Home / Kegiatan

Tuesday, 29 June 2021 - 18:18 WIB

Sukses Keliling Pulau Madura, KOSTI Sidoarjo Syukuran

Tim Laskar Jenggolo Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Kab. Sidoarjo berhasil menyelesaikan Ekspedisi Muter Pulau Madura. Sepanjang 360 kilometer ditelusuri mulai dari Kab. Bangkalan hingga Kab. Sumenep.

Ketua KOSTI  Sidoarjo Beny Anwar mengatakan sebanyak 10 orang Laskar Jenggala yang merupakan duta onthelis KOSTI Sidoarjo didampingi 13 orang kru ngonthel (mengayuh) menggunakan sepeda tua. Sedangkan Beny menggunakan sepeda dengan roda besar didepan dan kecil dibelakang atau yang dikenal dengan nama penny farthing.

Laskar Jenggolo (kaos kuning), Ketua KOSTI  Sidoarjo Beny Anwar (tengah, kemeja putih) dan sepeda penny farthing merah yang menjadi bagian dalam Ekspedisi Muter Pulau Madura

Selama 4 hari, Jumat-Senin (12-15/2/2021) keliling Pulau Madura, tim Laskar Jenggolo KOSTI Sidoarjo tidak menemui kendala. Bahkan 2 orang anggota tertua yang berusia diatas 70 tahun mampu menyelesaikan perjalanan panjang itu.

“Misi saya pertama adalah kita saling mengenal saudara-saudara di Madura, terus untuk tim Laskar Jenggolo bisa dikenal dan saya bisa keliling dengan penny farthing dan nyambangi dulur-dulur (KOSTI) di Madura,” kata Beny.

Kegiatan Ekspedisi Muter Pulau Madura ini diapresiasi KORMI Kab. Sidoarjo dan Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo.

Ucapan selamat disampaikan Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo, H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., pada kegiatan Syukuran Laskar Jenggolo  Ekspedisi  Muter Madura, Minggu (7/3/2021) di Pendopo Disporapar Sidoarjo.

“KOSTI Sidoarjo pada akhir-akhir ini kita pantau, setelah Pak Ari (Ari Bayashi, Ketua KOSTI Sidoarjo periode 2017-2020) dilanjut Pak Beny (Ketua KOSTI Sidoarjo periode 2020-2024) makin berkembang, makin ter-manage dengan baik,” kata Hadi Sutjipto dihadapan ketua dan anggota paguyuban KOSTI se-Sidoarjo.

Mantan Wakil Bupati Sidoarjo ini menyemangati agar KOSTI Sidoarjo kembali mencetak prestasi yang lebih tinggi yaitu keliling dunia.

Baca juga  Lomba Terompah Panjang Mengompakkan Klub Binaan FORMI Kab. Sidoarjo

“Jadi kalau KOSTI Sidoarjo keliling Jawa Timur, keliling Indonesia itu sudah biasa.  KOSTI Sidoarjo betul-betul terkenal di Indonesia,” ujarnya.

Hadi Sutjipto berharap agar KOSTI Sidoarjo menjaga kekompakan seluruh lapisan dan kebersamaan. Dimanapun KOSTI Sidoarjo melakukan ekspedisi, pria yang akrab dipanggil Pak Cip ini meminta agar ikut mempromosikan Kabupaten Sidoarjo, Disporapar Sidoarjo dan KORMI Sidoarjo.

“Karena saudara-saudara, teman-teman bagian dari KORMI. Jadi KORMI yang saat ini jumlahnya 38 komunitas olahraga rekreasi,” lanjutnya.

KORMI sebagai organisasi yang mewadahi komunitas olahraga rekreasi-masyarakat bersama Disporapar akan berupaya memfasilitasi kegiatan anggota.

“Karena Disporapar ini bapak kita, pembina kita tentunya akan berupaya untuk mengakomodasi apa yang diinginkan KORMI,” urai Pak Cip.

Sementara Kepala Bidang Olahraga Disporapar Kabupaten, Basori Alwi, mewakili kepala dinasnya menyatakan bangga dengan kegiatan KOSTI Sidoarjo bahkan diikuti oleh peserta lansia.

“Saya atas nama Disporapar mengucapkan terima kasih dan bangga atas aktivitas yang dilaksanakan KOSTI Sidoarjo. Kami melihat salah satu cabang olahraga rekreasi masyarakat aktif kegiatannya setelah kegiatan senam,” kata Basori.

Kabid Olahraga Disporapar Kab. Sidoarjo, Basori Alwi, menyerahkan penghargaan kepada tim Laskar Jenggolo KOSTI Sidoarjo

Pihaknya juga siap menjembatani kegiatan KOSTI Sidoarjo apabila ngonthel keluar kota atau pulau.

Kegiatan Syukuran Laskar Jenggolo  Ekspedisi Muter Madura siang itu, selain memberikan sejumlah penghargaan kepada tim Laskar Jenggolo juga dilakukan peluncuran Koperasi Usaha Bersama (KUB) KOSTI Sidoarjo, Kartu Anggota KOSTI Sidoarjo, dan pengumpulan sumbangan untuk anggota KOSTI Sidoarjo yang sedang sakit. (aws/rr)

Keterangan foto utama : Ketua Umum KORMI Sidoarjo Hadi Sutjipto (kemeja biru) memberikan selamat kepada Ketua KOSTI Sidoarjo Beny Anwar (kemeja putih, kanan)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Latihan Kepekaan dan Terapi Satria Nusantara Sidoarjo Mengaktif Energi Positif Tubuh untuk Pengobatan

Kegiatan

KOSTI Sidoarjo Pecahkan Rekor Indonesia-Dunia

Kegiatan

Bersiap, KORMI Kab. Sidoarjo Akan Menjadi Prototipe Sport Tourism di Jatim

Kegiatan

Silaturahmi Komunitas Belly Dance dan Zumba Sidoarjo, Upaya Mempersatukan Anggota

Kegiatan

Makin Berkembang, Empat Caborga dan Komunitas Baru Bergabung di KORMI Kab. Sidoarjo

Kegiatan

KORMI Sidoarjo Berpartisipasi Ikuti Sosialisasi Pemberantasan Rokok Ilegal

Kegiatan

Sumbang 8 Emas untuk KORMI Sidoarjo Jatim, YAI Gelar Syukuran

Kegiatan

Inovasi Kampung Olahraga Masyarakat Berdampak Positif, Hayono Isman: KORMI Sidoarjo Terbaik Se-Indonesia