dan Tim Kejurprov Muaythai Kabupaten Sidoarjo sebagai Tim Olahraga Berprestasi Tahun 2021. (aws/rr)

Share :

Baca Juga

Prestasi

FORNAS ke-V 2019 di Samarinda, Prestasi FORMI Sidoarjo Dukung Jatim Raih Ranking 2 Nasional

Prestasi

Deni Indra Permana Unggul Pada Kejuaraan BMX Local Heroes Series 2018

Prestasi

APPSI Sidoarjo Masuk Tim Perwosi Jatim, Juarai Lomba Senam Kreasi Rebut Piala Ibu Negara

Prestasi

Ahmad Khudo’i Rizal Torehkan Prestasi Juara 1 Tunas Bumi 2019
Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo MG. Hadi Sutjipto (kiri) menerima penghargaan Radar Sidoarjo Award 2023

Kegiatan

Ketum KORMI Sidoarjo MG. Hadi Sutjipto Terima Penghargaan Radar Sidoarjo Award 2023

Prestasi

Bashunanda Narendra Widhi Harita Sabet Juara Nasional Tunas Bumi

Kegiatan

Sukses! Raihan Medali Emas KORMI Kab. Sidoarjo Di FORNAS VI Lampaui Target yang Dipasang

Kegiatan

Bersiap, KORMI Kab. Sidoarjo Akan Menjadi Prototipe Sport Tourism di Jatim