Home / Kegiatan

Saturday, 26 June 2021 - 16:35 WIB

IPSS Berwisata Gowes Jelajahi Jalur Menanjak di Kota Batu

Tim gowes wisata berhenti sejenak untuk istirahat

Tim gowes wisata berhenti sejenak untuk istirahat

Olahraga menjadi salah satu bagian penting untuk menjaga kesehatan. Selain memperkuat dan melatih tubuh, olahraga dilakukan untuk rekreasi dan kesenangan. Perpaduan olahraga sambil rekreasi dilakukan Ikatan Pencinta Sepeda Sidoarjo (IPSS). Komunitas ini menggelar Gowes Wisata ke Kota Batu, Minggu (23/8/2020). Ketua Umum IPSS Drs. I Putu Sudika, M.H., mengatakan kegiatan gowes wisata diikuti 40 orang anggota IPSS, diantaranya adalah ibu-ibu anggota IPSS.

Gowes wisata dimulai dari garis start di Coban Rois Kota Batu. Untuk mencapai ke Cuban Rois, anggota IPSS beserta sepedanya berangkat dari Sidoarjo sekitar pukul 06.00 WIB menggunakan moda transportasi bus. Dari lokasi titik awal sekitar pukul 08.00, anggota IPSS mulai mengayuh sepedanya. Rute sepanjang 10 kilometer ditempuh. Jalur pegunungan yang menanjak ditaklukkan.

 “Dari Coban Rois kita start, kita carikan rute gowes dari Cuban Rois, Oro-oro Ombo dan finish di Hotel Ciptaningati,” kata Putu.

Dalam perjalanan komunitas yang meraih Juara 2 Komunitas Tergiat FORMI Kab. Sidoarjo tahun 2020 ini bertemu dengan komunitas sepeda dari Kota Mojokerto. Pertemuan singkat di Alun-alun Kota Batu dimanfaatkan IPSS untuk saling sapa dan mengenalkan Kab. Sidoarjo, sebelum akhirnya berpisah untuk menempuh jalur yang berbeda. “Kita tetap seperti saudara. Kalau ketemu teman-teman gowes di jalan kayak saudara,” jelasnya.

Putu menuturkan kegiatan gowes wisata tahun ini untuk melihat situasi di Kota Batu selama pandemi. “Apakah sama dengan di Sidoarjo, sebagai perbandingan teman-teman untuk gowesnya. Ternyata di Batu welcome bahwa wisata silahkan datang, tapi dengan syarat tetap menggunakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca juga  Silaturahmi, KORMI Kab. Sidoarjo Terima Kunjungan KORMI Kota Malang

Dia menambahkan anggota IPSS selama bersepada di Kota Batu menggunakan masker hanya menutup mulut, tidak menutup hidung. “Karena oksigen yang kami butuhkan saat gowes sangat tinggi apalagi di Batu itu tanjakan,” ungkapnya.

Setibanya di hotel sebagai lokasi finish anggota IPSS beristirahat. Beberapa penggowes ada yang melanjutkan aktivitas renang, mengunjungi destinasi wisata di Kota Batu dan berburu oleh-oleh. Hingga waktu kembali pulang ke Sidoarjo, rombongan IPSS kembali diangkut dengan kendaraan bus. Sedangkan 10 orang anggota lainnya memilih pulang dengan bersepeda.  “Langsung dari Batu gowes ke Sidoarjo,” singkat Putu.

Putu berharap dengan adanya kegiatan bersepeda di tengah pandemi ini anggotanya selalu berdoa dan menjaga kesehatan. “Harapan saya semuanya anggota IPSS tetep sehat bugar karena kenapa, Alhamdulillah semua anggota IPSS itu selama melaksanakan kegiatan, berkat pertolongan dan perlindungan Allah Insya Allah tidak ada yang kena pandemi covid, semua karena Allah bukan karena kita,” pungkas pria yang kesehariannya bekerja di Direktorat Reserse Narkoba Polda Jatim.  

Guna menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan, komunitas ini membentuk satgas Covid19. Petugasnya selalu sigap menyemprotkan cairan hand sanitizer ke setiap telapak tangan anggota IPSS yang hadir. Jika ada anggota yang lupa membawa masker tim satgas langsung memberi masker yang sudah disiapkan. Selain bersepeda, anggota IPSS juga rutin melakukan Senam AW S3 (Andri Wongso Sehat, Semangat, Senang) agar tetap sehat. (rr)

Keterangan foto utama : Tim gowes wisata berhenti sejenak untuk istirahat

Share :

Baca Juga

Kegiatan

Inovasi Kampung Olahraga Masyarakat Berdampak Positif, Hayono Isman: KORMI Sidoarjo Terbaik Se-Indonesia

Kegiatan

KOSTI Sidoarjo Pecahkan Rekor Indonesia-Dunia

Kegiatan

Bersepeda Agak Jauh, Selisi Berolahraga Sekaligus Refreshing

Kegiatan

Hadapi FORDA dan FORNAS FORMI Kab. Sidoarjo Siapkan Atlet Egrang

Kegiatan

Belly Dance Party Ajang Melepas Kangen Komunitas Belly Dance Sidoarjo

Kegiatan

Silaturahmi Komunitas Belly Dance dan Zumba Sidoarjo, Upaya Mempersatukan Anggota

Kegiatan

Bersinergi Diperayaan HUT Ke-3, Selisi Membuka Diri untuk Semua Kalangan

Kegiatan

Zumba Community Beri Ruang Aktualisasi Melalui Zumba Party