Home / Kegiatan

Saturday, 26 June 2021 - 15:53 WIB

Semangati Warga untuk Berolahraga, PORPI Ranting Jogosatru Gelar Senam Bersama

Masyarakat bersemangat mengikuti senam PORPI di Balai Desa Jogosatru

Masyarakat bersemangat mengikuti senam PORPI di Balai Desa Jogosatru

Memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat khususnya olahraga senam Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (PORPI) terus digiatkan PORPI DPC Sidoarjo. Ketua PORPI DPC Sidoarjo Drs. H. Sayuti Rofiyanto, M.Si., menegaskan hal tersebut saat menghadiri kegiatan senam bersama PORPI di Balai Desa Jogosatru, Kec. Sukodono, Sidoarjo, Minggu (3/11/2019).

Guna menyehatkan masyarakat, senam pagi yang diikuti sekitar 150 peserta ini terbuka bagi warga di sekitar Desa Jogosatru. “Jogosatru (PORPI Jogosatru) sebagai penyelenggara mengundang beberapa ranting yang ada di sekitar sini terutama di Kecamatan Sukodoko, Gedangan dan sebagian wilayah Sidoarjo,” kata Sayuti.

Antusias anggota PORPI dan masyarakat desa makin menyemarakkan kegiatan senam. “Kelihatan mereka (PORPI Jogosatru) sangat berminat sekali makanya mereka menyelenggarakan di sini, mereka meminta dan mengundang termasuk warga sekitar,” lanjut mantan dosen Universitas Dr. Soetomo jurusan administrasi negara yang purnatugas pada 1 Januari 2019 lalu.

Anggota PORPI Ranting Jogosatru memimpin senam

Hal yang sama juga dilontarkan H. Sugito, Kepala Desa Jogosatru. Melihat warganya senang berolahraga, diapun memberikan apresiasi yang disampaikan saat memberi sambutan.

“Saya menjadi kepala desa selama 3 kali di sini, Baru kali ini ada senam di Jogosatru, di ranting-ranting. Saya bangga sekali, saya mendukung sekali adanya senam ini untuk kesehatan badan. Mudah-mudahan habis senam ini mulai awal sampai akhir tidak ada halangan,” ujarnya.

Baca juga  KOWAL Koarmatim Jawara Lomba Gemu Famire

Saat senam dimulai, kepala desa ikut bersenam menggerakkan badannya. Senam dipimpin oleh instruktur PORPI dari beberapa ranting yang hadir, termasuk tuan rumah. Peserta diajak bersenam sesuai urutan senam PORPI yaitu senam ketok nadi, perengang otot, senam disco, pernapasan, ditutup dengan senam Tai Chi.

Selama senam berlangsung, Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Latihan DPC PORPI Sidoarjo, Djunaedi terus memantau dan mengarahkan gerakan yang dilakukan instruktur dan peserta senam. Sesekali pria yang juga aktif sebagai pengurus PORPI DPD Jawa Timur dan PORPI Pusat ini memberikan contoh gerakan senam.

Ketua PORPI DPC Sidoarjo Sayuti Rofiyanto (tengah) bersama Kepala Desa Jogosatru (kanan) dan Wakil Ketua Diklat DPC Sidoarjo Djunaedi (kiri) memberi semangat warga untuk berolahraga

Ditemui usai senam, Djunaedi menjelaskan gerakan pada senam yang berdurasi 55 menit itu memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Antara lain, kata Djunaedi, senam ketok nadi manfaatnya akan dirasakan terutama untuk penderita stroke. Gerakan peregangan otot bagus untuk mereka yang mengalami goncangan pikiran, jantung, lemah syahwat, dll.

“Untuk senam disko dan kreasi itu untuk menyemagati, supaya nggak jemu. Beda dengan (senam) pernapasan, kalau pernapasan memang dibutuhkan,” kata Djunaedi.

Paket senam PORPI diakhiri dengan senam Tai Chi. Diiringi musik bernuansa oriental, senam yang melatih keseimbangan tubuh dan pikiran ini memberi manfaat untuk ketenangan jiwa dan menghilangkan stres. (aws/rr)

Keterangan foto utama ; Masyarakat bersemangat mengikuti senam PORPI di Balai Desa Jogosatru

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Latihan Teknik Kebugaran Indonesia Resmi Bergabung Menjadi Anggota Binaan KORMI Kab. Sidoarjo

Kegiatan

Rider Cilik Beradu Kecepatan di DES Speedfest Pushbike Championship

Kegiatan

Gathering Line Dance Sidoarjo Menambah Wawasan dan Memperdalam Ilmu

Kegiatan

Tingkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Anggota Pentingnya Pencegahan Penyakit Jantung, YJI Sidoarjo Gelar Seminar

Kegiatan

Saling Dukung, KONI Dan KORMI Bergandengan Memajukan Olahraga di Sidoarjo

Kegiatan

DPW ILDI Kab. Sidoarjo Ungkapkan Rasa Syukur pada Peringatan HUT Ke-1

Kegiatan

Senam Tera Indonesia “Delta Pertiwi” Kab. Sidoarjo Mengembangkan Organisasi di Pondok Sedati Asri

Kegiatan

Rayakan Ulang Tahun Ke-2, Selisi Tekankan Kebersamaan