Home / Kegiatan

Friday, 10 December 2021 - 20:11 WIB

Muskab KORMI, Hadi Sutjipto Terpilih Kembali sebagai Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo

Hadi Sutjipto menerima bendera pataka KORMI Kab. Sidoarjo dari ketua sidang Muskab

Hadi Sutjipto menerima bendera pataka KORMI Kab. Sidoarjo dari ketua sidang Muskab

H. MG. Hadi Sutjipto, S.H., M.M., terpilih kembali sebagai Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo masa bakti 2021-2025. Tjipto, panggilan akrab Hadi Sutjipto, terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Kabupaten Ke-III FORMI Kab. Sidoarjo, Rabu (10/11/2021), di Trawas Mojokerto.

Muskab (Musyawarah Kabupaten) Ke-III FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Kab. Sidoarjo berlangsung lancar dan sukses. Muskab III dibuka oleh Wakil Ketua I KORMI Prov. Jatim Dr. Andun Sudijandoko, M.Kes, AIFO.

Suasana pembukaan Muskab III FORMI Kab. Sidoarjo

Andun, mewakili Ketua KORMI Prov Jatim, dalam sambutannya menyampaikan Undang-Undang No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Dia mengurai, olahraga rekreasi akan berubah menjadi olahraga masyarakat (sport for all).

“Mengapa demikian karena diundang-undang, Panja sebagai ketua yaitu Komisi X DPR RI berkaitan dengan perubahan undang-undang, memang 3 pilar yang dikedepankan yaitu olahraga prestasi dibawah naungan KONI, pilar kedua adalah KORMI, yang ketiga NPC (National Paralympic Committee) semuanya dinyatakan sebagai komite,” ujar Andun.

Olahraga masyarakat, lanjutnya, merupakan pijakan pilar karena luasnya jangkauan KORMI dengan harapan tercapainya komitmen Indonesia Bugar 2045. Inti dari KORMI ada 3 persoalan; sehat, bugar dan gembira.

“Perlu diketahui sementara ini berdasarkan riset yang dilakukan Kemenpora terutama berkaitan dengan sport development index tentang kebugaran masyarakat kita masih baru 1,8 persen. 83,5 persen dalam kondisi kurang dan kurang sekali kebugaran, oleh sebab itu melalui olahraga masyarakat inilah nantinya garapan dari KORMI kedepan sangat luar biasa beratnya,” ujar Andun.

Dia mengharap KORMI Kab. Sidoarjo benar-benar menjadi barometer KORMI di Jawa Timur. Begitupun sukses penyelenggaraan Muskab dan organisasi melaju kedepan, sehingga bisa meningkatkan sport development index.

“Ketua KORMI Jatim berpesan mohon kepada KORMI hasil organisasi yang kedepan hendaknya betul-betul murni sebagai mitra pemerintah, mengapa demikian karena agendanya untuk KORMI cukup besar sekali,” pungkas Andun.

Setelah dibuka, Muskab Ke-III FORMI yang dihadiri Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kab. Sidoarjo Djoko Supriyadi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kab. Sidoarjo Mustain Baladan, Ketua KONI Sidoarjo M. Franki Effendy, dilanjutkan dengan sidang pleno. Sidang pleno pertama berisi pengesahan agenda Muskab, pengesahan tata tertib, penetapan pimpinan sidang Muskab dan penyerahan paku pimpinan Sidang.

Pada sidang pleno kedua Ketua Umum FORMI Kab. Sidoarjo masa bakti 2016-2021 menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ). LPJ dinyatakan diterima oleh semua peserta Muskab, sehingga Siswanto Prawira selaku pimpinan sidang langsung menyatakan demisioner pengurus FORMI Kab. Sidoarjo masa bakti 2016-2021. Momen Ini ditandai dengan digantinya bendera pataka FORMI menjadi KORMI. Selanjutnya, digelar sidang komisi dan pengesahan hasil komisi.

Baca juga  Lepas Kontingen KORMI ke FORNAS VI, Pemkab Sidoarjo Berikan Dukungan

Sidang pleno ketiga atau yang terakhir adalah pemilihan Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo masa bakti 2021-2025. Proses pemilihan ketua umum berjalan cepat dan lancar. Seluruh peserta Muskab III sebanyak 58 orang terdiri dari 40 komunitas cabang olahraga rekreasi, 18 KORMI kecamatan, Kampung Olahraga Rekreasi serempak memilih Hadi Sutjipto sebagai calon tunggal Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo.

“Saya terharu karena teman-teman menunjuk saya, saya dipercaya, ini amanah,” kata Tjipto mengawali sambutannya usai terpilih kembali menjadi ketua umum.

Rapat sidang pleno

Pria yang menjabat sebagai Penasehat KORMI Provinsi Jawa Timur ini menyatakan bersedia menjadi Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo masa bakti 2021-2025.  “Terima kasih sekali kepercayaan ini kedepan saya tolong dibantu, pengurusnya nanti besar. Karena kalau yang lama itu ada 5 bidang sekarang ini ada 10 bidang berarti jumlah pengurus akan makin besar, makin banyak,” kata Tjipto.

“Kita bersama-sama mengemban amanah ini sehingga bisa memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat bersama-sama sehingga masyarakat menjadi sehat, bugar dan gembira,” sambungnya.

Hadi Sutjipto membawa bendera pataka KORMI Kab. Sidoarjo setelah resmi terpilih sebagai ketua umum

Tjipto mengajak Pemkab Sidoarjo, KONI, komunitas cabor dan stakeholder saling bersinergi untuk memajukan olahraga di kabupaten Sidoarjo.

Ajakan Tjipto langsung disambut Ketua KONI Sidoarjo M. Franki Effendy. “Sejujurya KONI Kab. Sidoarjo itu saya rasa kalau kita pahami betul altet prestasi itu pasti bermula dari kegiatan keolahragaan dimasyarakat. Makanya begitu Pak Tjip mengajak kami bersama-sama untuk sinergi untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat di Sidoarjo tidak ada alasan untuk KONI itu untuk tidak menyambut penyampaian beliau,” kata Franki.

Peserta Muskab ke-III FORMI Kab. Sidoarjo berpose bersama

Franki percaya jika masyarakat merasa olahraga menjadi kebutuhan kesehatan, pasti akan memberikan kontribusi dan kinerja akan makin mantab. Franki pun mengucapkan selamat atas terselenggaranya Muskab dan terpilihnya Hadi Sutjipto secara aklamasi. (aws/rr)

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Peringati Hari Ibu, KOM Desa Siwalanpanji Gelar Lomba Poco-Poco Antar RW

Kegiatan

PORPI Ranting Keboan Anom, Gedangan Dikukuhkan, Ingin Ajak Kaum Muda Berolahraga

Kegiatan

Ajak Masyarakat Berolahraga, KORMI Kukuhkan Desa Jemirahan Sebagai Kampung Olahraga Masyarakat

Kegiatan

Sri Anna Maria Tetap Sehat Selama Berpuasa Ramadan

Kegiatan

Senam Bareng KORMI Sidoarjo di Alun-alun Sidoarjo Kembali Dibuka

Kegiatan

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Kab. Sidoarjo

Kegiatan

Anjangsana ke FORMI Kab. Jombang, Prestasi FORMI Kab. Sidoarjo Dikagumi

Kegiatan

IPSS Baksos Serahkan Santunan Pada Warga Kurang Mampu